40 Kata Bijak Jawa Beserta Artinya, Penuh Makna Mendalam Bagi Kehidupan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 5 April 2021 11:37
40 Kata Bijak Jawa Beserta Artinya, Penuh Makna Mendalam Bagi Kehidupan
Di dalam kata bijak Jawa termuat banyak makna positif yang tersirat bagi kehidupan.

Dream - Setiap orang membutuhkan motivasi dalam hidup. Satu di antaranya dari kata bijak dalam bahasa Jawa. Di dalam kata bijak Jawa termuat banyak makna positif yang tersirat. Beragam kata bijak Jawa ini mampu menyuntikkan semangat bagi seseorang, seperti mendapat dorongan baru agar bangkit dari keterpurukan.

Dalam menjalani proses kehidupan juga tak selamanya merasakan kebahagiaan. Selain itu, dalam kata bijak Jawa juga seperti nasihat orang tua pada anaknya agar hidup sebagaimana mestinya, dengan menghargai orang lain dan mengikuti perintah Yang Maha Kuasa.

Bahasa Jawa banyak dituturkan di Indonesia. Bahasa Jawa memiliki karakter yang unik dan halus. Bahasa Jawa mayoritas digunakan penduduk yang mendiami Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Berbagai kata bijak Jawa telah beredar luas di media sosial.

Beberapa orang menggunakan kata bijak Jawa tersebut untuk caption atau cuitan di media sosial. Kata bijak Jawa tidak hanya bisa dijadikan petuah bagi orang Jawa saja. Namun bagi orang pada umumnya sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut kumpulan kata bijak Jawa yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber untuk Sahabat Dream. Yuk scroll ke bawah!

1 dari 4 halaman

Kata Bijak Jawa Tentang Kehidupan

Ilustrasi© unsplash.com

Kata bijak Jawa tentang kehidupan memang penuh makna dan menenagkan pikiran. Saat kamu sedang dirundung berbagai masalah kehidupan, mungkin kata bijak Jawa ini bisa membuka pikiranmu dan memotivasi kamu.

  1. " Dudu sanak, dudu kadang, yen mati melu kelangan."  (Bukan keluarga, bukan saudara, jika sudah meninggal ikut merasa kehilangan.)
  2. " Alam ora bisa dilawan, awu sing semebar iku sejatine berkah gusti kanggo njaga kesuburan bumi Jawa. Mulane ayo pada disyukuri wae."  (Alam tidak akan bisa dilawan, abu yang beterbangan adalah berkah dari Tuhan untuk menjaga kesuburan bumi Jawa. Untuk itu mari kita syukuri saja.)
  3. " Aja dadi kacang kang lali akro uripe."  (Jangan menjadi orang yang lupa atas jasa orang lain.)
  4. " Aja dadi pengecut kaya upil sing umpetan ning ngisor meja."  (Jangan jadi pengecut seperti upil yang ngumpet di bawah meja.)
  5. " Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan."  (Hidup itu banyak cobaan. Kalau banyak saweran itu namanya dangdutan.)
  6. " Kuat lakoni, ora kuat tinggal ngopi."  (Jika kuat dijalani, tidak kuat ditinggal ngopi.)
  7. " Manungsa mung ngunduh wohing pakarti. (Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri)
  8. " Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan."  (Sebaik-baiknya orang adalah yang memberi pertolongan secara sembunyi-sembunyi)
  9. " Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu."  (Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu, yang bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik)
  10. " Sabar iku ingaran mustikaning laku."  (Bertingkah laku dengan mengedepankan kesabaran itu ibaratkan sebuah hal yang sangat indah dalam sebuah kehidupan)
2 dari 4 halaman

Kata Bijak Jawa Penuh Makna

Ilustrasi© unsplash.com

Berikut kata bijak Jawa yang penuh makna buat pegangan hidup sehari-hari:

