Peran Temuan Ilmuwan Muslim Bagi Kelangsungan Hidup

Reporter : Ayik
Rabu, 11 Maret 2015 13:16
Peran Temuan Ilmuwan Muslim Bagi Kelangsungan Hidup
Tidak banyak orang yang mengetahui ternyata operasi bedah pertama kali ditemukan oleh ilmuwan muslim yang bernama Al-Zahrawi sekitar tahun 1000.

Dream - Perkembangan di era modern ini tidak lepas dari peran orang-orang terdahulu yang telah menemukan beberapa inovasi, demi mempermudah segala kegiatan yang berkaitan dengan kehidupan manusia. Sederet ilmuwan muslim telah memberikan kontribusi yang luar biasa, berikut temuannya:

1. Operasi Bedah
Operasi bedah pada saat ini sudah modern dan resiko kematian pasin pun sangat kecil. Hal ini bisa terjadi karena berkat jasa ilmuwan yang telah meneliti bidang ini selama bertahun-tahun.

Namun, tidak banyak orang yang mengetahui ternyata operasi bedah pertama kali ditemukan oleh ilmuwan muslim yang bernama Al-Zahrawi sekitar tahun 1000.

2. Kopi
Kopi pertama kali dibuat di Yaman sekitar abad ke-9 yang kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajar. Kebetulan minuman itu sangat digemari oleh seluruh kerajaan.

3. Mesin terbang
Ditemukan oleh ilmuwan islam yang bernama Abbas bis Firnas sejak abad ke-9. Saat itu dia lah orang yang pertama kali mendesain sebuah perangkat sayap secara khusus layaknya sayap burung.

4. Aljabar
Kata aljabar ini sendiri berasala dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9 yaitu Kitab al-Jabr Wal-Mugabala, yang diterjemahkan ke dalam buku The Book of Reasoning and Balancing.

5. Optik
ekitar tahun 1000, Ibn al-Haitham berhasil membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata.

6. Musik
Lagi-lagi kali ini sejarah perkembangan musik sangat dipengaruhi oleh dunia muslim, bahkan instrumen yang hadir di eropa berasal dari timur tengah. Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

7. Sikat Gigi
Pada tahun 600 Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi dari ranting pohon miswak sebagai alat untuk membersihkan gigi.

8. Engkol
Engkol bisa mengkonversi gerakan memutar untuk mengangkat obyek berat sehingga lebih mudah terangkat. Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini.

Yuk selengkapnya Baca di sini. (Ism)

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublish
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Ayo berbagi traffic di sini!

Beri Komentar