Pura-pura Sholat Dhuha Padahal Subuh, Hukumnya?

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 6 Maret 2019 06:00
Pura-pura Sholat Dhuha Padahal Subuh, Hukumnya?
Karena malu dilihat orang, akhirnya mengaku sholat Dhuha.

Dream - Bangun kesiangan mungkin pernah kita alami. Bisa karena tidur terlalu malam atau badan kelelahan akibat beraktivitas.

Dampaknya, kita melewatkan sholat Subuh lantaran masih lelap dalam tidur. Kita baru melaksanakan sholat ketika matahari sudah terlihat.

Mungkin ada sebagian dari kita mengaku sedang melaksanakan sholat Dhuha ketika bertemu orang lain. Ini semata agar orang tersebut tidak tahu kita sedang sholat Subuh.

Lantas, bagaimana hukumnya praktik ini?

Dikutip dari Islami.co, mungkin ada sebagian dari kita melaksanakan sholat Subuh dengan doa qunut. Karena terlambat bangun, sholat Subuh dilaksanakan dengan tanpa qunut agar orang mengira sedang sholat Dhuha.

 

1 dari 1 halaman

Ini Hukumnya

Meninggalkan qunut tidaklah mengapa. Sebab, qunut dalam sholat Subuh adalah sunah ab'ad, artinya diganti dengan sujud sahwi jika ditinggalkan.

Tetapi, nilai sholat Subuhnya menjadi tidak benar. Ini karena dia telah berbohong kepada orang lain dengan mengaku sedang sholat Dhuha padahal mengerjakan Subuh.

Niat sholat semacam ini bisa menjadi buruk. Karena tidak murni untuk Allah melainkan kepada sesama makhluk sehingga berpotensi menimbulkan syirik sughra (kecil).

Namun demikian, jika diniatkan untuk kebaikan seperti menghindar dari gunjingan orang lain, maka sholatnya bernilai baik.

Dalam hadis riwayat Abu Daud, Rasulullah Muhammad SAW bersabda,

" Ketika salah satu dari kalian berhadats saat salat, maka peganglah hidung kalian, lalu pergilah."

Imam Khoththoby dalam kitabnya Aunulma'bud Syarhu Sunan Abu Daud menjelaskan perintah Rasulullah untuk memegang hidung pada hadis di atas bertujuan supaya jemaah lain menyangka sedang mimisan. Sehingga, aib yang ada pada orang yang berhadats ketika sholat tidak menjadi bahan ghibah.

Demikian halnya dengan pura-pura sholat Dhuha padahal melaksanakan Subuh. Hal ini diqiyaskan dengan hadis tersebut.

Sumber: Islami.co

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi