Produk Makeup Bisa Tularkan Virus Covid-19, Ini Penjelasannya

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 4 Februari 2022 16:35
Produk Makeup Bisa Tularkan Virus Covid-19, Ini Penjelasannya
Simak penjelasan dermatologis.

Dream - Menjalani protokol kesehatan bukan hanya dilakukan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan diri maupun lingkungan saja.

Kamu juga harus ekstra hati-hati dan memperhatikan hal kecil yang mampu mempermudah penularan virus. Kebersihan produk makeup menjadi salah satu hal yang cukup jarang diperhatikan.

Padahal, berdasarkan unggahan Dermatologis, Amanda Sumantri, makeup tidak bisa menghindari paparan atau kontaminasi virus. Sehingga meski bebas bakteri dan jamur karena produk makeup mengandung bahan pengawet, namun virus tetap masih bisa terkontaminasi di dalamnya.

Apalagi berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh The New England Journal of Medicine, virus corona mampu bertahan di permukaan plastik selama 72 jam. Jadi, produk maupun alat makeup bisa terkontaminasi dan menularkan virus tersebut. Terutama, produk makeup mata dan bibir.

" Mengaplikasikan produk make-up yang terkontaminasi pada wajah dapat menjadi pintu masuk infeksi mikroorganisme termasuk virus corona," jelasnya dalam unggahan tersebut.

1 dari 5 halaman

Menggunakan Makeup© Shutterstock

Agar terbebas dan aman dari virus Covid-19, pastikan kamu tidak membawa produk maupun alat makeup keluar rumah. Gantilah beberapa produk makeup seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow tiap 3-6 bulan sekali untuk memastikan kebersihan serta kualitas produknya.

Segera buang makeup jika kamu sempat memakainya ketika terinfeksi virus Covid-19. Lakukan disinfeksi kemasan produk makeup setiap hari menggunakan cairan anti bakteri. Kamu bisa melakukannya dengan tisu atau semprot disinfektan.

Bersihkan permukaan bagian atas atau samping lipstik maupun lip balm menggunakan tisu basah setiap selesai digunakan. Jangan lupa untuk selalu membersihkan aplikator makeup menggunakan air hangat dan sabun.

Laporan: Abinsha Nurmaulida Rizky

2 dari 5 halaman

Awas! Cara Memakai Makeup Mata Bikin Cepat Menua, Ini Solusinya

Dream - Proses penuaan kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebiasaan menggunakan skincare atau menjalani pola hidup sehat. Kebiasaan mengaplikasikan makeup juga bisa mempengaruhi kondisi kulitmu.

Cara pengaplikasian produk makeup bisa membuat kulitmu cepat menua. Apalagi, jika kamu menggunakan makeup setiap hari. Oleh karena itu, perhatikan cara pengaplikasian makeup agar bisa mencegah proses penuaan.

Area yang sangat mudah mengalami penuaan kulit adalah mata. Maka dari itu, berhati-hatilah ketika ingin menggunakan eyeliner, maskara, atau produk makeup lainnya.

Dermatologis, Yessica Tania mengungkapkan caranya mengaplikasikan riasan mata tanpa menggerakkan wajahnya dan meningkatkan risiko penuaan dini.

3 dari 5 halaman

Ketika ingin mengaplikasikan eyeliner, cobalah untuk meletakkan cermin di bawah wajahmu. Sehingga cermin tidak setara dengan mata, melainkan diletakkan di posisi yang lebih rendah.

Jadi, kamu mata dan alismu tetap rileks ketika mengaplikasikan eyeliner. " Kalau kurang jelas, kacanya bisa dibawa ke atas," ujarnya dalam salah satu video TikTok.

Menggunakan Eyeliner© TikTok @dr.ziee

 

4 dari 5 halaman

Selain mengaplikasikan eyeliner, perhatikan juga caramu memakai maskara. Tak jarang orang menggerakkan seluruh wajah ketika mengaplikasikan maskara.

Mengaplikasikan Maskara© TikTok @dr.ziee

4 Gaya Riasan Maureen Kartika, Beauty Enthusiast yang Inspiratif

" Caranya sama. Tinggal modal cermin dan bikin sudut ke bawah. Alis dan mata dalam keadaan rileks. Kalau kurang jelas, kacanya dibawa ke atas dan kita menengadah ke atas. Jadi, bukan mata atau alis yang dikerut-kerutin. Bikin cepet keriput, say," tutupnya.

5 dari 5 halaman

@dr.ziee Reply to @iiintanfy STOP kebiasaan ini deh supaya awet muda, #tipsdrzie #tipsantiaging #viralditiktok #serunyaditiktok #tipsmakeup ♬ Bubblegum K.K. - DIMSVM

 

Beri Komentar