Bukan Cuma Pengemis yang Wajib Disedekahi

Reporter : Ayik
Rabu, 29 Juli 2015 12:15
Bukan Cuma Pengemis yang Wajib Disedekahi
Dalam islam, bersedekah merupakan suatu kewajiban, setidaknya 2,5% dari rezeki yang diterima wajib dikeluarkan.

Dream - Kebiasaan berbagi dengan sesama penting ditanamkan sejak dini. Anak harus mengerti jika rezeki yang telah didapat mengandung hak atas orang lain. Dalam islam, bersedekah merupakan suatu kewajiban, setidaknya 2,5 persen dari rezeki yang diterima wajib dikeluarkan.

Saat bulan ramadan tiba, seringkali kita melihat peningkatan jumlah para pengemis baik di pinggir jalan. Tempat ibadah hingga permintaan kotak sumbangan mengatasnamakan sebuah yayasan panti asuhan bertebaran dimana-mana.

Padahal kenyataannya bersedakah tidaklah melulu diberikan pada pengemis. Rasulullah menganjurkan agar kita bersedekah pada kerabat terdekat yang mengalami kesusahan dan membutuhkan pertolongan segera.

Dalam sebuah hadits, Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu mengatakan: “ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Satu dinar yang kamu nafkahkan di jalan Allah, satu dinar yang kamu nafkahkan di dalam memerdekakan budak, satu dinar yang kamu sedekahkan kepada seorang miskin dan satu."

Ingin tahu penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkapnya Baca di sini 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar