Laporan WHO: 1,35 Juta Orang Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 12 Desember 2018 10:42
Laporan WHO: 1,35 Juta Orang Meninggal karena Kecelakaan Lalu Lintas
Angka tertinggi ada di wilayah ini.

Dream – World Health Organization (WHO) belum lama ini merilis laporan tentang kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Dalam laporan yang berjudul Global Status Report on Road Safety 2018” itu, ada 1,35 juta orang di dunia yang meninggal karena kecelakaan selama tahun ini.

Dikutip dari laman WHO, Rabu 12 Desember 2018, organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang bergerak di bidang kesehatan, menggarisbawahi bahwa korban kecelakaan lalu lintas didominasi oleh anak-anak dan orang muda di kisaran 5 tahun-29 tahun.

“ Kematian ini adalah harga yang tidak bisa diterima untuk membayar mobilitas,” kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Ghebreyesus mendesak otoritas yang berwenang untuk segera bertindak dalam menekan angka kecelakaan. “ Laporan ini adalah seruan bagi pemerintah dan mitra untuk mengambil tindakan yang jauh lebih besar untuk menerapkan langkah-langkah ini,” kata dia.

Laporan WHO menyebut risiko kematian pada kecelakaan lalu lintas di negara berpenghasilan rendah, lebih besar dariopada negara yang berpenghasilan tinggi. Misalnya, di Afrika, angka kematian karena kecelakaan lalu lintas sebesar 26,6 orang per 100 ribu penduduk, sedangkan Eropa 9,3 orang per 100 ribu penduduk.

Laporan tersebut juga mengatakan ada tiga wilayah yang sukses menekan angka kematian lalu lintas, yaitu Amerika, Eropa, dan Pasifik Barat.

Duta Besar Global WHO untuk Penyakit Tidak Menular dan Cedera, Michael R. Bloomberg, mengatakan, keamanan jalan menjadi isu yang tak mendapatkan perhatian semestinya. Bloomberg mengatakan, angka korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas bisa ditekan dengan kampanye dan penegakan hukum yang kuat tentang keselamatan berkendara.

“ Kami tahu intervensi mana yang berhasil. Kebijakan dan penegakan yang kuat, desain jalan yang cerdas, dan kampanye kesadaran publik yang kuat dapat menyelamatkan jutaan jiwa selama beberapa dekade mendatang,” kata dia.

1 dari 1 halaman

Apa Penyebab Orang Meninggal dalam Kecelakaan Lalu Lintas?

WHO menyebut banyaknya jumlah korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas, disebabkan oleh ngebut, mabuk, serta tidak memakai helm atau sabuk pengaman ketika berkendara.

Untuk itu, diperlukan infrastruktur yang lebih aman seperti trotoar dan jalur khusus bagi pengendara sepeda dan sepeda motor serta peningkatan standar kendaraan yang menggunakan kontrol stabilitas elektronik dan pengereman.

Variasi kematian lalu lintas juga tecermin dari pengguna jalan. Pejalan kaki dan pengendara sepeda menyumbang 26 persen dari semua kematian lalu lintas. Angka kematian setinggi 44 persen di Afrika dan Mediterania Timur.

Pengendara sepeda motor dan penumpang bertanggung jawab atas 28 persen dari semua kematian lalu lintas jalan. Untuk “ kategori” ini, penyumbang tertinggi ada di Asia Tenggara sebesar 43 persen dan Pasifik Barat 36 persen.

Beri Komentar