50 Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta, Penuh Makna dan Romantis Abis

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 12 Juli 2021 14:50
50 Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta, Penuh Makna dan Romantis Abis
Mengungkapkan perasaan cinta dengan bahasa Jawa tak kalah romantis dengan menggunakan bahasa Indonesia. Bahkan dengan kata bijak bahasa Jawa, ampuh bikin hati auto deg deg ser..

Dream – Kamu pasti tidak asing lagi bukan dengan lagu-lagu berbahasa Jawa? Di mana lagu-lagu itu banyak mengisahkan tentang percintaan dan dibawakan dengan musik dan suara yang menyentuh hati. Bahkan tidak hanya orang-orang Jawa saja yang mendengarkan lagu itu. Orang-orang dari luar Jawa pun juga terbukti menyukainya dan mereka tak ragu untuk segera mencari arti liriknya di internet.

Alhasil hingga saat ini bahasa Jawa pun semakin populer dan mulai banyak yang menggunakannya untuk mengungkapkan perasaan cinta. Baik yang sedang jatuh cinta, patah hati, atau yang masih menunggu datangnya sang pujaan hati, rasanya cocok sekali jika diungkapkan dengan bahasa Jawa yang bikin hati semakin luluh.

Agar kamu tidak kesulitan untuk merangkai kata-kata bijak bahasa jawa tentang cinta, berikut Dream telah merangkumnya untuk kamu yang disertai juga dengan artinya sebagaimana dihimpun melalui Liputan6.com.

 

 

 

 

 

 

1 dari 5 halaman

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta© Freepik.com

 

“ Seng paling tak wedeni orep neng dunio udu kelangan koe, tapi wedi nek koe kelangan kebahagiaan ne sampean.” (Yang paling kau takutkan dalam dunia ini bukanlah kehilanganmu, tapi aku takut kamu kehilangan kebahagiaanmu.)

 

“ Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luwih apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen.” (Move on itu bukan berusaha melupakan ya, tapi mengikhlaskan dan berusaha mendapatkan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.)

 

“ Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe.” (Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu.)

 

“ Jarene wes ikhlas de’e karo sing liyo, kok iseh ngomong ‘Nek Tuhan ra bakal mbales, karma sing mbales.’ Mbok wes meneng wae luwih apik.” (Katanya sudah ikhlas dia dengan yang lain, kok masih bilang 'Kalau Tuhan nggak anak membalas, karma yang balas.' Udah diam aja lebih baik.)

 

“ Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.” (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.)

 

“ Nek jenenge sayang kuwi kudune ra nuntut pasangane dinggo” dadi wongliyo” mung mergo kekurangane.” (Kalau namanya sayang itu harusnya nggak menuntut pasangannya dipakai “ milik orang lain” hanya karena kekuranngannya.)

 

“ Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu.” (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.)

 

“ Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno.” (Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.)

 

“ Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak.” (Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.)

 

“ Uwong duwe pacar iku kudu sabar ambek pasangane. Opo maneh seng gak duwe. (Orang yang punya pacar itu haruslah sabar dengan pasangan yang dimiikinya. Apa lagi yang nggak punya.)

2 dari 5 halaman

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta© Freepik.com

 

“ Arek lanang kuoso milih, arek wedok kuoso nolak.” (Anak laki laki bebas memilih, anak perempuan bebas menolak.)

 

“ Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyiptaaken manungsa” (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia.)

 

“ Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui.” (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatuh cinta pada orang yang sama.)

“ Jeroning ati kangenku setengah mati” (Didalam hati aku sangat rindu sampai setengah mati.)

 

“ Ati iki nelongso ditinggal marang sliramu.” (Hati ini tersiksa ditinggal kamu pergi.)

 

“ Ben akhire ora kecewa, dewe kudu ngerti kapan wektune berharap lan kapan wektune kudu mandeg.” (Agar akhirnya tidak kecewa, kita harus mengerti kapan waktunya berharap dan kapan waktunya harus berhenti.)

 

“ Akeh cara dienggo bahagia, salah sijine ngeculke uwong sing nyia-nyiake kowe.” (Banyak cara untuk bahagia, salah satunya melepaskan orang yang menyia-nyiakan kamu.)

 

“ Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro” (Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka.)

 

“ Akeh manungsa ngrasakake tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresno.” (Banyak orang merakan cinta, tapi lupa dan tidak kenal apa itu hakikat cinta.)

“ Ra kepetuk sak wetoro rasane pengen weruh sliramu,” (Tidak bertemu sebentar saja ingin melihat kamu.)

3 dari 5 halaman

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta© Freepik.com

 

“ Janji tresnomu gede, Nyatane saiki mbok tinggalne.” (Janji cintamu besar, kenyataannya sekarang kamu tinggalkan.)

 

“ Kowe wis tak wanti wanti ojo nganti ninggal janji, ojo nganti medot taline asmoro, welasno aku sing nunggu awakmu nganti awak ku tinggal balung karo kulit” (Kamu sudah aku ingatkan jangan melupakan janji, jangan sampai memutuskan ikatan cinta ini, ingatlah diriku yang menunggu dirimu sampai badanku hanya tersisa tulang dan kulit.)

 

“ Iso nembang gak iso nyuling, iso nyawang gak iso nyanding” (Bisa bersyair tidak bisa bermain seruling, bisa melihat tidak bisa mendampingi.)

 

“ Nek pancen tresno kui kudu dijogo, ora malah keno godo karo wong liyo.” (Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.)

 

“ Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono.” (Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.)

 

“ Kowe lungo nggowo kenangan, kowe teko maneh nggowo undangan” (Kamu pergi membawa kenangan, kamu dating lagi membawa sebuah undangan.)

 

“ Gusti yen arek iku jodohku tulung dicidakaken, yen mboten joduhku tulung dijodohaken” (Tuhan jika dia adalah jodohku tolong didekatkan, dan jika bukan tolong dijodohkan.)

“ Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur.” (Cintaku padamu seperti kamera, fokus pada dirimu, yang lain ngeblur.)

“ Aku tanpamu bagaikan sego kucing ilang karete. Ambyar.” (Aku tanpamu bagai nasi kucing hilang karetnya, hancur.)

 

“ Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ngati-ati le nggowo.” (Cinta terkadang seperti keripik singkong, bisa hancur jika tidak hati-hati dibawa.)

4 dari 5 halaman

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta© Freepik.com

 

“ Akeh manungsa ngerasaaken tresna, tapi lali lan ora kenal opo iku hakikate tresna” (Banyak manusia merasakan cinta, namun mereka lupa dan tidak mengenal hakikat cinta sebernarnya.)

 

“ Tresno iku ora patokan karo ganteng, ayune rupamu, akehe bondomu, lan opo penggaweanmu” (Cinta itu tidak berpatokan pada ketampanan, cantiknya parasmu, banyaknya hartamu, dan pekerjaanmu.)

 

“ Pengenku, Aku iso muter wektu. Supoyo aku iso nemokne kowe lewih gasik. Ben Lewih dowo wektuku kanggo urip bareng sliramu.” (Aku berharap, aku bisa memutar waktu kembali. Di mana aku bisa lebih awal menemukan dan mencintaimu lebih lama.)

 

“ Cinta dudu perkoro sepiro kerepe kowe ngucapke, tapi sepiro akehe seng mbok buktike” (Cinta bukan perkara seberapa sering kamu mengucapkannya, tapi seberapa banyak kamu membuktikannya.)

 

“ Angger aku nyawang sliramu, rasane kabeh macem roso bungah ning alam dunyo mandeg ono ing ngarep netraku” (Ketika aku melihatmu, aku melihat semuanya ujung kebahagiaan dunia ini telah berhenti sekejap di mataku.)

“ Tresna kanggo manungsa mung amerga katresnane marang Gusti Allah sing Nyiptaaken manungsa.” (Cinta kepada seorang manusia hanya dikarenan kecintaan kepada Allah Tuhan Semesta Alam yang telah menciptakan manusia.)

 

“ Nek koe tenanan tresno, Ojo koe nggawe eluh banyu motone, Ojo nyakiti atine, Ojo nggawe atine loro.” (Jika kamu benar-benar cinta padanya, Jangan hiasi matanya dengan air mata, telinganya dengan dusta, hatinya dengan luka.)

“ Mbangun kromo ingkang satuhu, boten cekap bilih ngagem sepisan roso katresnan. Hananging butuh pirang pirang katresnan lumeber ning pasangan uripmu siji kui,” (Pernikahan yang sukses tidak membutuhkan sekali jatuh cinta, tetapi berkali kali jatih cinta pada orang yang sama.)

 

“ Aku ora pernah ngerti opo kui tresno, kajaba sak bare ketemu karo sliramu.” (Aku tidak pernah tau cinta itu apa, kecuali setelah bertemu denganmu.)

 

“ Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati.” (Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati.)

5 dari 5 halaman

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta

 

Kata Bijak Bahasa Jawa Tentang Cinta© Freepik.com

 

“ Mantan karo gebetan iku bedo tipis, podo-podo susah move on.” (Mantan dan gebetan itu berdeda tipis, sama-sama susah move on.)

 

“ Tresno iku kadang koyo criping telo. Iso ajur nek ora ati-ati le nggowo.” (Cinta itu seperti kripik singkong. Bisa hancur kalau tidak hati-hati dibawa.)

 

“ Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur.” (Cintaku padamu seperti kamera, fokus di kamu saja, yang lain blur.)

 

“ Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian,mantan wes neng penghulu aku iseh kesepian.” (Berakit-rakit kehulu berenang-renang ke tepian, mantan sudah di penghulu aku masih kesepian.)

 

“ Mejikom ae nek lagi ngliwet selalu terhubung karo listrik, mosok koe sing lagi pacaran lost connecting karo de’e.” (Penanak nasi saja kalau lagi masak selalu terhubung dengan listrik, masak kamu yang lagi pacaran lost connecting sama dia.)

 

”Witing tresno jalaran seko sering dijak dolan rono-rono.” (Cinta tumbuh dari sering diajak jalan ke sana kemari.)

 

“ Nek pancen tresno iku kudu dijogo, ora malah keno godo marang wong liyo.” (Kalau memang cinta harus dijaga, bukan malah termakan godaan orang lain.)

 

“ Aku tanpamu bagaikan sego kucing tanpa karete. Ambyar.” (Aku tanpamu bagaikan nasi kucing tanpa karet, hancur.)

 

“ Obat pahit ae marakke mari, mosok koe sing manis marakke loro.” (Obat yang pahit saja bisa bikin sembuh, masak kamu yang manis bikin sakit.)

 

“ Wes kadung ngomong sayang jebule wes nduwe gandengan, wes kadung tak sawang malah ninggal kenangan." (Sudah terlanjur menyatakan sayang, ternyata sudah punya gandengan, sudah terlanjur dipandang malah meninnggalkan kenangan.)

 

Beri Komentar