Surat Al Quraisy, Arab, Latin, Terjemahan, Keutamaan dan Manfaat

Reporter : Arini Saadah
Rabu, 13 Januari 2021 07:15
Surat Al Quraisy, Arab, Latin, Terjemahan, Keutamaan dan Manfaat
Surat Al Quraisy juga menjelaskan betapa besar nikmat Allah Swt kepada suku Quraisy yang mestinya disyukuri.

Dream – Surat Al Quraisy adalah surat yang terdiri dari empat ayat. Surat ini tergolong ke dalam surat Makkiyyah karena diturunkan di Kota Makkah

Surat Al Quraisy membahas tentang suku Quraisy, yaitu suku yang paling berpengaruh di Kota Makkah. Surat Al Quraisy merupakan surat ke-29 dari segi perurutan turunnya, yakni turun sebelum surat At Tin dan sesudah surat Al Qari’ah.

Surat Al Quraisy juga menjelaskan betapa besar nikmat Allah Swt kepada suku Quraisy yang mestinya disyukuri dengan menyembah kepada Tuhan Allah Yang Maha Esa tanpa mempersekutukan-Nya.

Pokok isi surat Al Quraisy ini menerangkan kehidupan suku Quraisy serta kewajiban yang seharusnya mereka penuhi. 

Tujuan utama surat Al Quraisy adalah membuktikan lawan dari apa yang ditunjuk oleh surat Al Fiil yang lalu yakni dibuktikan dengan kebinasaan mereka yang durhaka dan sombong. Dalam surat ini juga dijelaskan betapa sejahteranya mereka yang taat dan mendekatkan diri kepada Allah.

1 dari 3 halaman

Bacaan Surat Al Quraisy

Surat Makkiyah ini berisi tentang peringatan Allah Swt kepada orang-orang Quraisy tentang nikmat yang telah diberikan Allah kepada mereka. Quraisy merupakan suku yang sangat berpengaruh di Kota Makkah dan sekitarnya untuk menjaga Ka’bah.

Ilustrasi© dream.co.id

Li ila fiquraisy, ila fi him rikhlatasysyitai wash shoif, falya'budu rabba hadzal bait, alladzi ath'amahum min ju'i, wa amanahum min khouf.

Artinya,

" Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas, maka hendaklah mereka menyembah Tuhan (pemilik) rumah ini (Kabah), yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari rasa takut."

2 dari 3 halaman

Keutamaan Surat Al Quraisy

Surat Al Quraisy memiliki keutamaan yang luar biasa. Menurut riwayat Imam Al Baihaqi tentang masalah khilafiyah dari Ummu Hani’ Binti Abu Thalib bahwa sesungguhnya Rasulullah Saw bersabda:

“ Allah mengutamakan suku Quraisy dengan tujuh karakter, diantaranya yaitu bahwa Allah menurunkan surah dalam Al Quran untuk mereka.” Kemudian Rasulullah membaca surat ini.”

Ilustrasi© freepik.com

Kagumlah kalian pada kebiasaan suku Quraisy, yakni suku dari bangsa Arab yang paling agung yang berasal dari keturunan An Nadhar bin Kinanah dan merupakan sukunya Nabi. Kata ‘lilaf’ merupakan Masdar dari kata Alifa yakni persembahan keramah-tamahan. Imam Hakim dan lainnya mengatakan bahwa hadis dari Ummu Hani’ sebelumnya adalah untuk menjelaskan sebab turunnya surah Al Quraisy.

3 dari 3 halaman

Manfaat Surat Al Quraisy

Berikut manfaat surat Al Quraisy:

  • Barangsiapa membaca surat Al Quraisy maka akan dihilangkan beban pikirannya, kesedihannya, was-was, dan dilindungi dari segala kejahatan. Apabila dibaca pada suatu makanan, maka akan dihilangkan oleh Allah bahaya dari makanan tersebut.
  • Barangsiapa yang membaca pada makanan yang dikhawatirkan akan menimbulkan mudarat terhadap badannya seperti racun, maka hal itu akan hilang dengans endirinya.
  • Apabila air diminumkan kepada orang yang kebingungan, insyaAllah dia akan sadar dan hilang bingungnya.
  • Jika ditulis pada piring, menulisnya harus dalam keadaan suci lalu dilunturkan dengan air biasa, kemudian air itu diminumkan orang yang terkena racun, insyaAllah sembuh.
  • Apabila surah ini ditulis dan dileburkan dengan air lalu diminumkan kepada orang yang bingung dan pelupa, maka dia akan sembuh dari keluhannya dengan izin Allah. D
  • Dalam rangka menjaga supaya badan tetap sehat, segar dan tidak lembik, maka hendaklah selalu mengamalkan membaca surat Al Quraisy.
  • Untuk merawat sakit buah pinggang, bacalah surat AL Quraisy kemudian tiupkan kepada makanan sebelum memakannya, insyaAllah sakit buah pinggang akan berangsur sembuh.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar