Tempat Wisata Indonesia Ini Dulu Hits, Tapi Kini Ditinggalkan

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 28 September 2017 17:19
Tempat Wisata Indonesia Ini Dulu Hits, Tapi Kini Ditinggalkan
Lama ditinggalkan, kini kabarnya tempat-tempat tersebut jadi angker. Bahkan masyarakat sekitar kerap menjulukinya sebagai kota hantu. Seram!

Dream - Buat generasi kekinian yang nyaris selalu bergulat dengan padatnya aktivitas, liburan atau rekreasi menjadi sesuatu yang penting. Liburan menjadi kebutuhan yang mesti dipenuhi.

Sebab, dengan liburan kita bisa " men-charge" kembali pikiran dan semangat agar lebih segar serta produktif dalam beraktivitas. Jalan-jalan ke luar negeri bisa menjadi pilihan liburan yang menyenangkan, tapi tentu saja membutuhkan budget yang besar ya.

Kalau kamu mau menghemat budget, cukup rekreasi ke obyek-obyek wisata hits yang lokasinya dekat dari tempat tinggalmu. Bicara soal obyek wisata hits, di Indonesia ada lho beberapa obyek wisata yang begitu 'hype' pada masanya. Namun seiring bermunculannya banyak obyek wisata baru, tempat-tempat tersebut pada akhirnya ditinggalkan orang.

Penasaran apa saja tempatnya? Berikut Dream Travel akan mengulasnya untuk kamu.

1. Taman Festival Bali

Dulunya, obyek wisata yang terletak di daerah Pantai Sanur, Bali ini pernah sangat hits. Sempat jadi taman festival terbesar di Bali, seiring berjalannya waktu entah mengapa obyek wisata ini akhirnya ditinggalkan dan terbengkalai begitu saja. Kini, hanya tersisa bekas bangunan yang sudah tidak terawat. Lama ditinggalkan, kini kabarnya tempat tersebut jadi angker. Bahkan masyarakat sekitar kerap menjulukinya sebagai kota hantu.

tempat rekreasi© dream

2. Bounty Beach Club Bungalows, Lombok

Hotel yang terletak di Gili Meno, Lombok ini dulu pernah sangat berjaya di awal tahun 2000-an. Namun pasca kepergian sang pemilik pada tahun 2002, hotel yang tadinya jadi favorit wisatawan ini menjadi tak terawat.

Bounty Beach Club Bungalows akhirnya ditinggalkan dan kini hanya tersisa tiang-tiang kayu bangunan yang roboh, sudah usang dan dipenuhi lumut.

tempat rekreasi© dream

3. Taman Rekreasi Bedugul Hotel, Bali

Tempat wisata lainnya yang sekarang ditinggalkan adalah Taman Rekreasi Bedugul Hotel. Terletak di kawasan Bedugul Bali, hotel ini kabarnya dibangun oleh anggota keluarga Cendana.

Namun sejak dibangun pada tahun 1997, hotel ini belum sempat beroperasi. Pembangunannya bahkan tak rampung. Bangunannya dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Konon, hotel ini sekarang jadi angker. Bahkan hingga mendapat julukan The Ghost Palace atau Istana Hantu. Keangkerannya pun sampai diberitakan media asing lho, Sahabat Dream. Ya, kisah seram hotel ini pernah diulas oleh Daily Mail.

tempat rekreasi© dream

(Berbagai sumber) 

 

1 dari 3 halaman

Lama Ditinggalkan, Wahana Wisata Jadi `Neraka Dunia`

Dream - Taman air Ho Thuy Tien merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi di Vietnam. Buku panduan wisata ataupun di peta tak mencantuman lokasinya. Bahkan bila Anda memutuskan untuk bertanya pada warga lokal, mereka pun lebih memilih untuk menjawab tidak tahu tentang taman wisata tersebut.

Taman air yang berbentuk seperti akuarium raksasa ini telah lama ditinggalkan para wisatawan. Letak lokasinya berada di luar kota Hue. Untuk menuju tempat ini, dibutuhkan motor dan nyali yang sangat serius.

Di sini, buaya hidup di tengah-tengah papan seluncuran air yang tidak terpakai. Tank akuarium dipenuhi air hingga setengah ditambah dengan hiasan naga besar membuat tempat ini didesain untuk set film horor.

