Gokil! Pamer Kecanggihan Mobil Senyap Mitsubishi Rp1,2 Miliar

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 7 Februari 2020 14:39
Gokil! Pamer Kecanggihan Mobil Senyap Mitsubishi Rp1,2 Miliar
Outlander PHEV punya fitur keren. Bisa jadi genset!

Dream - Selain menguji performa kendaraan Mitsubishi di Pulau Lombok, jurnalis Dream dan awak media lainnya juga dapat melihat secara langsung kemampuan discharging yang dimiliki Outlander PHEV.

Mobil yang dibanderol Rp1,294 miliar itu punya fitur keren. Salah satunya dengan memasok tenaga listrik untuk melakukan acara dinner di tepi pantai Novotel Beach, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pada aktivitas ini, peralatan elektrik di sesi BBQ dinner dengan konsep glamping disokong dari tenaga listrik yang disalurkan oleh kendaraan ramah lingkungan ini. Keren!

Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Baterai yang tersemat di Outlander PHEV memang menjadi sumber listrik rumah untuk jangka waktu 10 jam. Di negeri asalnya, Jepang, mobil ini sangat membantu menjadi generator bila terjadi bencana.

Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Nah, bila energi baterai hampir habis, mesin bensin 2.4L akan otomatis menyala untuk mengisi ulang baterainya lagi

 

1 dari 2 halaman

Cara Gunakan Outlander PHEV Jadi Genset

Colokan tipe F sebagai sumber listrik bantuan ini memiliki tegangan 1500 Watt. Letaknya di konsol tengah bagian bawah dan di bagian bagasi.

Adapun baterai berkapasitas 13,8 kWh tersimpan di lantai mobil. Posisinya memberikan nilai lebih berupa ruang yang memadai dan meningkatkan distribusi bobot. Melihat kondisi ketersediaan baterai dan mesin diperlukan untuk pengisian ulang baterai bisa dilihat melalui panel dasbor.

Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Mobil SUV 4x4 ini mengusung teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), menggabungkan mesin konvensional (bensin) dengan motor bertenaga listrik.

Distributor resmi Mitsubishi di Indonesia, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pernah melakukan uji coba bagaimana konsumsi baterai dan bensin mobil ini.

Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Mereka mengklaim Outlander PHEV bisa menempuh jarak 695 kilometer dalam kondisi full tangki sekitar 45 liter bensin dan full baterai listrik.

2 dari 2 halaman

Bikin Nadine Chandrawinata Kesengsem

Dream - Hari pertama Media Drive Mitsubishi sudah usai. Dimulai dari belajar menganyam di Pasar Seni Sesela, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), makan siang di restoran yang berada di atas bukit, mengunjungi pantai Kuta Mandalika hingga ke Bukit Merese.

Jurnalis Dream yang turut dalam perjalanan menuju semua tempat yang instagrammable itu, merasa tertantang. Akses ke beberapa tempat sangat menanjak, berbatu, dan berliku.

Bahkan ramainya kendaraan yang parkir di pinggir jalan, atau keluar masuk dari gang atau warung, membuat pengendara 4 jenis mobil test drive Mitsubishi harus lebih lincah dalam berkendara.

Termasuk Nadine Chandrawinata yang sempat merasakan di belakang kemudi Outlander PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Namun, ia berhasil melewati tantangan itu dengan lancar dan nyaman.

Mitsubishi Outlander PHEV© Cynthia Amanda Male/Dream

Istri Dimas Anggara ini mengaku sangat nyaman menggunakan mobil berbahan bakar listrik dan mesin ini.

" Suaranya terlalu senyap dan goncangannya empuk banget. Cocok untuk dipakai di Jakarta. Manuvernya enak banget," kata pemain film Generasi Biru ini di Novotel Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis 6 Februari 2020.

Pemain film Labuan Hati ini juga mengklaim mobil yang berkonsep lebih ramah lingkungan ini juga cocok untuk bayi, karena terlalu senyap serta hentakannya sangat halus.

" Suaranya sepi banget. Gue sih suka ya, mobil yang sepi banget. Dan kalau gasnya diinjak, langsung jalan gitu. Lembut banget dan nggak bersuara. Kalau mobil biasa kan, ada suara meraungnya waktu digas" .

Desain interior yang elegan, minimalis, ground clearance tinggi serta ruangan luas, membuatnya semakin merasa nyaman.

Selain itu, SUV ini juga cocok bagi pengendara wanita karena kenyamanan dan desainnya. Terutama, untuk penyuka otomotif dan ingin mulai peduli lingkungan.

" Gue pengin nunjukin bahwa orang nggak harus pakai cara gue untuk peduli sama lingkungan. Ini bisa jadi alternatif untuk yang suka traveling dan otomotif," tutup wanita 35 tahun ini.

Outlander PHEV merupakan salah satu SUV berteknologi tinggi yang sudah dilengkapi 4WD. Memiliki motor listrik dan baterai dengan mesin berbahan bakar 2,4 L. Mobil yang dilego di atas Rp1 miliar ini hadir dengan tiga mode yakni EV Drive Mode, Series Hybrid Mode dan Parallel Hybrid Mode.

 

 

Beri Komentar