Al Mujadilah Ayat 11, Pentingnya Berbagi Tempat Saat Menghadiri Majelis

Reporter : Arini Saadah
Senin, 18 Januari 2021 09:20
Al Mujadilah Ayat 11, Pentingnya Berbagi Tempat Saat Menghadiri Majelis
Sebagai hamba Allah, kita tidak dibenarkan jika hanya memikirkan diri sendiri (egois). Berbagi tempat dalam suatu majelis juga termasuk kebaikan yang diperintahkan oleh agama.

Dream - Al Mujadilah ayat 11 ini berisi tentang adab menghadiri majelis dan pentingnya ilmu sebagai pegangan hidup manusia. Surat Al Mujadilah ayat 11 juga menjelaskan jikalau umat Muslim hendak menghadiri majelis ilmu maka sebaiknya setiap orang berlapang-lapang dalam majelis. Maksudnya jangan sampai seorang muslim mengambil tempat duduk yang tidak perlu dan hendaklah mempersilahkan orang lain supaya bisa turut duduk di majelis tersebut.

Al Mujadilah ayat 11 turun dilatarbelakangi oleh adanya majelis Rasulullah Saw di serambi masjid Nabawi pada Hari Jumat. Ketika itu datang sejumlah sahabat ahli badar yang biasanya mendapat tempat khusus oleh Nabi Muhammad Saw. Suatu ketika, saat ahli badar ini datang dan mengucap salam, orang-orang di majelis menjawab salam namun tidak memberi tempat duduk untuknya.

Nah, di saat ahli badar itu datang, tidak ada seorang pun di maejlis tersebut yang memberikan tempat duduk untuknya. Sehingga Rasulullah Saw pun memerintahkan sahabat lainnya untuk bangkit dan memberi tempat duduk bagi ahli badar yang baru datang itu.

Lantas orang-orang munafik yang menyaksikan sikap Rasulullah Saw tersebut menuduh Nabi Saw tidak berlaku adil. Nabi Saw pun menjelaskan bahwa mereka yang berlapang-lapang dalam majelis dan bangkit untuk memberi tempat duduk untuk ahli badar, maka akan mendapat berkah oleh Allah Saw. Kemudian turunlah surat Al Mujadilah Ayat 11 ini. Sahabat Dream, supaya lebih jelas mari ikuti penjelasannya berikut ini:

1 dari 4 halaman

Bacaan Quran Surat Al Mujadilah Ayat 11

Ilustrasi© dream.co.id

Setelah mengetahui asbabun nuzulnya, berikut bacaan quran surat Al mujadilah ayat 11, seperti dikutip dari quran.kemenag.go.id:

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, ‘berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, ‘berdirilah kamu,’ kamu berdirilah. Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan.

2 dari 4 halaman

Kandungan Pokok

Al Mujadilah ayat 11 berisi tentang pentingnya ilmu dalam suatu majelis. Ilmu dalam pandangan Islam merupakan suatu kebutuhan mutlak yang harus didapatkan oleh setiap muslim. Sebab dengan adanya ilmu manusia mampu mengetahui hakekat kebenaran.

Ilustrasi© dream.co.id

Maka dari itu ilmu memiliki kedudukan yang tinggi dalam pandangan islam berdasarkan Al Quran dan Hadis, yaitu wajib bagi orang muslim. Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw bersabda:

“ Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim.”

Sebagai hamba Allah, kita tidak dibenarkan jika hanya memikirkan diri sendiri (egois). Berbagi kebahagiaan dengan orang lain adalah sebuah perintah. Berbagi tempat dalam suatu majelis juga termasuk kebaikan yang diperintahkan oleh agama.

Dalam surat Al Mujadilah ayat 11 di atas, ada dua perintah dari Allah Swt untuk hamba-Nya yaitu pertama, berilah kelapangan saat diperlukan dalam suatu majelis dan yang kedua berdirilah saat keadaan mengharuskan berdiri untuk memberi tempat orang lain.

3 dari 4 halaman

Berlaku Tidak Hanya dalam Majelis

Contoh yang mudah kita lihat dari surat Al Mujadilah ayat 11 ini adalah di saat kita pergi hajatan orang lain. Ketika kita dan tamu yang lain sudah duduk, kemudian datang tamu undangan yang lain. Biasanya prang acuh tak acuh dan tak mau berbagi tempat dengan orang yang terlambat datang.

Menanggapi fenomena inilah surat Al Mujadilah ayat 11 ini turun supaya kita semakin bisa menguatkan hubungan sosial. Kerelaan berbagi tempat dalam suatu majelis, maka orang tersebut menjadi orang paling mulia dalam majelis itu.

Selain itu, berbagi tempat ini sebenarnya tidak hanya berlaku dalam suatu majelis, namun juga berlaku dalam transportasi umum atau tempat publik lainnya. Jika kita melihat orang yang sudah lanjut usia, anak-anak, dan ibu hamil, maka sebaiknya kita memberikan prioritas tempat duduk untuk mereka.  

4 dari 4 halaman

Keutamaan Orang Berilmu

Orang yang memiliki ilmu akan mendapatkan keutamaan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Dimuliakan dan diangkat derajatnya oleh Allah sesuai surat Al Mujadilah ayat 11.
  • Ilmu dapat sebagai sarana untuk mendekatkan diri dan takut kepada Allah Swt. Hal ini juga tertulis dalam surat Al Fatir ayat 28 yang artinya: Dan demikian (pula) di antara manusia, makhluk bergerak yang bernyawa dan hewan-hewan ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama. Sungguh Allah Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.”
  • Keutamaan selanjutnya adalah mendapat pahala sama dengan jihad fi sabilillah.
  • Dimudahkan bagi para penuntut ilmu menuju jalan ke surga.
  • Orang yang berilmu dan penunut ilmu kedudukannya lebih mulia dari ahli ibadah. “ Orang-orang yang beribadah dengan dasar ilmu yang benar, lebih dimuliakan oleh Allah daripada ahli ibadah tanpa ilmu. (HR. Muslim)
  • Mendapat permohonan ampun oleh penduduk langit dan bumi.

 

(Sumber: Bincang Syariah, berbagai sumber)

Beri Komentar