Sudut Bibir Perih dan Pecah? Ini Pemicunya

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 21 Maret 2019 10:43
Sudut Bibir Perih dan Pecah? Ini Pemicunya
Banyak yang mengira kondisi peradangan tersebut karena bibir kering dan kurang cairan, padahal tak demikian.

Dream - Masalah kesehatan mulut wajib jadi perhatian dan tak boleh disepelekan. Saat kesehatan mulut bermasalah, akan merusak nafsu makan dan bisa memicu masalah pencernaan. Tubuh pun jadi sangat lemas.

Salah satu penyakit mulut yang kerap terjadi adalah radang di sudut mulut atau dalam istilah medisnya, cheilitis angular. Peradangan ini membuat sudut mulut menjadi pecah-pecah, merah, perih saat mulut terbuka dan pembengkakan.

Banyak yang mengira kondisi peradangan tersebut karena bibir kering dan kurang cairan, padahal tak demikian. Pemicu utamanya adalah infeksi jamur. Paparan jamur bisa dari mana saja, tangan yang kotor, tertular dari orang lain melalui gelas dan masih banyak lagi.

" Penyebab lainnya adalah kekurangan nutrisi terutama zat besi dan vitamin B. Kedua zat tersebut sangat dibutuhkan dalam menjaga sistem imunitas tubuh. Ketika levelnya sangat sedikit, maka tubuh dengan mudah terkena infeksi, termasuk infeksi jamur di mulut," ujar dr. Zeichner, seorang spesialis kulit, seperti dikutip dari Self.com.

 

1 dari 1 halaman

Cara Percepat Penyembuhan

Kurangnya asupan beberapa vitamin B dan seng juga telah dikaitkan dengan cheilitis sudut, berpotensi karena peran mereka dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.

 Sudut Bibir Perih dan Pecah© shutterstock.com

Untuk mempercepat penyembuhan cheilitis angular, dr. Zeichner menyarankan untuk memperbanyak minum dan mengonsumsi buah. Pastikan juga menjaga kesehatan mulut dengan berkumur dan menyikat gigi.

" Apabila tak kunjung sembuh, segera konsultasi dengan dokter, apalagi jika dibarengan suhu badan yang meningkat. Hal tersebut bisa jadi pertanda sisitem kekebalan tubuh tak berjalan semestinya.

(ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar