Remehkan Sabda Rasul, Pria Ini Tak Bisa Gerakkan Tangan

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 25 Maret 2016 13:27
Remehkan Sabda Rasul, Pria Ini Tak Bisa Gerakkan Tangan
Adab makan dengan tangan kanan ini ternyata tak boleh disepelekan. Pasalnya banyak ditegaskan dalam berbagai hadis dan riwayat.

Dream - Seperti yang tercantum dalam berbagai hadis, Rasulullah SAW telah mencontohkan beragam tindakan sesuai dengan tata cara terbaiknya berdasarkan perintah Allah SWT.

Termasuk mengatur soal adab makan. Dalam aturan Islam, ada beberapa tata cara yang mesti diikuti dalam hal makan. Salah satu yang terpenting adalah adab makan menggunakan tangan kanan.

Dalam sebuah hadis yang muttafaqun alaih,

" Wahai anak, sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah yang ada di hadapanmu." (HR. Bukhari no. 5376, Bab Membaca Basmalah ketika Makan dan Makan dengan Tangan Kanan; Muslim no. 2022, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

Sementara dalam hadis sahih Muslim disebutkan sebuah riwayat,

" Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya pula." (HR. Muslim no. 2020, Bab Adab Makan-Minum dan Hukumnya)

Adab makan dengan tangan kanan ini ternyata tak boleh disepelekan. Pasalnya banyak ditegaskan dalam berbagai hadis dan riwayat.

Bahkan dalam sebuah hadis lain dikisahkan, ada seorang laki-laki yang meremehkan sabda Rasul dan menolak untuk makan dengan menggunakan tangan kanannya. Lantas, laki-laki itu terkena 'azab', yakni ia tak dapat lagi mengangkat tangannya.

Berikut hadisnya, " Ada seorang laki-laki makan di samping Rasulullah SAW dengan tangan kirinya. Lalu Rasulullah bersabda, 'Makanlah dengan tangan kananmu!' Dia malah menjawab, 'Aku tidak bisa.' Beliau bersabda, 'Benarkah kamu tidak bisa?' (Dia menolaknya karena sombong) Setelah itu tangannya tidak bisa sampai ke mulutnya." (HR. Muslim no. 2021)

Selengkapnya baca di sini.   (Ism) 

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak