5 Tempat Charge Baterai HP di Area Publik yang Harus Diwaspadai

Reporter : Sugiono
Rabu, 10 Juli 2019 10:12
5 Tempat Charge Baterai HP di Area Publik yang Harus Diwaspadai
Tidak hanya colokan listrik, beberapa tempat umum juga menyediakan port USB untuk mengisi baterai ponsel secara gratis.

Dream - Perkembangan teknologi smartphone atau biasa disebut HP semakin canggih saja saat ini. HP yang semula hanya berfungsi sebagai alat komunikasi kini telah dibenamkan beragam fungsi.

HP telah menjadi alat untuk menyelesaikan bermacam pekerjaan kantor dan bisnis. Berkat fungsinya yang makin beragam, kebutuhan baterai HP jadi masalah penting.

Tak mengherankan jika kamu saat ini banyak melihat tempat publik menyediakan colokan untuk mengisi baterai HP secara gratis.

Tidak hanya colokan listrik, beberapa tempat bahkan menyediakan port USB untuk mengisi baterai.

Memang, keberadaan 'stasiun' pengisi baterai di tempat umum ini sangat membantu pengguna HP.

Namun, karena berada di tempat umum yang minim pengawasan. 'Mengecas' HP di tempat seperti itu sebaiknya secara hati-hati.

Jika perlu, Sahabat Dream membawa sendiri charger HP beserta kabelnya demi keamanan diri sendiri.

Dilansir dari Reader's Digest, berikut adalah lima tempat umum yang sebaiknya tidak digunakan untuk 'mengecas' HP sembarangan.

1 dari 5 halaman

Bandara

Di bandara biasanya disediakan stasiun pengisian baterai HP secara gratis. Para pengguna biasanya akan meninggalkan HP-nya yang sedang 'dicas' begitu saja, tanpa pengawasan sama sekali.

Padahal tindakan ini sangat berbahaya. Kelalaian dan kelengahan pengguna HP inilah yang sering dimanfaatkan oleh orang-orang jahat. Ingat! Kejahatan selalu mengintai di mana-mana, meskipun itu di bandara yang terlihat 'aman' dari pencurian dan perampokan.

" Umumnya tempat-tempat di mana orang-orang sedang terburu-buru atau selalu berpikir itu tempat yang aman adalah tempat orang jahat melakukan aksinya," kata Jason Glassberg, direktur perusahaan keamanan Casaba Security.

2 dari 5 halaman

Terminal Bus atau Stasiun Kereta Api

Salah satu modus pencurian data canggih saat ini adalah memodifikasi port USB charger di stasiun pengisian baterai. Sehingga, selain bisa mengisi baterai, charger tersebut bisa 'menyedot' data dari HP pengguna. Teknik ini disebut dengan juice jacking, kata Jack Vonder Heide, kepala perusahaan Technology Briefing Centers Inc.

Contoh, pelaku mungkin memodifikasi port USB charger gratis di terminal bus atau stasiun kereta api. Ketika pengguna menyambungkan HP ke port USB, ponsel mereka akan terisi daya tetapi data sensitif mereka juga akan disalin, katanya.

Jika terpaksa mengisi baterai di tempat umum, langkah terbaik adalah menghubungkan kabel USB ke adaptor berdaya 110 volt. Pengguna iPhone akan mengenali ini sebagai kubus plastik kecil berwarna putih yang disertakan pada smartphone mereka. Atau silakan membeli alat pelindung yang mencegah data keluar tapi tetap menerima aliran listrik untuk mengisi baterai HP.

3 dari 5 halaman

Hotel

Di hotel-hotel biasanya memiliki fasilitas 'mengecas' HP menggunakan alat yang sudah disediakan. Tamu hotel biasanya akan menitipkan HP mereka untuk diisi baterainya.

Situasi ini memungkinkan pelaku melakukan aksinya tanpa sepengetahuan pemilik HP.

" Selain Anda harus membayar layanan ini, pelaku dapat mengakses HP Anda atau memodifikasi perangkat pengisi baterai HP mereka untuk menyedot data dari perangkat Anda. Mereka bisa saja memasang program jahat di HP tanpa sepengetahuan Anda," jelas Glassberg.

4 dari 5 halaman

Kafe

Penjahat siber mampu membaca dan menyalin data HP menggunakan alat yang dipasang secara tersembunyi di antara port USB charger gratis dan colokan listrik kafe. Hal itu diungkapkan oleh ahli keamanan cyber dunia, J. Eduardo Campos, yang juga seorang mantan eksekutif di Microsoft.

Selain mencuri data pengguna, pelaku bisa menyebarkan program jahat untuk memantau HP yang terinfeksi setelah mengecas di kafe. Karenanya, Campos menyarankan untuk membeli pelindung port USB yang dipasang di antara HP dan port USB charger gratis atau colokan listrik untuk menghindari pencurian data.

5 dari 5 halaman

Pusat Perbelanjaan

Setelah lelah foto selfie di pusat perbelanjaan, baterai HP tiba-tiba tinggal 1 persen. Sahabat Dream mungkin bingung mencari colokan untuk mengecas HP. Beruntung, beberapa pusat perbelanjaan menyediakan terminal port USB atau colokan listrik untuk mengisi baterai.

Nah, mengisi baterai sembarangan di pusat perbelanjaan juga berbahaya. Pelaku mungkin saja memasang alat yang bisa menularkan program jahat yang bisa menyalakan kamera atau mikrofon HP dari jauh.

Yang lebih menyeramkan lagi jika program jahat itu bisa mengirim password, pesan SMS atau WA, gambar, video, nomor PIN ATM, dan sebagainya, ke pelaku tanpa diketahui oleh pengguna.

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-