Hanya sedikit orang yang mengetahui tentang bekas taman air ini. Saat Huffington Post menghubungi dua lembaga terakreditasi yang khusus melakukan perjalanan ke Asia Tenggara, Hidden Treasure Tours dari NYC dan biro perjalanan ICS Group dari San Fransisco keduanya pun tidak pernah mendengar tempat ini.

Namun, Direktur Pariwisata Vietnam untuk kota Hue, Ky Nguyen Bao menegaskan jika lokasi taman terletak di danau yang dekat dengan Thien An Hill. Sebuah wisata alam yang populer dengan jalur trek dan dekat dengan biara Tranquil.

Taman air ini dulu ditinggalkan dengan begitu saja, sehingga para backpacker yang telah menemukannya mengatakan bahwa mereka membuat pin-pin di peta Google. Kemudian saling memfoto untuk mendapatkan letak yang tepat.

Menurut beberapa kabar yang beredar, lokasi taman air Ho Thue Tien diceritakan seperti sebuah neraka yang nyata. Para backpacker pun menemukan tempat ini melalui informasi dari mulut ke mulut yang telah menjelajah alam luas dan menakutkan.

Sebagian dari pengunjung melaporkan bahwa taman ini benar-benar dalam keadaan kosong. Beberapa orang yang berkeliaran di sekitar hanyalah penduduk lokal atau penjual minuman di dekat patung naga.

Salah satu backpacker bernama Courtney Lambert menulis di blog-nya bahwa kehidupan buaya telah menghilang dalam beberapa bulan terakhir. Tapi ada indikasi jika taman ini tetap akan dibiarkan dalam waktu yang lama.

Tapi melihat lokasi ini telah ditinggalkan, pasti akan sangat seru untuk mengeksplorasinya. Sangat seru menjelajah alam Vietnam dan berpergian dengan menyusuri gua yang menyeramkan.

2 dari 3 halaman

Diyakini Sangat Angker, Ini Cerita di Balik Ghost Hill Penang

Dream - Kebiasaan mempercayai hal-hal mistis belum bisa dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Terbukti masih ada sebagian masyarakat yang kerap menghubungkan keberadaan tempat-tempat tertentu dengan kisah-kisah menyeramkan.

Contohnya, cerita mengenai keberadaan pasar gubrah atau pasar gaib di Gunung Merapi, Jawa Tengah yang dipercaya sebagai pasarnya makhluk halus. Atau cerita tentang Lawang Sewu yang kerap menimbulkan berbagai spekulasi mistis di masyarakat.

Ada juga cerita tentang Tongkonan, tradisi pemakaman masyarakat Toraja yang esktrem dan meninggalkan kesan ngeri. Cerita-cerita mistis tersebut telah ada sejak berpuluh bahkan beratus-ratus tahun lalu dan tersiar secara turun temurun hingga bertahan sampai sekarang.

Menariknya, kepercayaan pada hal-hal mistis yang dikaitkan dengan keberadaan suatu tempat ini tak hanya terjadi di Indonesia lho. Fenomena sosial semacam ini pun terjadi dalam masyarakat di berbagai belahan dunia.

Kalau kita mau mencermati, di luar negeri pun banyak tempat wisata yang dikaitkan dengan keberadaan makhluk gaib atau hal-hal mistis. Seperti salah satu tempat di Negeri Jiran ini.

Ya, di Malaysia ternyata ada satu tempat yang populer karena keangkerannya. Adalah Ghost Hill yang berlokasi di Penang, Malaysia.

Ghost Hill merupakan sebuah pemakaman terbesar yang dilengkapi dengan sebuah museum di atas bukit. Di kawasan ini juga terdapat sebuah bunker yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai persenjataan.

Kawasan ini sangat ditakuti oleh warga lokal karena konon menjadi hunian makhluk-makhluk gaib. Kabarnya, para pekerja konstruksi atau warga setempat yang lewat di sana kerap diganggu oleh para arwah yang mendiami tempat ini.

Seperti apa kengerian lainnya dari Ghost Hill, yuk simak di sini.     

3 dari 3 halaman

Misteri Kota Wentira, Disebut Titik Paling Angker di Indonesia

Dream - Mitos atau cerita-cerita gaib masih banyak berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Terutama di kalangan masyarakat pedesaan.

Umumnya mitos atau cerita-cerita gaib tersebut diturunkan dari generasi ke generasi. Meski seringkali sulit diterima nalar, namun tak sedikit yang percaya. Bahkan, ada pula yang mengaku pernah mengalami sendiri pengalaman mistis sampai akhirnya mereka meyakini.

Nah, salah satu cerita gaib yang banyak berkembang di Indonesia adalah tentang kota-kota gaib. Kota-kota tak kasat mata yang dipercaya menjadi pemukiman makhluk-makhluk gaib atau jin.

Tentang kota gaib semacam ini, beberapa waktu lalu Dream Travel pernah mengulas tentang Saranjana. Sebuah kota gaib yang dipercaya ada di Kalimantan.

Kali ini, yang akan diulas adalah sebuah kota gaib yang berada di wilayah Sulawesi Tengah. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Kota Wentira.

Cerita tentang Wentira sudah banyak menghebohkan masyarakat Sulawesi. Bahkan pernah juga ditayangkan di TV nasional. Wentira dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di daerah kebun kopi di kawasan hutan belantara, di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.

wentira© dream

Jika kamu mengunjungi tempat ini, kamu akan menemukan tugu berwarna kuning. Masyarakat sana percaya bahwa di tempat inilah berdiri gerbang gaib menuju Wentira. Cerita yang berkembang di sana menyebutkan jika pemimpin Wentira adalah raja yang memiliki 7 paglima perang, yang masing-masing memiliki bala tentara yang banyaknya bisa menutupi seluruh lautan Indonesia.

Konon, banyak yang menganggap Wentira sebagai salah satu titik paling angker di Indonesia. Ada juga beberapa kalangan yang berpendapat bahwa Wentira merupakan warisan dari Benua Atlantis yang hilang.

Terlepas dari anggapan tersebut, banyak kisah mistis yang beredar seputar kota misterius ini. Bahkan sudah berkembang turun temurun.

wentira© dream

Jika dilihat secara kasat mata, kota ini terlihat seperti sebuah hutan yang sangat lebat. Namun kabarnya, mereka yang punya " kelebihan" , akan melihatnya sebagai sebuah kota dengan kehidupan yang berkembang dan modern seperti kota pada umumnya.

Dari pengakuan seseorang yang mengklaim pernah masuk ke kota tersebut, kehidupan di Wentira terlihat sangat modern dan beradab. Bahkan menurut ceritanya, tidak ada satu orang pun yang hidup susah atau miskin.

Menurut penduduk setempat, wujud penghuni Wentira tidak jauh dengan penampilan fisik manusia pada umumnya. Yang berbeda hanyalah, mereka tidak memiliki garis tengah di bibir mereka.

Salah seorang warga mengklaim pernah bertemu dengan penghuni Wentira. Ia pun bercerita jika para penghuni Wentira mengenakan baju kuning dan tidak memiliki garis bibir. Sesaat setelah bertemu, sosok yang dianggap penghuni Wentira itu kemudian menghilang.

wentira© dream

Cerita mistis tentang Wentira tak sampai di situ saja. Menurut kesaksian warga yang lain, ada seorang sales yang sedang mengantarkan mobil pesanan seorang klien. Ia membawakan mobil BMW i series bewarna kuning dengan alamat tujuan Wentira. Salesman tersebut pun keheranan saat tiba di tempat tujuan, karena di sana hanya ada kebun dan pepohonan. Ia baru menyadari bahwa dirinya seperti terhipnotis.

Lalu, ada pula kisah tentang gadis bernama Lin Vita Puspita yang diberitakan hilang tanpa jejak lantaran menikah dengan penghuni Wentira. Mahasiswi STIE Palu ini sempat berpamitan bahwa ia akan menikah dengan pemuda asal Wentira.

Ia meminta kedua orangtuanya agar selalu mengadakan doa tahlil karena ia tidak akan bisa kembali pulang dari Kota Wentira. Menurut informasi dari salah satu warga, gadis itu memang tak pernah pulang bahkan jejaknya pun sulit ditemukan seperti lenyap begitu saja.

Menurut beberapa sumber informasi, keberadaan kota gaib Wentira ini bahkan sudah disadari sejak zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Dari kesaksian yang pernah ditulis, ada seorang pilot yang mengendarai pesawat tempur milik Belanda telah melihat kota megah di tengah hutan.

Bangunan-bangunan di kota tersebut berwarna kuning keemasan dengan gedung-gedung pencakar langit. Nama kota ini konon diambil dari kata Uventira yang bermakna 'air berwarna merah'. Tetapi, sampai sekarang masyarakat sekitar lebih terbiasa menyebutnya Wentira. Wallahu A'lam Bishawab...

(Berbagai sumber) 

Beri Komentar