Cara Menjaga Kulit Bebas Minyak Saat Musim Panas

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 11 Mei 2020 06:33
Cara Menjaga Kulit Bebas Minyak Saat Musim Panas
Kulit berminyak membuat wajah terlihat kusam.

Dream - Orang-orang yang memiliki masalah kulit berminyak harus rutin membersihkan wajahnya. Kamu pasti sudah tahu jika kulit berminyak dapat dengan mudah menimbulkan jerawat.

Kulit berminyak juga bakal membuat wajah terlihat kusam. Tak ada cara lain untuk mengatasinya selain memberikan perhatian ekstra pada kulit wajah kamu. 

Dilansir dari Times of India, berikut beberapa tips untuk membantu menjaga kulit Sahabat Dream bebas minyak dan menghilangkan kotoran di wajah.

ilustrasi hijaber© Shutterstock

1 dari 5 halaman

Gunakan pelembab yang lebih ringan

Langkah pertama dan terpenting untuk dilakukan saat memasuki musim panas adalah beralih ke pelembab ringan. Musim panas membutuhkan pelembab ringan untuk menjaga kesehatan wajah.

Kamu dapat mencari pelembab bebas minyak sesuai dengan jenis kulit, saat ini banyak jenis pelembab yang tidak mengandung minyak dijual di pasaran.

ilustrasi pelembab wajah© Shutterstock

Memberikan perawatan kecantikan yang sederhana

Cara yang tepat pada saat musim panas yaitu menghindari makeup, jika kamu tidak ingin wajah menjadi rusak. Cucilah wajah secara teratur di pagi hari dan gunakan sun screen yang tepat pada waktunya.

Hindari menggosok wajah, karena dapat membuat wajah lebih berminyak. Kamu bisa hanya menggunakan lipstik dan riasan mata, jangan gunakan makeup yang berlebihan.

2 dari 5 halaman

Bersihkan wajah tiga kali sehari

Kamu harus membiasakan mencuci muka dengan pembersih wajah yang mengandung minyak setidaknya 2-3 kali sehari.

Cucilah wajah di pagi hari, lalu pada siang hari ketika merasa itu wajah mulai berminyak. Kamu juga harus membersihkan wajah sebelum tidur, untuk menghilangkan pori-pori yang tersumbat dan kotor.

ilustrasi cuci wajah© Shutterstock

Bawa Oil Control

Jika kamu tidak sempat mencuci wajah pada siang hari, kamu dapat menempel pada kertas minyak/oil control pada wajah.

Selalu bawa kertas minyak saat kamu keluar rumah atau kantor, Cukup ditepuk ringan di wajah dan kertas akan menyerap minyak.

3 dari 5 halaman

Gunakan masker wajah untuk kulit berminyak

Ada beberapa masker wajah yang tersedia di pasaran yang membantu menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Kamu bisa menggunakan masker wajah multani mitti atau cendana dua kali seminggu.

Masker ini tidak hanya akan membantu menjaga wajah bebas minyak, tetapi juga akan membantu mendinginkan dan menenangkan wajah.

Laporan: Cindy Azari

4 dari 5 halaman

Ini yang Terjadi Jika Terlalu Lama Memakai Masker Wajah

Dream - Masker wajah yang beredar di pasaran memiliki aturan pakai yang berbeda-beda. Beberapa di antaranya bisa dipakai sekitar 10-15 menit, sisanya dapat digunakan semalaman.

Namun, ternyata pemakaian masker rajah yang terlalu lama juga berdampa bagi kondisi kulit. Dilansir dari Miss Kyra, berikut efek pemakaian masker wajah yang terlalu lama: 

Kulit Terasa Tertarik

Orang yang kulitnya telah mengendur, ingin kembali kencang seperti semula. Namun, mereka juga tetap ingin merasa nyaman.

Jika kulitmu kering, membiarkan masker wajah terlalu lama akan membuat kulit terasa tertarik dan menyebabkan masalah lainnya. Ikuti aturan pakai yang disarankan dan lepaskan masker ketika seluruh cairannya sudah terserap kulit.

5 dari 5 halaman

Produksi Minyak Berlebih

Memakai masker wajah terlalu lama dapat mengekstrak kandungan minyak dalam kulit dan bakteri baik. Kulitmu akan memproduksi lebih banyak minyak dan menyebabkan masalah kulit.

Kulit Terbakar 

Beberapa bahan yang ada pada skincare memiliki efek seperti kulit terbakar. Terkadang, terlalu lama memakai masker juga bisa membuat kulit memerah dan perih. Jika kamu mengalaminya, kompres wajah dengan es batu dan aloe vera gel, serta berkonsultasilah pada Dermatologis.

(Sumber: Miss Kyra)

 

Beri Komentar