Tips Bikin Film Pakai Smartphone

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 5 Maret 2020 09:43
Tips Bikin Film Pakai Smartphone
Ponsel dianggap mampu mempermudah proses shooting,

Dream - Kemampuan Joko Anwar di dunia perfilman tidak diragukan lagi. Beberapa filmnya berhasil mendapatkan penghargaan.

Tapi siapa sangka, ia pernah menggarap film menggunakan ponsel. Film tersebut adalah A Copy of My Mind yang dibintangi Tara Basro dan Chiko Jericho.

Joko Anwar & Tara Basro© KLY-Budy Santoso

Penggunaan ponsel dianggap efektif untuk mengambil gambar dengan teknik gerilya style. Di mana seseorang sulit mendapatkan izin mengambil gambar, seperti di tempat kejadian kriminal.

1 dari 4 halaman

Tips dan trik

Proses pengambilan gambar menggunakan ponsel tidak berbeda dengan kamera profesional. Bagi pemula yang ingin mulai membuat film dengan ponsel, ia menyarankan hal-hal sebagai berikut.

" Cari lokasi yang bagus. Di Jakarta susah tuh (cari lokasi shooting). Karena lokasi yang bagus itu pasti mahal atau banyak premannya," katanya di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu 4 Maret 2020.

Joko Anwar© Dream.co.id/Deki Prayoga

Kedua, kamu perlu mencari skenario yang tepat untuk pengambilan gambar dengan ponsel.

" Misalnya, kita nggak mungkin bikin film Star Wars perang bintang angkasa luar pakai smartphone karena akan banyak special effect."

 

2 dari 4 halaman

Jangan lupa estetika atau selera

Sama dengan kamera profesional, pengambilan gambar menggunakan ponsel juga memerlukan pencahayaan serta teknik tertentu.

Tidak cukup sampai di situ, kamu membutuhkan estetika atau selera yang baik.

" Banyak film yang mahal tapi nggak laku dan nggak bagus. Film yang murah pakai smartphone dan dapat award juga banyak. Jadi film bagus itu penggabungan teknik dan estetika," imbuhnya.

Joko Anwar (dua dari kanan)© Dream.co.id/Deki Prayoga

3 dari 4 halaman

Joko Anwar Kembali Tebar Ketakutan Lewat 'Perempuan Tanah Jahanam'

Dream – Setelah “ Pengabdi Setan”, film horor terbaru Joko Anwar  kembali menebar ketakutan lewat film terbarunya. Kali ini berjudul “ Perempuan Tanah Jahanam”.

Rencananya, film itu tayang di layar lebar pada 17 Oktober 2019. Film ini dibintangi oleh Ario Bayu, Tara Basro, Christine Hakim, Asmara Abigail, dan Marissa Anita.

Joko menilai film ini lebih seram daripada “ Pengabdi Setan”. Dikatakan bahwa film tersebut masih ramah kepada penonton.

“ Nah, ini betul-betul menggedor jantung. Kami sendiri merinding beneran sampai masuk ke kulit,” kata dia saat peluncuran trailer “ Perempuan Tanah Jahanam” di Jakarta, ditulis Selasa 17 September 2019.

Bawa Dimensi Baru

Ario Bayu mengatakan “ Perempuan Tanah Jahanam” akan membawa penonton masuk ke dalam dimensi baru dan pengalaman baru pada sebuah karya layar lebar.

“ Ini dimensi baru bagi kami memainkan sebuah film,” kata dia.

© MEN

Ario memuji ada “ dunia” yang diciptakan Joko. Selama proses syuting, semua kru tak ada yang bicara. Saat ditanya lebih detail, pria ini enggan untuk menjawabnya secara detail.

Dia justru mengajak untuk menyaksikan film “ Perempuan Tanah Jahanam”.

4 dari 4 halaman

Masa Lalu

Film Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya, seorang perempuan muda yang sedang mengalami nasib buruk. Setelah berhasil selamat dari upaya pembunuhan di kota, Maya mengetahui bahwa ia mewarisi sebuah rumah di desa leluhurnya.

Perempuan Tanah Jahanam Siap Bikin Bergidik© MEN

Dengan temannya Dini, Maya kembali ke desa kelahirannya, tidak menyadari bahwa masyarakat telah berusaha mencari dan membunuhnya karena suatu alasan.

Ketika dia mulai menemukan kenyataan rumit tentang masa lalunya, Maya menemukan dirinya dalam pertarungan untuk menyelamatkan hidupnya. (mut)

(Laporan: Vika Novianti Umar)

Beri Komentar