Mobil Canggih! Fitur Kabin Otomatis Mengikuti Mood Pengemudi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 11 Juli 2019 09:24
Mobil Canggih! Fitur Kabin Otomatis Mengikuti Mood Pengemudi
Saat sedang stres, mobil akan mengatur cahaya dan suhu di dalam kendaraan.

Dream – Jaguar Land Rover membuat penelitian yang unik. Produsen otomotif ini meneliti teknologi baru yang bisa mengetahui suasana hati pengemudi.

Dikutip dari Carscoops, Kamis 11 Juli 2019, Jaguar menggunakan teknologi kecerdasan buatan dengan kamera dan sensor biometrik. Fitur ini akan menangkap suasana hati pengemudi dan otomatis menyesuaikan pengaturan kendaraan untuk membuat pengemudi nyaman.

Sistem monitor ekspresi wajah juga bisa membantu untuk melacak tingkat stres pengemudi. Nantinya, sistem itu akan menyesuaikan kontrol iklim, pencahayaan sekitar, dan audio untuk membuat pengemudi merasa lebih nyaman.

Agar kadar stres menurun, perusahaan menggunakan pencahayaan ambient untuk menunjukkan warna yang menenangkan.

Kecerdasan artificial ini juga bisa menyalakan daftar putar favorit kamu dan menurunkan suhu jika mendeteksi tanda-tanda kelelahan.

1 dari 5 halaman

Tak Hanya untuk Penumpang Depan

Jaguar Land Rover tidak membatasi teknologi untuk penumpang kursi depan. Mereka juga menguji sistem pada penumpang kursi belakang dengan kamera yang dipasang di sandaran kepala.

Sistem di depan membantu pengemudi tetap terjaga dan yang di belakang bisa meredupkan lampu, membuat warna jendela berubah, dan menaikkan suhu untuk membantu penumpang di belakang tidur,

Produsen mobil ini menyebut riset dan teknologi yang dikembangkan ini sebagai bagian dari visi untuk membuat kendaraan menjadi nyaman. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah memastikan pengemudi tetap waspada dan membuat penumpang senyaman mungkin.

Jaguar Land Rover juga mengatakan sistem ini akan mempelajari preferensi pengemudi dari waktu ke waktu. Perusahaan percaya ini penting karena penelitian telah menunjukkan 74 persen orang stres atau kewalahan setiap hari. 

2 dari 5 halaman

Di Negara Ini Pemilik Jaguar Dapat Uang Jika Lapor Macet dan Jalan Berlubang

Dream – Kemacetan lalu lintas dan jalan berlubang kini tidak menjadi terlalu menjengkelkan. Jaguar Land Rover (JLR) merilis teknologi terbaru, Smart Wallet.

Teknologi ini bisa membayar pengemudi untuk informasi tentang perjalanan mereka, seperti kemacetan dan jalan berlubang.

Dikutip dari Carscoops, Rabu 1 Mei 2019, produsen otomotif ini sedang mengetes layanan baru secara otomatis akan membagikan data kondisi jalan dengan penyedia navigasi atau otoritas. Kondisi jalan yang akan dibagikan seperti kemacetan lalu lintas dan lubang.

 Jaguar Land Rover mengembangkan sistem Smart Wallet.

Sebagai imbalannya, pengemudi akan mendapatkan mata uang virtual. Sayangnya, tak dijelaskan mata uang apa yang akan digunakan JLR untuk membayar pengemudi Jaguar.

Dengan uang itu, pengemudi bisa menggunakannya secara otomoatis membayar biaya tol dan parkir. Bahkan, pemilik bisa menggunakan crytocurrency untuk membayar biaya pengisian kendaraan listrik atau plug in hybird.

3 dari 5 halaman

Gandeng Lembaga Ini

Untuk menyajikan layanan ini, JRL bekerja sama dengan IOTA Foundation dalam mengembangkan dompet digital.

Masih belum jelas kapan teknologi ini akan diluncurkan. Yang jelas, saat ini, JRL tengah menjalani pengujian di pusat rekayasa perangkat lunak JLR di Irlandia. Sebagai bagian dari tes ini, teknologi itu dilengkapi untuk beberapa kendaraan yang berbeda, termasuk Jaguar F-Pace dan Range Rover Velar.

Layanan ini tentu akan menguntungkan pengemudi. Tapi, perusahaan mencatat bahwa itu sesuai dengan strategi zero destination yang bertujuan untuk mencapai nol emisi, nol kecelakaan, dan no kemacetan.

Teknologi Smart Wallet diklaim bisa membantu mengurangi kemacetan karena ada data bersama untuk mengingatkan pengemudi lain mengambil rute alternatif untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

4 dari 5 halaman

Teknologi Canggih Jaguar Atasi Mabuk Darat

Dream – “ Mabuk” kendaraan sering dialami oleh penumpang ketika naik kendaraan bermotor, seperti mobil. Pengemudi yang tak tahan dengan “ goyangan” mobil akan merasa pusing, mual, dan bisa muntah.

Dilansir dari Paultan, Jumat 2 November 2018, lebih dari 70 persen orang mabuk kendaraan ketika mobil sedang berjalan. Produsen otomotif, Jaguar Land Rover ingin membuat perjalanan dengan mobil menjadi lebih nyaman.

Jaguar membuat algoritma yang rumit. Produsen mobil ini membuat algoritma yang menghitung skor kebugaran individu dan penumpang sebelum menyesuaikan pengaturan mengemudi dan kabin kendaraan. Algoritma ini bisa mengurangi efek rasa mobil yang sakit sampai 60 persen.

Penyesuaian ini melibatkan suspensi aktif mobil yang bisa disetel untuk menghapus gerakan frekuensi rendah dan merevisi kontrol iklim untuk menjaga penumpang tetap nyaman.

5 dari 5 halaman

Buat Algorita Navigasi Suara

Jaguar juga membuat algoritma navigasi suara di setiap belokan. Tujuannya agar penumpang sadar akan pergerakan kendaraan berikutnya, menaikkan kursi untuk bisa melihat pemandangan di luar, dan memastikan penumpang bisa menatap layar ponsel.

Algoritma ini bisa mengurangi mabuk kendaraan hingga 40 persen.

Hal ini berdasarkan data pengujian selama menempuh jarak 24.140 km dengan melakukan transit, seperti memeriksa e-mail dan menggunakan sistem navigasi.

Fase pertama penelitian berakhir pada bulan ini. Hasilnya akan diterapkan untuk proyek Jaguar di masa datang. Hasilnya akan digunakan untuk menciptakan kabin mobil yang menyenangkan. (ism)

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi