Satu Hal Sering Dilupakan Saat Bersihkan Wiper dan Karet Jendela Mobil

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 30 Januari 2020 06:36
Satu Hal Sering Dilupakan Saat Bersihkan Wiper dan Karet Jendela Mobil
Dua komponen ini tak boleh kamu abaikan saat membersihkan mobil ya Sahabat Dream.

Dream – Pengendara mobil terbantu dengan keberadaan wiper saat hujan deras turun. Air hujan yang terus menghantam bagian kaca tentu membuat jarak pandang semakin terbatas. Adanya wiper membantu menghalau air yang menutupi pemandangan tersebut. 

Namun di kala musim kemarau datang, tak jarang pemilik kendaraan luput membersihkan wiper saat musim kering. Padahal bagian karet yang menghalau air akan menjadi getas dan wiper tak berfungsi maksimal menghalau air saat musim hujan tiba. 

Bagian lain dari kaca yang jarang diperhatikan adalah karet jendela. Karet ini berfungsi mencegah air masuk ke dalam kabin mobil.

Mengutip laman Auto2000, Kamis, 30 Januari 2020, cara merawat wiper dan karet jendela sebetulnya mudah dilakukan. Namun kuncinya kamu harus konsisten melakukan.

Hal pertama meski dilakukan adalah Sahabat Dream rutin memantau elastisitas wiper dan karet jendela mobil. Wiper yang sering terpapar matahari akan diserap oleh kaca mobil dan berdampak pada wiper dan karet jendela.

1 dari 5 halaman

Hati-hati Cuci Wiper

Langkah kedua adalah berhati-hati saat mencuci wiper dan karet jendela mobil. Pastikan kamu tak melewatkan untuk membersihkan bagian wiper dan karet jendela saat mencuci mobil.

Berberhati-hatilah saat membilas bagian-bagian karetnya. Pada bagian wiper dan karet jendela mobil, terdapat cairan khusus yang berfungsi sangat penting. Fungsi tersebut sebagai pelindung dan pelembab.(Sah)

2 dari 5 halaman

Bolehkah Sabun Cuci Piring Dipakai untuk Campuran Air Wiper?

Dream -Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan debu atau kotoran yang menempel di kaca depan mobil adalah menyemprotnya dengan air wiper.

Untuk airnya, tak jarang pemilik mobil menggunakan sabun cuci piring yang dijadikan campuran saat mengisi ulang tabung air wiper. 

Bolehkah sabun cuci piring dipakai untuk campuran air wiper?

Dikutip dari Suzuki, Jumat 20 Desember 2019, sabun cuci piring bisa dipakai untuk campuran air wiper daripada sampo.

Mengapa? Sampo mengandung terlalu banyak campuran zat dan memungkinkan untuk merusak permukaan kaca mobil. Makanya, tak heran jika ada pendapat lebih banyak menggunakan sabun cuci piring. 

 

© Dream



Sampo atau sabun cuci piring memang bisa digunakan sebagai campuran air wiper karena memiliki efek degreasing yang mampu menyapu minyak.

Hal tersebut dinilai baik untuk kaca depan mobil yang sehari-harinya mungkin terpapar zat berminyak yang ditemukan saat berkendara.

Kamu cukup memberikan satu tetes sabun cuci piring untuk campuran air wiper. Usahakan jangan sampai reservoir berbusa dan bisa menghambat saluran washer. 

Tak hanya sabun cuci piring, cairan pembersih kaca yang biasa digunakan di rumah bisa dipakai sebagai campuran air wiper.

3 dari 5 halaman

Begini Cara Rawat Wiper All New Nissan Serena

Dream – Salah satu komponen vital di mobil adalah wiper, terutama saat musim hujan. Pada musim penghujan, wiper ini akan menyapu air-air hujan yang membasahi jendela depan dan memperjelas jarak pandangmu.

Perawatan wiper mobil, misalnya, All New Nissan Serena, penting untuk dilakukan agar tetap awet dan tidak rusak saat musim hujan.

Dikutip dari Nissan Indonesia, Sabtu 19 Oktober 2019, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan agar wiper bisa awet. Pertama, bersihkan bilah wiper setiap dua kali seminggu.

Kamu bisa membersihkannya dengan sampo mobil untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran. Jika kotoran dan debu lenyap, wiper bisa menyapu air secara optimal dan baret di kaca bisa dihindari.

 

© Dream

 

Kedua, jangan gunakan cairan multiguna atau semir ban. Dua barang ini harus dihindari agar kelembapan karet terjaga. Jika menggunakan cairan ini, kinerja sekaan karet bilah wiper malah bisa berkurang.

Ketiga, jangan angkat batang wiper saat parkir mobil. Sekarang ini, karet bilah wiper sudah dirancang tahan terhadap panas dari kaca mobil.

Supaya kelenturan karet terjaga, kamu tak perlu mengangkat batang karet wiper saat mobil diparkir. Kalau diangkat, batang wiper bisa melar dan memperlemah tekanan bilah wiper ke kaca.

Kalau bilah wiper diangkat, titik beban akan bertumpu di engsel batang wiper dan memberikan tekanan yang berlebih. Alhasil, engsel dan dinamo penggerak batang wiper akan bermasalah dalam jangka panjang.

Jika tetap tidak mau menempelkan wiper pada kaca, gunakan batang penyangga yang dijual di toko aksesori agar karet wiper tidak menempel langsung ke kaca. 

4 dari 5 halaman

Bolehkah Campur Air Wiper dengan Sampo?

Dream – Cuaca belakangan ini sedang tidak tentu. Terkadang panas terik dan mendadak turun hujan lebat. Kondisi ini tentu membuat pemilik kendaraan harus waspada.

Pengguna mobil harus semakin berhati-hati saat melintas di jalan yang diguyur hujan lebar. Saat situasi ini, wiper adalah salah satu penolongnya.

Kalau hujan, kamu otomatis akan menyalakan perangkat tersebut untuk menyapu air di permukaan kaca bagian depan. Tujuannya agar pandangan tetap terjaga.

Di saat tak hujan, wiper juga sering digunakan untuk membersihkan kaca yang kotor akibat debu atau bekas hujan. Biasanya, pemilik mobil akan menggunakan air wiper yang sudah dicampur dengan sabun atau sampo.

Trik ini disebutkan ampuh membuat kaca tersapu lebih bersih. Namun bolehkah mencampur air wiper dengan sampo atau air sabun?

5 dari 5 halaman

Tak Masalah tapi...

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan tehnik mencampur air biasa dengan saun atau sampo takkan menimbulkan masalah berarti. Tapi, alangkah baiknya diisi dengan cairan yang benar-benar khusus untuk kaca.

Produk ini banyak tersedia di toko aksesoris mobil.

“ Karena kalau dicampur sabun atau sampo untuk manusia, ada kandungan bahan kimia yang lama kelamaan justru merusak permukaan kaca,” kata Suparna di Jakarta, dikutip dari Auto2000, Kamis 2 Mei 2019.

Dalam jangka waktu panjang, permukaan kaca tersebut akan terkikis oleh zat kimia yang terkandung pada sabun atau sampo itu dan timbul baret di kaca yang mengganggu pandangan.

Selain itu, bisa timbul jamur karena adanya bercak bekas sampo di bagian kaca yang tidak terkena sapuan wiper. Dan ini juga tidak kalah mengganggunya.

Jika sudah seperti itu, pemilik mobil harus mengeluarkan uang tambahan untuk membersihkan jamur pada kaca. Jadi sebaiknya, kata Suparna diisi air biasa atau water fluid khusus untuk air wiper.(Sah)

Beri Komentar