Belajar Motor Lebih Baik Pakai Bebek daripada Skutik?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Februari 2019 06:45
Belajar Motor Lebih Baik Pakai Bebek daripada Skutik?
Ini, lho, alasannya.

Dream Tipe motor skuter matic makin banyak jadi pilihan masyarakat di Indonesia. Faktor kemudahan jadi alasan orang-orang memilih sepeda motor karena pengguna tak perlu bingung mengoper transmisi mesin. 

Namun para biker pemula sebaiknya menghindari skuter matic untuk belajar. Pilihan berlatih roda dua sebaiknya dilakukan menggunakan motor manual baik bebek maupun kopling. 

Dikutip dari Suzuki, Selasa 12 Februari 2019, pengendara yang sudah mahir berkendara dengan motor bebek atau kopling, akan lebih mudah menguasai skuter matik. Sebaliknya, mereka yang baru bisa menunggangi motor matik, belum tentu bisa membawa motor manual dengan aman.

Saat belajar motor manual, biker pemula pertama kali akan diajarkan teknik menguasai gas dan kopling. Beda dengan motor matik. Pengendara pemula hanya belajar gas dan rem. Tak ada pelajaran koordinasi kopling.

Kontrol pengguna yang baru belajar motor matik terhadap gas dan persneling takkan sebagus dengan yang baru belajar motor manual.

1 dari 1 halaman

Ini Alasannya

Keuntungan belajar menggunakan motor manual adalah koordinasi gas dan kopling akan benar-benar terkontrol. Saat ada gap antara gas dan kopling, mesin berisiko mati tiba-tiba.

Tidak hanya itu, saat belajar memakai motor manual, pengendaranya dituntut untuk mampu membuka dan menutup gas ketika harus ganti gigi.

Secara refleks, hal ini bisa membuat pengendara menjadi terbiasa untuk menutup gas ketika pengereman. Secara tidak sadar, pengendara bisa belajar kontrol buka-tutup gas.

Saat mereka mengendarai motor matik, sudah mengerti kontrol gasnya seberapa yang aman.(Sah)

Beri Komentar
Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida