Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hari Tanpa Bayangan 2020 Akan Muncul Lagi di Jakarta, Catat Tanggal dan Waktunya

Hari Tanpa Bayangan 2020 Akan Muncul Lagi di Jakarta, Catat Tanggal dan Waktunya Ilustrasi Hari Tanpa Bayangan (Foto: Shutterstock)

Dream - Kulminasi Matahari atau hari tanpa bayangan akan kembali terjadi di beberapa bulan jelang akhir tahun ini. LAPAN mengumumkan kulminasi membuat matahari akan berada di atas Indonesia ketika tengah hari pada bulan September-Oktober 2020.

“Ketika Matahari berada di atas Indonesia, tidak ada bayangan yang terbentuk oleh benda tegak tidak berongga ketika tengah hari, sehingga fenomena ini dapat disebut sebagai Hari Tanpa Bayangan," mengutip situs resmi LAPAN, Jumat 4 September 2020.

Lapan menjelaskan, hari tanpa bayangan ini terjadi dua kali setahun untuk kota-kota yang terletak di antara Garis Balik Utara (Tropic of Cancer; 23,4 derajat Lintang Utara) dan Garis Balik Selatan (Tropic of Capricorn; 23,4 derajat Lintang Selatan).

Sementara, untuk kota-kota yang terletak tepat di Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan akan mengalami hari tanpa bayangan hanya sekali setahun yakni ketika Solstis Juni (21/22 Juni) maupun Solstis Desember (21/22 Desember).

Di luar wilayah tersebut, matahari tidak akan berada di Zenit ketika tengah hari sepanjang tahun. Fenomena alam ini juga bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia.

Kapan Muncul di Jakarta dan Daerah Lain di Indonesia

Mengingat posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa. Di kota-kota lain, kulminasi utama terjadi saat deklinasi Matahari sama dengan lintang kota tersebut.

Khususuntuk kota Jakarta, fenomena hari tanpa bayangan pernah terjadi pada 4 Maret 2020 dengan kulminasi utamanya terjadi pada pukul 12.04 WIB. Selanjutnya, kulminasi akan kembali terjadi di ibukota Indonesia ini pada 8 Oktober 2020. Diperkirakan masyarakay Jakarta bisa mengamati hari tanpa bayangan ini sekitar pukul 11.40 WIB.

Secara umum, kulminasi utama tahun 2020 di Indonesia terjadi antara 21 Februari 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2020 di Sabang, Aceh. Periode kedua terjadi pada 6 September 2020 di Sabang, Aceh sampai dengan 20 Oktober 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

Selain Jakarta, masyarakat di beberapa kota Jabodetabek juga akan bisa mengamati hati tanpa bayangan

 

Daftar Kota dan Jam Kemunculan Hari Tanpa Bayangan

Berikut waktu Kulminasi Utama (Hari Tanpa Bayangan) Tahun 2020 di setiap Ibukota Provinsi:

Sebagian Daftar Wilayah Hari Tanpa Bayangan

Kamu juga bisa memantau jam terjadinya hari tanpa bayangan di daerah kamu dengan melihat Daftar Lengkap Hari Tanpa Bayangan 2020 yang disediakan Badan Metrologi dan Geofisika.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Daftar Akses Jalan yang Ditutup dan Dialihkan Saat Car Free Night Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Daftar Akses Jalan yang Ditutup dan Dialihkan Saat Car Free Night Malam Tahun Baru 2024 di Jakarta

Jangan sampai kamu terjebak. Cek lokasi akses jalan yang ditutup dan dialihkan selama Car Free Night Tahun Baru 2024

Baca Selengkapnya
Masa Jabatan Selesai, Jokowi Berniat Pulang ke Solo

Masa Jabatan Selesai, Jokowi Berniat Pulang ke Solo

Presiden Jokowi berencana untuk kembali ke Solo dan menjalani kehidupan sebagai warga biasa.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.