  1. " Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe."  (Orang yang menang adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri.)
  2. " Sing wis lunga lalekna, sing durung teko entenana, sing wis ana syukurana."  (Yang sudah pergi relakanlah, yang belum datang tunggulah, yang sudah ada syukurilah.)
  3. " Golek sempurnaning urip lahir batin lan kasempurnaning pati."  (Mencari kesempurnaan hidup di dunia dan akhirat.)
  4. " Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah."  (Allah memberikan petunjuk bisa melalui bahagia, bisa melalui derita.)
  5. " Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti."  (Setelah usaha dengan maksimal, kita juga harus pasrah pada Tuhan.)
  6. " Witing tresna jalaran saka kulina. Witing mulya jalaran wani rekasa."  (Cinta itu tumbuh karena ada kebiasaan. Kemakmuran timbul karena berani bersusah dahulu.)
  7. " Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa."  (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa)
  8. " Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu."  (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan)
  9. " Aja mbedakake marang sak sapadha-pada."  (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)
  10. " Ambeg utomo, andhap asor."  (Selalu menjadi yang utama tapi selalu rendah hati)
3 dari 4 halaman

Kata Bijak Jawa Sarat Arti Mendalam

Ilustrasi© freepik.com

Ada banyak kaa bijak Jawa yang sarat dengan arti mendalam. Berikut di antaranya:

  1. " Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan."  (Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mau mengikuti jalan kebenaran.)
  2. " Yen kowe tresna mung amarga rupa, banjur kepiye anggonmu tresna marang gusti kang tanpa rupa?"  (Kalau kamu cinta hanya karena wajah, lalu bagaimana kamu mencintai Tuhan yang tanpa rupa?)
  3. " Gusti paring mergi kangge tiang ingkang purun ting merginipun."  (Tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikuti jalan-Nya.)
  4. " Sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti."  (Segala sifat keras hati, angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh sikap bijak, sabar, dan lembut.)
  5. " Sepira gedhene sengsara yen tinampa among dadi coba."  (Seberapapun masalah yang besar jika diterima dengan dada lapang dan ikhlas maka hanya menjadi cobaan yang ringan.)
  6. " Ampun mbedaaken marang lintune."  (Jangan membeda-bedakan antara sesama manusia.)
  7. " Memayu hayuning pribadi: memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana."  (Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesama manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia.)
  8. " Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan."  (Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya.)
  9. " Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu,sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu."  (Hidup itu terus berjalan,bersamaan dengan waktu,yang bisa membawa tingkah lakumu, biar baik nasibmu.)
  10. " Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning hyang sukmo."  (Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan.)
4 dari 4 halaman

Kata Bijak Jawa Lainnya

Ilustrasi© unsplash.com

  1. " Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu."  (Jika hidup masih dipenuhi dengan nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemulyaan hidup akan semakin sulit ditemukan.)
  2. " Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa."  (Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar tetapi jadilah orang yang bisa dan pintar merasa.)
  3. " Ambeg utomo, andhap asor."  (Jadilah yang utama, namun tetap rendah hati.)
  4. " Alam iki sejatining guru."  (Alam adalah guru yang sejati.)
  5. " Mohon, mangesthi, mangastuti, marem."  (Selalu meminta petunjuk Tuhan untuk meyelaraskan antara ucapan dan perbuatan agar dapat berguna bagi sesama.)
  6. " Sabar sareh mesthi bakal pikoleh."  (Pekerjaan apapun jangan dilakukan dengan tergesa-gesa agar berhasil.)
  7. " Sepi ing pamrih, rame ing gawe"  (Melakukan pekerjaan tanpa pamrih.)
  8. " Gupak pulut ora mangan nangkane."  (Sudah ikut berjuang susah payah, tapi tidak ikut menikmati hasilnya.)
  9. " Jalma angkara mati murka."  (Mendapat kesulitan karena kemarahannya sendiri.)
  10. " Kacang ora ninggal lanjaran."  (Kebiasaan anak selalu meniru dari orang tuanya.)
Beri Komentar