Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah, Niat, Jumlah Rakaat dan Bacaan Suratnya

Reporter : Sugiono
Selasa, 4 Mei 2021 09:05
Tata Cara Sholat Tarawih di Rumah, Niat, Jumlah Rakaat dan Bacaan Suratnya
Tips mudah tunaikan sholat tarawih di rumah selama Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Cukup dengan Al-Fatihah dan surat pendek.

Dream - Ramadhan adalah bulan di mana amalan dilipatgandakan dan dosa-dosa diampuni. Karena itu, bagi mereka yang ingin mendapat ampunan dan pahala dari Allah SWT, ambillah kesempatan di bulan Ramadhan ini. Allah SWT akan membuka pintu rahmat dan menutup pintu neraka.

Salah satu kebiasaan umum di masyarakat selama bulan Ramadhan adalah menjalankan sholat tarawih berjamaah, baik di masjid atau di surau.

Sholat tarawih termasuk sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari di bulan Ramadhan. Sholat tarawih dimulai setelah sholat Isyak dan berakhir pada waktu Subuh.

Bagi mereka yang mendirikan sholat tarawih, maka ganjaran yang cukup besar disediakan Allah SWT. Hal ini seperti yang diriwayatkan dalam sebuah hadis.

" Rasulullah SAW bersabda, 'Siapa saja yang berdiri (sholat) pada malam Ramadhan karena iman dan mengharapkan ganjaran (dari Allah SWT), maka diampunkan dosa-dosanya yang telah lalu'." (HR. Muslim 759)

Namun sayang, Ramadhan di tahun ini akan berbeda sama sekali dengan sebelumnya. Tahun ini, kita tidak diperbolehkan pergi ke masjid seperti biasa karena kondisinya yang tidak mengizinkan akibat merebaknya wabah virus corona.

Pemerintah dan ulama pun menganjurkan umat Islam untuk menjalankan sholat tarawih di rumah bersama keluarga masing-masing pada tahun ini.

Yang menjadi persoalan adalah bagaimana melakukan sholat tarawih di rumah? Apakah hukum meninggalkan bacaan zikir setelah dua rakaat atau empat rakaat saat sholat tarawih di rumah jika kita tidak mengetahuinya?

Untuk menjawabnya, seorang ustaz Malaysia Dr. Nur Mohammad Hadi Zahalan atau yang lebih dikenal Hadi Almaghribi mencoba untuk menjelaskannya.

Ustaz Hadi akan memberikan tips mudah tentang cara menunaikan sholat tarawih di rumah bersama keluarga di tengah pandemi virus corona.

1 dari 10 halaman

Hukum Sholat Tarawih

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Shutterstock.com)

Pertama kita perlu mengetahui hukum menunaikan sholat tarawih di bulan Ramadhan.

Dalam Islam, sholat tarawih hukumnya sunnah mu'akad. Artinya sholat tarawih adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan.

Karenanya, meski tidak dilakukan di masjid, sholat tarawih di rumah bersama keluarga memiliki nilai pahala yang sama besarnya.

2 dari 10 halaman

Sholat Tarawih Berjamaah atau Sendirian?

Menurut Ustaz Hadi, sholat tarawih boleh dilakukan secara berjamaah atau sendirian. Sholat tarawih berjamaah memang lebih afdal atau utama.

Namun jika menghadapi kesulitan untuk menunaikan sholat tarawih secara berjamaah seperti di masa pandemi virus corona seperti sekarang, maka diperbolehkan untuk menjalankannya secara sendirian.

Maka, tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak menunaikan sholat tarawih di rumah meskipun dia tinggal sendirian.

3 dari 10 halaman

Sholat Tarawih 8 atau 20 Rakaat?

Sholat tarawih boleh dilaksanakan dalam jumlah 8 atau 20 rakaat diikuti dengan sholat sunnah witir sebanyak 3 rakaat. Jika dijumlahkan dengan rakaat sholat witir, maka mereka yang sholat tarawih 8 jumlahnya menjadi 11 rakaat. Sementara yang sholat tarawih 20 rakaat, jumlah totalnya menjadi 23 rakaat.

Secara umum, komunitas Muslim di Malaysia dan Indonesia menunaikan sholat tarawih sebanyak 20 rakaat. Tetapi ada sebagian yang hanya menjalankan 8 rakaat. Semuanya berpulang kepada masing-masing untuk menunaikan ibadah ini sesuai dengan kemampuan dan keikhlasannya kepada Allah SWT.

4 dari 10 halaman

Sholat Tarawih Dua Rakaat, Dua Rakaat

Ustaz Hadi mengatakan sholat tarawih dilaksanakan dengan melakukan dua rakaat dua rakaat sehingga berjumlah 8 atau 20 rakaat.

Cara menunaikan sholat tarawih seperti ini tertuang dalam hadis nabi. Rasulullah bersabda: Sholat malam itu dua rakaat, dua rakaat. (HR Bukhari 936)

5 dari 10 halaman

Niat Sholat Tarawih

 

Berikut bacaan niat sholat tarawih yang harus diketahui umat Islam sebelum menjalankan amalan sunnah tersebut:

Bacaan Sholat Tarawih Imam

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan imaman lillahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT" .

