Rahasia di Balik Adab Menebar Salam dalam Islam

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 29 Juni 2016 11:15
Rahasia di Balik Adab Menebar Salam dalam Islam
Menebarkan salam itu tidaklah terbatas hanya kepada muslim yang dikenal saja

Dream - Salam adalah ucapan penghormatan dalam Islam. Di dalamnya berisi doa keselamatan antara sesama Muslimin dan Muslimah, ketika berjumpa atau berpisah, ketika memulai pembicaraan atau mengakhirinya.

Setiap muslim dianjurkan menebarkan salam. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

“ Hai manusia! Tebarkanlah salam.” (HR. Tirmdzi)

Menebarkan salam itu tidaklah terbatas hanya kepada muslim yang dikenal saja. Sebab mendapatkan salam itu adalah hak setiap orang Islam, baik yang dikenal maupun tidak. Sebagaimana diterangkan Rasulullah SAW dalam sabdanya,

“ Seorang laki-laki bertanya kepadda Nabi SAW, 'Bagaimana Islam yang baik?' Beliau menjawab, 'Kau beri makan (orang yang lapar). Kau ucapkan salam terhadap orang yang kau kenal dan orang yang tidak kau kenal'." (HR. Bukhari).

Selanjutnya setiap orang Islam yang telah menerima ucapan salam dari saudaranya berkewajiban pula untuk menjawabnya. Sebagaimana firman Allah SWT:

“ Jika kamu dihormati dengan suatu penghormatan, balaslah kehormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah kehormatan itu dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah itu menghitung segala sesuatu.” (QS An Nisa’ ayat 86)

Dalam ayat di atas diungkapkan dengan kata 'Huyyitum' (kamu dihormati), 'Bitahiyyatin' (dengan sesuatu kehormatan).

Selengkapnya, baca pada tautan ini

Beri Komentar
Adu Akting dengan Betari Ayu, Alvin Faiz Ceritakan Respon Sang Istri