Bolehkah Pajang Foto Bernyawa di Dalam Rumah?

Reporter : Sandy Mahaputra
Selasa, 22 Desember 2015 15:29
Bolehkah Pajang Foto Bernyawa di Dalam Rumah?
Dalam berbagai hadist, telah dijelaskan bahwa memajang foto makhluk yang bernyawa itu...

Dream - Kecanggihan tenologi saat ini memungkinkan siapa saja untuk mengambil foto. Hasil jepretan ini bisa menjadi dokumentasi untuk mengabadikan sebuah momen atau kejadian.

Kebanyakan dari mereka kemudian mencetak dan memajang foto tersebut di rumahnya. Selain untuk mengabadikan momen, meletakkan foto di dalam rumah juga berfungsi untuk menghias ruangan agar terlihat lebih indah.

Tidak jarang di antara mereka yang menambah bingkai agar mempercantik tampilan foto untuk dipajang.

Namun, bagaimanakah pandangan Islam mengenai hukum memajang foto manusia atau makhluk bernyawa lainnya di dalam rumah? Diperbolehkankah atau justru dilarang?

Dalam berbagai hadist, telah dijelaskan bahwa memajang foto makhluk yang bernyawa itu adalah dilarang. Tidak main-main, ternyata tindakan ini berdampak bahwa malaikat tidak akan mau masuk kerumah.

Hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu dia berkata, " Rasulullah SAW melarang adanya gambar di dalam rumah dan beliau melarang untuk membuat gambar." (HR. Tirmizi no. 1749 dan beliau berkata bahwa hadits ini hasan shahih)

Dalam hadits muttafaqun ‘alaih disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda. Selengkapnya klik di sini. (Ism) 

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Baca Juga: 5 Ibadah Ini Membuat Muslimah Semakin Cantik 6 Hal Ini Dilarang Ketika Berhubungan Amalan Agar Didoakan 70 Ribu Malaikat Ternyata Ketika Tidur Roh Kamu Pergi ke Tempat Ini Benarkah Wanita Dilarang Potong Kuku dan Rambut Saat Haid? Kisah Jenazah Pelacur dan Pemandi Mayat

Beri Komentar