Ini Jadinya Tubuh Kita Setelah 20 Tahun Duduk Bekerja Tanpa Banyak Gerak

Reporter : Idho Rahaldi
Rabu, 30 Oktober 2019 17:40
Ini Jadinya Tubuh Kita Setelah 20 Tahun Duduk Bekerja Tanpa Banyak Gerak
Mengerikan...

Dream - Bekerja menjadi rutinitas utama hampir setiap orang dewasa saban hari. Bisa dibilang dalam satu minggu kita bisa menghabiskan lima sampai enam hari di kantor. 

Dan, bagi yang kerja kantoran, dalam satu hari kita bisa menghabiskan kurang lebih 8 jam duduk menatap komputer. Belum lagi banyak perkerja kantoran yang mager alias malas bergerak jika tengah bekerja.

Lantas apa jadinya jika rutinitas itu terus kita lakukan bahkan hingga 20 tahun ke depan?

Dilansir oleh odditycentral.com, sejumlah pakar kesehatan yang dipimpin oleh ahli perilaku William Higham menciptakan sebuah boneka yang memperlihatkan bagaimana tubuh manusia setelah 20 tahun bekerja dengan rutinitas yang sedikit bergerak.

1 dari 5 halaman

Kumpulkan Data-Data

William beserta timnya mengumpulkan data 3.000 pekerja kantoran di Prancis, Jerman, dan Inggris.

Sebanyak 50 pekerja asal Inggris mengatakan bahwa mereka telah mengalami sakit mata. Sebanyak 48 persen dari mereka mengalami sakit punggung.

Kemudian, 48 persen dari mereka mengalami eczema yang dikarenakan stress, kelebihan berat badan, dan pembengkakan lengan.

Dari data-data penelitian yang dinamai “ The Work Colleague of the Future” itu terciptalah Emma. Sebuah boneka berukuran manusia.

2 dari 5 halaman

Terciptalah Emma

Emma tampak tidak sehat, ia memiliki kaki penuh varises. Matanya datar, terlihat merah dan sendu. Belum lagi punggungnya bungkuk dan kulitnya sangat pucat.

Emma© dream.co.id

Emma merupakan gambaran atas apa yang terjadi pada tubuh para pekerja di masa depan, jika dalam 20 tahun kedepan mereka tidak mengubah kebiasaan kantornya dari sekarang.

Emma© dream.co.id

“ Kecuali kita membuat perubahan yang berarti dalam lingkungan pekerjaan. Seperti bergerak lebih banyak, istirahat untuk berjalan kaki di tengah bekerja, atau mengubah layout tempat kerja. Kantor kita akan membuat kita sangat sakit,” tutur William.

3 dari 5 halaman

4 Tips Tetap Sehat Walau Duduk Berjam-jam Saat Bekerja

Dream – Bekerja berjam-jam duduk di depan komputer atau laptop ternyata bisa mengganggu kondisi kesehatan. Sepintas, tubuh seperti tidak gampang lelah karena duduk seharian.

Tapi, kondisi ini menyebabkan gangguan kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Agar rutinitas yang seharian duduk berjam-jam untuk bekerja tidak berdampak buruk pada kesehatan, kamu harus melakukan sejumlah tindak pencegahan. Ada sejumlah tips dan tindak pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan di tengah rutinitas pekerjaan yang tak bisa lepas dari monitor.

Berikut ini adalah 4 tips sehat bagi perempuan yang duduk berjam-jam selama bekerja, dikutip dari Fimela, Kamis 1 Oktober 2019.

4 dari 5 halaman

Ambil Jeda dan Olahraga Rutin

Selalu Ambil Jeda untuk Berdiri dan Jalan-Jalan

Duduk berjam-jam dan menjadi rutinitas harian dalam jangka waktu lama bisa memengaruhi postur tubuh kita. Dilansir dari lifehack.org, sendi-sendi tubuh bisa mulai terasa nyeri, fleksibilitas tubuh menurun, dan energi juga semakin berkurang.

Untuk itu, di sela-sela bekerja, usahakan untuk mengambil jeda setiap beberapa menit sekali untuk berdiri dan berjalan-jalan. Sekadar berjalan ke toilet atau ke pantry bisa bantu memperbaiki kondisi tubuh.

Olahraga Rutin

Olahraga Kecil Atasi Ketegangan Otot Saat Bekerja© MEN

Aktivitas fisik dan gerak tubuh perlu dilakukan setiap hari. Olahraga rutin akan sangat membantu kondisimu untuk tetap bugar di tengah rutinitas harus bekerja berjam-jam di depan komputer setiap hari. Olahraga laribersepeda, atau ikut kelas aerobik bisa bantu menjaga kesehatan tubuhmu.

5 dari 5 halaman

Kurangi Camilan Karbo dan Gula Serta Tidur yang Cukup

Kurangi Camilan Karbohidrat dan Gula

Berlebihan mengonsumsi karbohidrat, lemak, dan gula bisa mengganggu sistem pencernaanmu. Bahkan bisa membuat berat badan naik.

Obesitas merupakan masalah serius yang dihadapi oleh para pekerja yang sehari-hari menghabiskan banyak waktu duduk bekerja. Apalagi bila kolesterol dan tekanan darah naik, gangguan kesehatan seperti masalah jantung bisa jadi problema tersendiri.

Tidur Cukup

Kurang Tidur Dapat Berujung Kematian?© MEN

Kurang tidur bisa membuat tubuh kurang berenergi. Jika hal ini terjadi, kita akan merasa sangat sensitif dan mudah marah. Dampaknya produktivitas akan menurun sehingga semangat bekerja akan menurun. Tidur yang cukup setiap harinya akan sangat membantu menjaga semangat dan produkivitas kerjamu dengan lebih baik.

Beri Komentar