Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Artinya, Wajib Diingat!

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Senin, 29 November 2021 12:01
Kumpulan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Artinya, Wajib Diingat!
Doa-doa keselamatan inilah yang bisa dibaca oleh umat Islam.

Dream – Setiap umat Islam tentunya menginginkan mendapatkan keselamatan baik selama hidup di dunia maupun kelaku menghadapi hari penentian di akhirat. Kehidupan dan kesenangan yang dijalani selama di dunia akan menjadi percuma manakala seseorang mendapat balasan berupa siksaan lekaku.

Mereka yang mengimani kehidupan setelah kematian menyadari jika siksa di akhirat lebih pedih dibandingkan di dunia. Semua akan dialami ketika seseorang tidak membawa perbekalan berupa amal kebaikan, dan lebih banyak keburukan yang dilakukan selama hiduo. 

Dengan kesadaran dan keimanannya, setiap umat Islam senantiasa berupaya menghindari berbagai macam bahaya di dunia dan terutama siksa akhirat. Anjuran untuk selalu membaca doa selamat dunia dan akhirat menjadi sebuah kewajiban yang dilakukan penuh kesadaran. Bahkan keutamaan dari membaca doa selamat dunia dan akhirat sangatlah banyak.

Sahabat Dream juga bisa terhindar dari tipu daya orang-orang kafir, diselamatkan dari orang-orang yang zalim, dihindarkan dari bencana, dijauhkan dari siksa neraka, dan sebagainya.

Nah, berikut adalah beberapa doa selamat yang salah satunya adalah doa selamat dunia dan akhirat yang sudah Dream rangkum melalui Merdeka.com untuk kamu.

1 dari 3 halaman

Doa-doa Keselamatan

Doa-doa Keselamatan© Freepik.com

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Demi mendapatkan keselamatan di dunia dan juga di akhirat, maka sahabat Dream jangan lupa untuk selalu membaca doa selamat dunia dan akhirat ini. Biasanya do aini dibaca setelah selesai melaksanakan sholat. Berikut adalah doa selamat dunia dan akhirat beserta artinya:

اَللّٰهُمَّاِنَّانَسْئَلُكَسَلَامَةًفِىالدِّيْنِ،وَعَافِيَةًفِىالْجَسَدِوَزِيَادَةًفِىالْعِلْمِوَبَرَكَةًفِىالرِّزْقِوَتَوْبَةَقَبْلَالْمَوْتِوَرَحْمَةًعِنْدَالْمَوْتِوَمَغْفِرَةًبَعْدَالْمَوْتِ،اَللّٰهُمَّهَوِّنْعَلَيْنَافِيْسَكَرَاتِالْمَوْتِ،وَنَجَاةًمِنَالنَّارِوَالْعَفْوَعِنْدَالْحِسَابِ

 Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

Doa Pendek Memohon Keselamatan

Selain itu ada juga doa selamat yang pendek dan tentunya lebih mudah untuk sahabat Dream hafalkan. Berikut adalah doa pendek memohon keselamatan beserta artinya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا

ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: “ Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

2 dari 3 halaman

Doa-doa Keselamatan

Doa Selamat yang Dibaca oleh Nabi Luth AS

Dalam Al-Quran, Allah SWT pun menjelaskan tentang kisah-kisah para Nabi yang salah satunya adalah kisah Nabi Luth AS. Saat itu Nabi Luth AS pernah berdoa kepada Allah SWT agar dihindarkan dari orang-orang zalim. Doa tersebut ada dalam surat as-Syu’ara ayat 169 yang bunyiny sebagai berikut:

رَبِّنَجِّنِيوَأَهْلِيمِمَّايَعْمَلُونَ

 Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun.

Artinya: “ Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.” (QS. As-Syu’ara)

Doa Selamat dari Tipu Daya Orang Kafir

Selain kisah Nabi Luth AS, Allah SWT juga mengisahkan tentang Nabi Musa AS dalam Al-Quran. Di masa kerasulan Nabi Musa AS, saat itulah Firaun berkuasa. Saking berkuasanya Firaun, saat itu sampai-sampai membuat para pengikut Nabi Musa AS menjadi ketakutan untuk mengakui bahwa mereka mengikuti ajaran Nabi Musa AS.

Agar bisa menghilangkan ketakutan tersebut, Nabi Musa AS pun memanjatkan doa selamat dari tipu daya orang kafir yang terdapat dalam surat Yunus ayat 85 -86 yang bunyinya sebagai berikut:

رَبَّنَالَاتَجْعَلْنَافِتْنَةًلِّلْقَوْمِالظَّالِمِينَوَنَجِّنَابِرَحْمَتِكَمِنَالْقَوْمِالْكَافِرِينَ

Rabbana la taj'alna fitnatan lil qaumidz dzalimina wanajjina birahmatika minal qaumil kafirin.

Artinya: “ Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai sasaran penganiayaan oleh kaum yang berlaku dzalim. Wahai Tuhan, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari siksaan kaum yang kafir.” (QS. Yunus: 85-86)

 

3 dari 3 halaman

Doa Selamat dari Orang Zalim

Berikut adalah doa selamat dari orang-orang zalim beserta artinya:

رَبِّ نَجِّنِىۡ مِنَ الۡقَوۡمِ الظّٰلِمِيۡنَ

Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin.

Artinya: “ Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu.”

Doa Selamat dari Kedengkian

Berikut adalah doa selamat dari kedengkian yang terdapat dalam surat Al-Hasyr ayat 10 lengkap dengan artinya:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Robbanaghfirlana wa li ikhwaaninalladzina sabaquuna bil iiman, walaa taj’al fii quluubina ghillal lilladzina aamanu, robbanaa innaka rauufurrahiim.

Artinya: “ Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara kamu yang telah mendahului kami dengan keadaan beriman, Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr: 10)

Doa Selamat dari Segala Marabahaya

Untuk doa selamat dari segala marabahaya ini, sahabat Dream bisa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas sebanyak tiga kali saat pagi dan sore hari. Dengan membaca ketiga surat pendek tersebut, maka sahabat Dream insyaallah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT agar dihindarkan dari segala macam marabahaya yang akan terjadi.

Beri Komentar