Hukum Ngobrol Saat Khotbah Jumat

Reporter : Ayik
Kamis, 30 April 2015 11:03
Hukum Ngobrol Saat Khotbah Jumat
Bahkan untuk mengingatkan teman yang berbicara pun cukup dengan isyarat saja. Karena kalau kita mengingatkan dengan bicara, maka sama saja.

Dream - Diam saat khutbah berlangsung adalah hal wajib dan memang hal ini sudah jelas. Apalagi ketika kita sedang beribadah. Tidak sopan kalau sedang beribadah dan mendengar khutbah, lalu kita malah bicara dengan orang lain.

Bahkan untuk mengingatkan teman yang berbicara pun cukup dengan isyarat saja. Karena kalau kita mengingatkan dengan bicara, maka sama saja.

Hal ini diungkapkan oleh Imam Nawawi rahimahullah, bahwa cukup dengan diam dan memberi isyarat saja, orang lain pasti sudah paham kalau ingin beramar ma’ruf. Kalau orang yang diperingatkan masih belum mengerti juga, peringatkan dengan sedikit kata-kata dan tidak boleh berlebihan.

1. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dari Abu Hurairah radhiyallahu ,‘anhu bahwa yang sudah berwudhu dan setelahnya shalat Jum’at, kemudian mendengarkan sesi khutbah dengan baik, tenang, dan diam, dosa akan diampuni dari Jum’at sebelumnya sampai Jum’at hari itu ditambah tiga hari.

2. Ada lagi sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam dari Salman Al Farisi, ampunan akan diberikan kepada mereka yang sudah mandi, bersuci, memakai wangi-wangian, dan mengerjakan kewajiban shalat, lalu diam saat imam berkhutbah antara Jum’at satu dan Jum’at lainnya.

Penasaran dengan penjelasannya lebih lanjut? Yuk selengkpanya Baca di sini . (Ism)

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini! 

Baca Juga: Keistimewaan Salat 5 Waktu Bagi Tubuh Hukuman Tak Menjalankan Salat Rajin Salat Tahajud, Obati Penyakit Kanker Kumandang Azan Shubuh, Mengapa Berbeda? Tinggalkan Karir Demi Raih `Pintu Surga`

Beri Komentar