7 Cara Bisa Menabung untuk Beli Mobil Buat Pegawai Bergaji Rp4 Jutaan

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 10 Juli 2020 07:36
7 Cara Bisa Menabung untuk Beli Mobil Buat Pegawai Bergaji Rp4 Jutaan
Kuncinya hanya satu, konsisten.

Dream - Selain memiliki rumah, hal lain yang diidamkan kalangan milenial adalah memiliki kendaraan pribadi. Namun impian itu kadang harus dipendam dalam-dalam saat mengetahui harga kendaraan yang sudah berkisar di atas ratusan juta rupiah.

Keinginan memiliki mobil sendiri langsung dihilangkan mana kala melihat penghasilan bulanan yang pas-pasan. Budget rasanya tidak cukup jika harus membayar dua cicilan besar sekaligus.

Meski terdengar mimpi, menabung menjadi satu-satunya cara agar kamu bisa memiliki mobil meski hanya bergaji Rp4 jutaan. Yang terpenting adalah kamu mengetahui cara menabung yang tepat agar bisa membeli mobil baru sesuai impian.

Membeli kendaraan saat ini bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Dengan penghasilan yang tak terlalu besar, kamu bisa memupuh uang agar bisa membayar uang muka sambil menghitungan kesanggupan membayar cicilan bulanannya. 

Mengutip laman Suzuki.co.id, ada tujuh tips konsisten menabung agar bisa memiliki mobil dengan gaji Rp4 jutaan.

1. Fokus Pada Tujuan Menabung

Mulailah dengan mamantapkan tujuan dari tabungan yang hendak kamu buat yaitu untuk memiliki sebuah mobil. Dengan membawa energi positif, tujuan yang kamu buat akan memacu untuk berusaha keras agar impian membeli sebuah mobil bisa tercapai. Kondisi ini berbeda jika kamu hanya membuka tabungan tanpa menetapkan tujuan apapun.

 

 

1 dari 3 halaman

2. Menabung Di Awal Saat Gajian

Hal yang biasanya sulit dilakukan ketika banyak keinginan di hari menerima gaji adalah menyisihkan uang. Kamu pasti sudah memiliki tanggal gajian yang ditetapkan perusahaan. Untuk bisa menabung beli mobil, mulailah dengan menentukan dulu berapa persen dari gaji yang ingin disimpan dalam tabungan.

Besarannya dibuat setelah kamu memisahkan uang untuk menabung dan kebutuhan sehari-hari. Dengan menabung di awal saat gajian tentu saja bisa lebih efektif dibandingkan harus menunda nanti-nanti.

Siapa Bilang Sulit Mendulang Pahala Sambil Menabung? Begini Caranya!© MEN

3. Jika Mendapatkan Rezeki Ditabung

Selain menabung di saat awal bulan gajian, sebaiknya kamu juga menabung ketika mendapatkan sebuah rezeki maka ditabung saja untuk membeli mobil impian Anda. Namanya juga rejeki tentu saja bisa datang kapan saja dan tiba-tiba. Nah jika Anda mendapatkan rejeki yang tiba-tiba ini sebaiknya Anda masukan saja kedalam tabungan Anda untuk membeli mobil.

 

 

 

2 dari 3 halaman

4. Kurangi Jajan Di Luar

Demi tujuan membeli mobil, kali ini kamu harus merelakan gaya hidup bermewah-mewahan. Gaya hidup ini tentu bisa menguras keuangan setiap bulannya. Coba kurangi kegiatan seperti pergi ke mall atau makan di luar,. Mulailah dengan hidup yang sesuai dengan isi kantong kita, tidak usah menuruti gaya hidup orang lain. Bbisa saja teman kita tersebut memiliki ekonomi yang lebih dari kita.

Menabung Berhadiah Apartemen, Begini Caranya© MEN

5. Kurangi Konsumsi Rokok

Kiat ini sangat cocok buat kamu yang perokok. Sudahkah berhitung berapa uang yang dihabiskan untuk membeli sebungkus rokok dalam sebulan. Kamu pasti akan kaget saat mengetahuinya. Menghentikan kebiasaan merokok memang tak gampang, tapi demi mobil impian sebaiknya mulai dilakukan. Minimal kamu menguranginya dan berharap bisa berhenti merokok.  

Siapa tahu setelah dihitung, uang belanja rokok bisa membantu menambah uang cicilan kredit mobil.

 

3 dari 3 halaman

6. Hindari Pembelian Tidak Berguna

3 Gangguan Mata yang Menyerang selama Mengemudi© MEN

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya adalah menghindari pembelian tak berguna. Coba lihat pengeluaran harian kamu. Pasti tersempil uang yang dibelanjakan untuk barang yang sebetulnya tak mendesak dibeli. Mungkin itu terlihat murah, tetapi jika dihitung dalam kurun waktu sebulan bisa jadi nilainya cukup besar.

7. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Cara yang terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup yang hemat. Yang pelru dicatat adalah bergaya hidup hemat tak lantas pelit dalam menggunakan uang. Kamu tetap bisa melakukan aktivitas sepe Perlu Anda ketahui jika hemat bukan selalu tentang uang ya, hemat bisa dimulai dengan cara mengurangi kebutuhan listrik bulanan, mengurangi kebutuhan pokok dan masih banyak cara lainnya yang bisa kita terapkan untuk hidup hemat.

(Sah, Sumber: Suzuki.co.id)

Beri Komentar