13 Fungsi Hati Yang Perlu Kamu Ketahui

Reporter : Ulyaeni Maulida
Kamis, 12 November 2020 12:27
13 Fungsi Hati Yang Perlu Kamu Ketahui
Fungsi hati manusia yaitu alat yang di gunakan untuk ekskreasi.

Dream – Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang sangat penting. Hati pada organ manusia berada di dalam rongga perut manusia di sebelah kanan dan berada di bawah diafragma.

Fungsi hati manusia yaitu alat yang di gunakan untuk ekskreasi sehingga hal ini bisa disebabkan karena hati manusia dapat memecahkan dari beberapa senyawa yang juga memiliki sifat.

Hati adalah suatu kelenjar yang berukuran besar berwarna merah kecoklatan. Fungsi hati adalah untuk mengatur sirkulasi tubuh. Jika dilihat dari luar, tampak perbedaan dari lobus kanan yang lebih besar dan lobus kiri yang lebih kecil. Kedua lobus ini dipisahkan oleh pita jaringan ikat yang melekatkan hati pada rongga perut.

Hati manusia adalah organ yang unik. Karena bisa kembali tumbuh setelah dipotong atau dikurangi, melalui prosedur perawatan penyakit maupun transplantasi.

Fungsi hati juga sangat penting untuk proses metabolisme tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi hati yang sebaiknya kamu ketahui, yaitu:

1 dari 5 halaman

Fungsi Hati Sebagai Penawar Dari Racun

Ilustrasi© Freepik

1. Detoksifikasi

Fungsi hati adalah sebagai penawar dari racun. Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi memiliki potensi berbahaya bagi tubuh.

Hati menjadi organ yang dapat menetralisir racun berbahaya tersebut. Bukan berarti hati dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh, hanya saja hati difungsikan untuk meminimalisir racun yang masuk pada tubuh.

2. Menyimpan kadar gula darah

Fungsi hati juga dapat menjadi tempat penyimpanan kadar gula darah. Kadar gula yang berlebihan nantinya akan dikeluarkan kembali.

Kadar gula darah adalah sumber energi yang dapat membuat tubuh bergerak lebih aktif lagi dalam beraktifitas.

3. Sekresi birubilin

Birubilin sendiri di sini berfungsi sebagai pemberi warna pada feses dan juga urine. Warna urine juga dapat menjadi pertanda kesehatan.

Birubilin itu sendiri harus dapat memecah senyawa sel darah merah yang dapat membahayakan dan harus segera di keluarkan baik itu melalui feses atau pun melalui urine.

2 dari 5 halaman

Menyimpan Vitamin dan Mineral

 

4. Menyimpan vitamin dan mineral

Fungsi hati selanjutnya adalah untuk menyimpan vitamin dan mineral apabila berlebih dan jika kekurangan maka hati akan melepaskan apa yang dibutuhkan di dalam tubuh. Untuk vitamin yang disimpan di dalam hati yaitu vitamin yang larut akan lemak A, D, E, K dan juga B12.

5. Pembentukan sel darah merah

Fungsi hati lainnya yaitu untuk memproduksi sel darah merah. Sel darah merah ini dalam hitungan bulan akan hancur sehingga dibutuhkan hati untuk membentuk sel darah merah yang baru.

6. Sistem antibodi

Fungsi hati juga dapat berfungsi sebagai sistem antibodi untuk menjaga tubuh dari serangan penyakit.

Mekanisme ini digunakan untuk melawan bakteri atau virus yang dapat bersarang di dalam tubuh manusia secara efektif. Selain sebagai antibodi, fungsi hati juga sebagai sistem imun yang sangat efektif untuk manusia.

 

3 dari 5 halaman

Membuat Protein Flasma

Ilustrasi© Freepik

 

7. Mengontrol sirkulasi tubuh

Fungsi hati dalam tubuh manusia lainnya yaitu untuk mengontrol sirkulasi tubuh manusia. Semakin baik sirkulasi darah, maka tubuh pun dapat melakukan metabolisme dengan baik.

8. Membuat protein flasma

Fungsi hati manusia selanjutnya yaitu membuat protein flasma yang sangat dibutuhkan oleh tubuh semua manusia.

9. Menyempurnakan eritrosit

Fungsi hati lainnya yaitu untuk menyempurnakan sel darah merah yang sering disebut dengan eritrosit. Untuk menyempurnakan eritrosit maka juga dengan bantuan dari beberapa zat uang bisa membantu yaitu zat hermatin.

4 dari 5 halaman

Menghindari Adanya Penggumpalan Darah

 

10. Menyimpan glikogen

Gula otot bisa ada karena hasil dari perubahan yang terjadi antara glukosa sendiri. Fungsi hati salah satunya adalah untuk menyimpan glikogen. Glukosa yang disebabkan karena hormon insulin, jadi hati juga digunakan untuk mengontrol kadar gula darah.

11. Menghindari penggumpalan darah

Fungsi hati lainnya yaitu untuk menghindari adanya penggumpalan darah yaitu dengan dilakukannya proses atau cara untuk mengeluarkan protrombin dan juga fibrinogen.

12. Menghasilkan cairan empedu

Cairan empedu ini dihasilkan dari sel darah merah pada tubuh manusia dan yang sudah diolah di dalam hati manusia. Cairan empedu pada tubuh manusia juga memiliki fungsi tersendiri yaitu untuk megemulsikan lemak yang berada di makanan. Disinilah fungsi hati berperan yaitu untuk menghasilkan cairan empedu.

13. Membantu ginjal memproduksi urin

Fungsi hati adalah salah satunya untuk membantu ginjal memproduksi urin. Hal ini karena sel-sel hati mengubah asam amino dalam makanan sehingga dapat digunakan untuk menghasilkan energi, atau membentuk karbohidrat atau lemak.

Proses ini menghasilkan ammonia. Zat ini akan dilepaskan ke dalam darah yang kemudian idbawa ke ginjal dan dikeluarkan dalam bentuk urin.

5 dari 5 halaman

Cara Merawat hati

Ilustrasi© Pexels.com

 

Menjaga pola makan

Perbanyaklah makanan yang bergizi, buah buahan sayur-sayuran. Kurangi makanan yang banyak mengandung racun seperti makanan yang berminyak atau makanan penyedap lainnya.

Untuk menjaga kesehatan hati sebaiknya konsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, tetap jaga gaya hidup sehat. Hindari makanan yang dapat memperburuk kerja hati, seperti alkohol.

Melakukan pemeriksaan fungsi hati

Untuk mengetahui kondisi hati selain dengan urine, dapat pula dengan melakukan pemeriksaan hati untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Agar dapat mengetahui jenis penyakit yang ada di dalam tubuh, maka dibutuhkan sample darah untuk pemeriksaan.

 

 

(Sumber: Liputan6.com)

Beri Komentar