Susah Dapat Komponen, Konsol Game Sony PS5 Bakal Makin Langka?

Reporter : Arini Saadah
Senin, 15 November 2021 18:47
Susah Dapat Komponen, Konsol Game Sony PS5 Bakal Makin Langka?
PS5 diprediksi akan langka karena perusahaan asal Jepang itu kesulitan menemukan salah satu komponen penting konsol game mereka. Komponen apa itu?

Dream - Raksasa perusahaan elektronika asal Jepang, Sony dilaporkan akan mengurangi produksi konsol permainan terbaru mereka, PlayStation 5, hingga 1 juta unit. Penurunan target ini diakibatkan perusahaan kesulitan mendapatkan salah satu komponen langka dan urusan logistik.

Mengutip laporan Bloomberg, Sony menetapkan target produksi PS5 untuk Maret 2022 sebanyak 15 juta unit. Padahal perusahaan sebelumnya dikabarkan memasang target 16 juta unit, atau 1 juta untuk lebih banyak. 

Dikutip dari laman World of Buzz, situasi tersebut dikhawatirkan menyulitkan Sony untuk mematok target penjualan 14,8 juta unit PS5 pada Maret tahun 2022. Padahal, Sony dikabarkan berhasil menjual 10 juta unit pada Juli 2021 lalu.

Namun penjualannya melambat hingga mereka belum mampu menjadikan konsol PlayStation sebagai produk dengan penjualan tercepat.

Kendati demikian, angka tersebut belum melampaui total penjualan PlayStation 4. Sehingga total penjualan PS5 masih di bawah PS4 lantaran kesulitan Sony mematok target penjualan.

1 dari 6 halaman

Ini Komponen Langka PS5 yang Sulit Dicari

Persoalan ini muncul disebabkan oleh kurangnya pasokan chip di seluruh dunia, yang memengaruhi rantai pasokan berbagai industri, di antaranya yang terpengaruh yaitu GPU, iPhone, iPad, mobil, dan sebagainya.

Sementara pada awal bulan ini, Nintendo juga mengurangi kerugian penjualannya sebesar 1,5 juta unit menyusul masalah kekurangan pasokan komponen.

Kondisi ini terjadi karena ketersediaan vaksin yang tidak merata di negara-negara berkembang tempat produksi komponen utama konsol ini. Akibatnya, pasokan chip dan komponen lain tidak dapat diprediksi.

Situasi ini juga menyebabkan pemasok Sony dari negara-negara tersebut untuk sementara menutup operasinya karena kemungkinan penularan yang lebih besar.

2 dari 6 halaman

Bukan Laporan Pertama

Diketahui, Sony juga bekerja sama dengan perusahaan semikonduktor Taiwan TSMC untuk membuka pabrik semikonduktor baru di Jepang. Namun, pabrik tersebut baru akan beroperasi pada tahun 2024 mendatang. Alhasil Sony terpaksa memangkas produksi PS5 dikarenakan kurangnya pasokan bahan baku.

Laporan mengenai rencana Sony yang akan memangkas produksi PS5 ini bukan yang pertama kalinya. Pada tahun lalu, Sony juga pernah dilaporkan akan mengurangi jumlah produksi konsol dari 15 juta unit menjadi 11 juta unit. Namun ketika itu, Sony langsung membantah laporan Bloomberg tersebut.

" Meskipun kami tidak merilis detail terkait dengan proses manufaktur, informasi yang diberikan oleh Bloomberg adalah salah," tulis Sony dalam pernyataannya.

3 dari 6 halaman

Sony Umumkan Controller VR untuk PS5, Bentuknya Unik

Dream - Sony akhirnya mengumumkan rencana kehadiran controller Virtual Reality (VR) terbarunya untuk PlayStation 5 (PS5).

Controller VR ini dibuat untuk mendukung perangkat headset VR yang telah dirilis akhir Februari 2021 lalu.

Namun bentuk controller VR untuk PS5 ini sangat berbeda dari yang digunakan pada PS4 yang menyerupai stik lompat tali.

Untuk PS5, Sony akan menghadirkan controller VR unik yang penggunaannya mirip dengan sarung tangan tinju.

4 dari 6 halaman

Sony Perkenalkan Controller VR untuk PS5

Melalui blog PlayStation resmi, Senior Vice President, Platform Planning and Management Sony, Hideaki Nishino mengungkapkan bahwa controller VR anyar ini memiliki fitur unik.

Bentuknya yang juga unik mirip sarung tangan tinju, rilis teranyar dari Sony ini dipakai dengan cara digenggam sehingga controller melingkari tangan pengguna.

Bentuk controller VR PS5 sangat unik, mirip sarung tangan tinju.© Sony

Menurut Hideaki, fitur unik yang diusung controller VR terbaru adalah haptic feedback dan adaptive triggers yang diambil dari teknologi yang tertanam dalam gamepad DualSense.

" Controller VR diciptakan berdasarkan inovasi yang kami perkenalkan pada controller nirkabel DualSense, yang mengubah 'rasa' bagaimana game dimainkan di PS5 dengan memperkenalkan cara baru untuk melakukan sentuhan. Sekarang kami membawa inovasi itu ke VR Gaming," jelas Hideaki.

5 dari 6 halaman

Fitur Canggih Controller VR PS5

Dengan adaptive triggers, controller akan mendeteksi jari-jari secara otomatis. Sehingga pengguna tidak perlu menekan area di mana jari-jari mereka diletakkan di atas controller.

Selain itu, fitur ini juga memberikan sensasi gerakan yang natural ketika bermain game seperti saat menarik pelatuk atau busur panah. Tarikan akan terasa berat seperti memegang senjata betulan.

Memiliki fitur yang dicomot dari gamepad DualSense.© Sony

Sementara haptic feedback akan menciptakan sensasi getaran yang berbeda-beda, menyesuaikan dengan aktivitas yang dilakukan saat di dalam game.

Bagi penggemar VR Gaming, controller VR PS5 ini diharapkan memberikan sensasi pergerakan dan sensor yang lebih baik selama memainkan game, yang selama ini belum sepenuhnya bisa terpenuhi.

6 dari 6 halaman

Harga Controller VR PS5

Hideaki sendiri berjanji Sony bisa memenuhi ekspektasi penggemar VR Gaming dengan menciptakan controller yang diyakini bisa memberikan sensasi natural dengan bentuk yang aestetik.

" Kami menerapkan apa yang didapat selama pengujian oleh pengguna yang memiliki berbagai ukuran tangan, serta pengetahuan tentang controller di semua platform PlayStation selama puluhan tahun. Hasilnya adalah desain ikonik yang akan mengubah cara VR Gaming dimainkan," imbuh Hideaki.

Meski sudah resmi diumumkan, namun Sony belum mengungkapkan harga serta tanggal peluncuran dari controller VR PS5 teranyar ini.

Sumber: Man of Many

Beri Komentar