 

Bacaan Sholat Tarawih Makmum

Ushalli sunnatat Tarawihi rakatayni mustaqbilal qiblati adaan mamuman lilahi ta’ala

Artinya: " Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT" .

6 dari 10 halaman

Bacaan Mudah Sholat Tarawih di Rumah

Dalam setiap rakaat wajib membaca Surah Al-Fatihah. Tanpa membaca Surah Al-Fatihah, sholat dianggap tidak sah karena ini adalah salah satu rukun sholat.

Setelah membaca Surah Al-Fatihah, kita dapat membaca hafalan surat pendek atau panjang yang kita anggap mudah untuk dibaca.

7 dari 10 halaman

Boleh Berzikir atau Berdoa

Setiap selesai menunaikan sholat tarawih dua rakaat pertama, kita boleh berzikir bagi yang mampu.

Tapi bagi mereka yang tidak mampu karena tidak hafal atau tidak tahu bacaannya, boleh berdoa dengan bacaan doa yang dihafalnya.

Bacaan zikir ini bukanlah sebuah hal yang wajib dilakukan dan tidak memberi pengaruh terhadap sholat tarawih yang kita kerjakan.

8 dari 10 halaman

Menunaikan Sholat Witir

Setelah selesai menjalankan sholat tarawih, kita bisa meneruskan dengan menunaikan sholat witir tiga rakaat. Namun sholat witir ini juga bisa dilaksanakan pada 2/3 malam nantinya.

Dengan penjelasan di atas seharusnya tidak ada lagi alasan bagi kita untuk tidak menunaikan sholat tarawih di rumah bersama keluarga di bulan Ramadhan selama pandemi virus corona.

Sumber: mStar.com.my

9 dari 10 halaman

Keutamaan Sholat Tarawih

Ilustrasi Berdoa© Ilustrasi Berdoa (Foto: Shutterstock.com)

Berikut beberapa keutamaan sholat tarawih yang dapat diperoleh:

Dosa-dosa Diampuni

Keutamaan sholat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits sahih berikut ini,

" Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR. Bukhari Muslim).

Untuk itu, bagi mereka yang berlomba-lomba mengerjakan sholat tarawih selama bulan Ramadan disebut akan terlahir kembali dengan jiwa yang bersih. Selain itu, sholat tarawih juga dapat mendekatkan jiwa kepada Allah SWT sehingga umat Islam pun senantiasa akan jauh dari segala larangan-Nya.

Setara dengan Qiyamul Lail

Selain itu, keutamaan sholat tarawih yakni umat Islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik di masjid atau pun rumah sendiri. Sementara itu, sholat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

" Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk." (HR. Tirmidzi).

 

10 dari 10 halaman

Menguatkan Tali Silaturahmi

Keutamaan sholat tarawih yang berikutnya adalah mampu memperkuat tali silaturahmi antara umat Islam. Saat dilakukan berjamaah di masjid, maka muslim pun dapat bertemu dan bercakap-cakap sehingga tali persaudaraan akan semakin terjalin. Saat ditunaikan berjamaah di rumah, hubungan antar anggota keluarga pun juga akan semakin harmonis.

" Seseorang yang menyambung tali silaturahmi bukanlah seorang yang membalas kebaikan dengan kebaikan. Akan tetapi seorang yang menyambung tali silaturahmi adalah orang yang berusaha kembali menyambung silaturahmi setelah sebelumnya diputuskan oleh pihak lain." (HR. Bukhari).

Meningkatkan Kesehatan Jiwa dan Raga

Keutamaan sholat tarawih yang terakhir tak lain dapat meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Selain mendapatkan batin yang tenang dan damai dengan menjalankan perintah-Nya, shalat tarawih rupanya juga mampu meningkatkan kesehatan tubuh.

Di antara yaitu meningkatkan kesehatan tulang hingga persendian, membakar kalori yang tertimbun di dalam tubuh, menjauhkan dari penyakit diabetes, meningkatkan fungsi otak, serta membantu otak untuk mengendalikan hormon penyebab stres berlebih.

Berpahala Sholat Berjemaah

Melaksanakan sholat tarawih lebih berpahala bila dilaksanakan berjemaah. Hal ini yang menjadikan keutamaan salat tarawih di bulan Ramadan berpahala sholat berjemaah. sholat tarawih adalah sunnah, boleh dikerjakan sendiri dan boleh berjamaah.

Jika dilakukan berjemaah, maka selain mendapat pahala salat tarawih, niscaya akan dijamin mendapat pahala sholat berjemaah sebanyak 27 derajat. Seperti hadits keutamaan sholat tarawih di bulan Ramadan dari Rasulullah SAW di bawah ini.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “ sholat berjemaah lebih utama dibandingkan sholat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat.” (HR. Bukhari)

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

 

Beri Komentar