Terinspirasi Pebulutangkis Greysia Polii, Ruangguru Bikin #PelatnasUTBK Bantu Pelajar Lolos UTBK

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 11 Januari 2022 19:35
Terinspirasi Pebulutangkis Greysia Polii, Ruangguru Bikin #PelatnasUTBK Bantu Pelajar Lolos UTBK
Di antara semua jalur seleksi yang dapat diikuti, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) masih jadi jalur favorit.

Dream – Diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) impian menjadi cita-cita hampir semua siswa dan siswi kelas 12, atau anak kelas 3 SMA di masa dulu. Perjalanan menuju PTN impian memang tidaklah mudah dan penuh kompetisi ketat.

Para pelajar harus terlebih dahulu berjuang melewati proses seleksi masuk dengan ragam jalur yang diadakan banyak PTN seperti SNMPTN, UTBK, SBMPTN, Ujian Mandiri.

Di antara semua jalur seleksi yang dapat diikuti, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) masih jadi jalur favorit karena memiliki kuota besar dan terbuka bagi semua pelajar.

Namun jalur UTBK tak lantas bisa dianggap remeh karena tingkat kelulusannya pada 2021 hanya sebesar 23,78 persen dari jumlah 777.858 total pelajar yang mengikuti.

Ketatnya persaingan jalur UTBK serta tingginya harapan banyak pelajar Indonesia untuk berhasil memasuki PTN impian mereka mendorong Ruangguru menciptakan program holistik untuk persiapan sukses menghadapi UTBK yang dapat diikuti semua pelajar, yaitu #PelatnasUTBK.

1 dari 5 halaman

Ada pilihan program #PelatnasUTBK

Peluncuran #PelatnasUTBK, Program Holistik Persiapan UTBK© Dream.co.id/Anzila Riskia

Terinspirasi dari Greysia Polii, program #PelatnasUTBK terdiri dari dua pendekatan, yakni program untuk mengasah kemampuan teknis dan program kesiapan mental untuk membangun motivasi dan menjaga konsistensi belajar para pelajar yang akan berjuang menghadapi UTBK.

“ Meski latihan soal merupakan kunci penting keberhasilan, namun menjaga motivasi, disiplin, dan konsistensi dari awal persiapan hingga UTBK justru menjadi tantangan nyata bagi para pelajar,” tutur Ignatius Untung Surapati, VP Marketing Ruangguru saat pertemuan virtual Selasa, 11 Januari 2022.

Program #PelatnasUTBK dihadirkan melalui beberapa pilihan paket di dalam aplikasi Ruangguru dengan fitur layanan yang berbeda.

Pilihan itu yakni #PelatnasUTBK Umum yang tidak berbayar dan #PelatnasUTBK Intensif bagi pelajar yang membeli paket ruangbelajar SMA + UTBK 6 bulan atau paket Brain Academy Online Premium SMA + UTBK Intensif Semester Genap.

Laporan: Anzila Riskia Putri

2 dari 5 halaman

Sekolah Diliburkan Dua Pekan, Ruangguru Berikan Kelas Online Gratis

Dream - Penyedia aplikasi belajar, Ruangguru, menyediakan layanan gratis untuk sisa-siswi. Melalui program Sekolah Online Ruangguru Gratis, para siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasa.

Hal ini merupakan bentuk dan upaya Ruangguru dalam menjawab tantangan belajar yang dihadapi siswa-siswi di Indonesia di tengah darurat kesehatan merebaknya virus Corona jenis baru, COVID-19.

Niat Usir Ular Pakai Batu Bara, Rumah Si Pemilik Malah Habis Terbakar

" Hadirnya Sekolah Online Ruangguru Gratis merupakan bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga, serta upaya kami untuk memastikan bahwa akses terhadap pendidikan tetap terbuka bagi seluruh siswa di Indonesia, di mana pun dan kapanpun," ucap Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara, dalam keterangan tertulisnya, Minggu 15 Maret 2020.

Ruangguru© Ruangguru

Foto : @belvadevara

Layanan sekolah gratis Ruangguru dimulai dari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 - 12.00 WIB melalui aplikasi Ruangguru.

Terdesia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum nasional, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh para Master Teachers Ruangguru.

3 dari 5 halaman

250 video dan modul pelatihan

Para siswa yang belum dapat mengikuti sesi di pagi hari dapat juga mengakses rekaman Sekolah Online yang dapat diakses pada hari yang sama setelah pukul 12.00 WIB. Selain fasilitas live teaching, para siswa dapat terus melatih pemahamannya melalui fitur Bank Soal dan Online Tryout secara gratis.

Selain program bagi siswa, para guru juga bisa meningkatkan kapasitasnya dalam mengajar melalui program Pelatihan Guru Online yang tersedia di aplikasi Ruangguru, gratis selama 1 bulan kedepan.

Warganya Nge-prank Orang Se-Indonesia dengan Pura-Pura Menghilang di Cadas Pangeran, Ini Kata Ridwan Kamil

Dalam aplikasi ini juga tersedia 250 video dan modul pelatihan guru yang mencakup materi-materi kompetensi dasar di bidang pedagogik dan profesional, seperti kemampuan manajemen kelas, pengembangan rencana belajar, implementasi pembelajaran berbasis proyek, dan lainnya.

Berbagai Fitus Tersedia

Selain itu, siswa dan siswi Ruangguru menyediakan aplikasi live chat untuk mereka bertanya atau pun berdiskusi dengan guru.

Terdapat pula fitur set reminder pada aplikasi yang dapat mengingatkan siswa secara otomatis apabila sebuah kelas akan dimulai pada jam yang telah ditentukan.

Viral Video TikTok Diduga Istri Perwira Polisi Pamer Uang, Kapolda Sumut Turun Tangan

Jika murid belum bisa mengikuti kelas dari awal, pembelajaran di Sekolah Online Ruangguru Gratis dapat diakses kembali setelah sesi keseluruhan sesi pembelajaran selesai.

“ Kami menyadari bahwa situasi yang melanda banyak sekali siswa dan keluarga saat ini telah mengganggu proses belajar dan mengajar mereka. Kami juga membuka program khusus bagi pemerintah daerah dan sekolah yang membutuhkan dukungan teknis lebih lanjut untuk memastikan kegiatan belajar dan mengajar tetap berjalan efektif. Kami akan umumkan prosedurnya dalam beberapa hari ke depan.” tambah Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama, Iman Usman.

Sekolah Online Ruangguru Gratis dibuka setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi, dan setelah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebab COVID-19 telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia

4 dari 5 halaman

Dua Startup Indonesia Juara Dunia, Pukau Kelompok 20 Negara Raksasa

Dream – Dua startup digital asal Indoensia, Nalagenetics dan Ruangguru, mendapatkan penghargaan sebagai startup dengan inovasi unggulan. Penghargaan itu diberikan dalam Forum G-20 Innovation League 2021 yang berlangsung pada 9 hingga 10 Oktober 2021 di Sorrento, Italia.

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu 13 Oktober 2021, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengapresiasi penyelenggaraan G-20 Innovation League 2021. Menurutnya acara itu bisa membangun dan memfasilitasi kerja sama antara pemerintah dan pelaku inovasi swasta dalam skala global.

Teka-teki 'Gubuk Misterius' di Bulan yang Gegerkan Ilmuwan Akhirnya Terkuak

Semuel mengatakan, presidensi G-20 Italia menyelenggarakan acara spesial ini dengan tujuan membangun dan menfasilitasi kerja sama antara pemerintah dan pelaku inovasi swasta (startup, venture capital, serta korporasi) dalam skala global.

“ Kami ingin mengakui dan memberi apresiasi terhadap Presidensi G-20 Italia,” kata dia dalam Forum Internasional G-20 Innovation League 2021 yang diikuti secara virtual dari Jakarta.

Lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G-20 dan negara-negara tamu bertemu secara fisik maupun daring di Sorento, Italia. Dalam G-20 Innovation League 2021, peserta saling berbagi pengalaman dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor seperti Cleantech, Artificial Intelegence, IoT and Wearables, Green and Smart, serta Mobility and Healthcare.

 

 

5 dari 5 halaman

Menangi Kategori Ini

Setiap negara yang berpartisipasi dalam G-20 Innovation League 2021 menunjuk startup yang fokus menyediakan solusi per kategori tantangan global yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam forum tersebut, startup perwakilan Indonesia bersaing dengan 100 startup dari 30 negara yang turut berpartisipasi.

Startup digital asal Indonesia Nalagenetics dan Ruangguru terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam forum itu. Nalagenetics terpilih sebagai juara satu dalam kategori Mobility and Healthcare. Sementara Ruangguru merebut juara dua untuk kategori Artificial Intelegence.

Kisah Nintendo, Nyaris Bikin Smartphone Pertama di Dunia

“ Nalagenetics, merebut penghargaan karena telah menciptakan platform khusus untuk menawarkan tes kesehatan yang akurat dan menawarkan solusi sesuai dengan kebutuhan dokter, pasien, dan laboratorium yang berbeda,” kata Semuel.

Sementara, Ruangguru berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menciptakan pengalaman belajar adaptif dan personal bagi pelajar di Indonesia.

Sebagai vocal point dari G-20 Innovation League, Kementerian Kominfo menominasikan 5 venture capital yang berhak menjadi perwakilan Indonesia.

“ Juga berkesempatan menominasikan startup dan membantu proses seleksi untuk menghasilkan 5 perwakilan startup Indonesia untuk kegiatan ini dari 5 sektor fokus G-20 Innovation League,” kata dia.

Tahun ini, lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G-20 dan negara-negara tamu (undangan) telah berkumpul di sini untuk bertemu secara fisik maupun daring guna saling berbagi pengalaman dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor seperti Cleantech, AI, IoT and Wearables, Green and Smart, serta Mobility and Healthcare.

Beri Komentar