Dream Diary: Kala Hobi Hangout Berbuah Juara Lomba Penulisan

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 15 Januari 2020 09:24
Dream Diary: Kala Hobi Hangout Berbuah Juara Lomba Penulisan
Artikel Dream bertajuk "Menjelajahi Ruang Sarat Makna di Generasi #BisaBanget Playspace" berhasil meraih juara pada kompetisi menulis #BisaBanget Playspace

Dream - Wajah terkejut tak bisa disembunyikan jurnalis Dream.co.id, Ferdike Yunuri Nadya. Berulang kali matanya melirik layar smartphone di genggaman. Sebuah pesan elektronik, email, membawa berita mengejutkan.

Dengan muka semringah, kabar bahagia itu disampaikan ke pimpinannya. " Tulisan aku menang lomba," ucapnya masih dengan mimik tak percaya. Kalimat yang sama disampaikan ke rekan kerjanya.

Penggalan kisah kebahagian itu memang momen tak terlupakan untuk seorang jurnalis. Di tengah desakan deadline dan jadwal liputan padat, penghargaan itu menjadi penyejuk atas segala jerih payah dan kerja keras yang sudah diberikan

Sebagai jurnalis, tim redaksi Dream.co.id selalu didorong untuk mempersembahkan karya terbaik dan bermanfaat yang dapat dinikmati Sahabat Dream. Terlepas dari ada tidaknya lomba, kami memang berusaha menyuguhkan artikel terbaik.

Ferdike mendapat kebahagian itu setelah laporannya berjudul " Menjelajahi Ruang Sarat Makna di Generasi #BisaBanget Playspace" menjadi juara di kompetisi menulis #BisaBanget Playspace. Penghargaan juara ketiga diberikan tim Bear Brand dan Haluu Word.

Semua itu berawal dari ketidaksengajaan. Menghabiskan waktu hari libur di bulan November 2019, Ferdike menghibur diri dengan hangout di Senayan City. Sendirian di sebuah mall di pusat kota Jakarta. Sebuah tenda putih mencuri perhatiannya. Berdiri di samping pusat perbelanjaan ini.

Sebuah tulisan besar di atas pintu masuk Generasi #BisaBanget Playspace semakin membuatnya penasaran. Apalagi ada tagline Playspace itu dirancang sebagai wahana pencari inspirasi untuk generasi Millennial.

 

Menelusuri ruang demi ruang, setiap momen di depan mata tak lupa diabadikan. Update di sosial media tak lupa dilakukan.

Unggahan yang awalnya hanya keisengan itu dilihat Redaktur Pelaksana Dream, Sandy Adam Mahaputra. Gayung bersambut. Bear Brand yang membangun tempat hangout selama 10 hari itu tengah menggelar lomba penulisan #BisaBanget Playspace yang berlangsung pada 14-24 November 2019.

Niat mengikuti kompetisi terselimuti rasa ragu. Namun tak ada salah mencoba. Toh untuk menceritakan pengalaman menyenangkan dan berbaginya dengan pembaca Dream. 

Sebulan berlalu, Image Dynamics selaku Public Relation Agency mengirimkan email tertanggal 16 Desember 2019. Email tersebut berisi pengumuman hasil hasil kompetisi lomba penulisan. Tiga media dinyatakan sebagai pemenang untuk kategori artikel, yakni Liputan6, Hipwee dan Dream. Pada kategori foto, CNN Indonesia, Liputan6 dan Viva berhasil menduduki tiga peringkat teratas.

Sebuah Applle Watch Series 3 menjadi kado terindah bagi Ferdike. Hadiah itu diterima di kantor Image Dynamics untuk serah terima hadiah 19 Desember 2019 lalu.

" Selamat kepada para pemenang, semoga bisa terus berkarya dan hadiahnya bermanfaat" ujar Dita, PR Image Dynamics.

Itulah sepenggal kisah kebahagian dari kami. Doakan Dream agar selalu memberikan artikel terbaik dan bermanfaat untuk Sahabat Dream. 

Inilah artikel Dream yang dinobatkan sebagai juara kompetisi #BisaBanget Playspace.

 

1 dari 7 halaman

Menjelajahi Ruang Sarat Makna di Generasi #BisaBanget Playspace

Dream - Suasana di Senayan City pada Sabtu, 16 November 2019 kemarin terasa berbeda. Tenda 'Generasi #BisaBanget Playspace' berdiri kokoh di samping pusat pembelajaan ini. Sinar matahari menyorot langkah belasan anak muda menuju tenda Playspace. Antrean cukup mengular namun tetap tertib.

Satu demi satu anak muda itu masuk ke Playspace hasil kolaborasi Bear Brand dan Haluu ini. Mereka diberikan secarik kertas dan buklet. Dituliskan mimpi dan nama lengkap pada kertas itu, untuk diletakan pada ruangan kedua nanti. Bersanding dengan ratusan nama berikut mimpi generasi muda lainnya. Tak yang terlalu sederhana atau terlalu mengada-ada, semua cita-cita terlihat luar biasa bagi setiap pemimpinya.

Masuk ke ruangan pertama bersama 5 gadis muda lainnya, mata langsung tertuju pada layar besar yang memuat video singkat persembahan susu Bear Brand. Video itu berisi visi dan misi Generasi #BisaBanget.

Di sisi kiri ruangan, vending machine menunggu kami dengan pertanyaan 'Kalau kamu minum Bear Brand buat apa?'

Enam opsi pilihan siap ditekan. Mulai dari sport, work, travel. weather, party hingga illnes. 'Work' menjadi pilihan Dream kali ini. Muncul pesan bersamaan dengan sekaleng Bear Brand yang siap menemani kerja hari ini.

  Playspace© Khidr Al-Zahrani

Ruang yang Penuh Kubik Berikut Kutipan (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id) 

Berjalan menuju ruangan selanjutnya, susunan kata-kata menyambut. Langkah terhenti pada ruangan penuh tumpukan kubik merah dan kuning, sebagian tersemat kutipan dari tokoh tersohor dunia.

Kutipan Ir Soekarno salah satunya. Tertulis, " Seribu orang tua bisa bermimpi, satu pemuda bisa mengubah dunia." Kalimat ringkas namun mampu membangkitkan semangat.

Ruang ini punya desain unik. Berada di dalamnya, seperti diajak untuk berani bermimpi. Di ruang ini pula, semua pengunjung diminta meletakan secarik kertas berisi mimpi masing-masing. Terasa khidmat.

2 dari 7 halaman

Melawan Penghambat Cita-cita

" Haluu how are you?"   suara ini menggema pada ruangan ketiga. Serentak terdengar jawaban, " Bisa banget."

Ruang yang didominasi biru muda ini dipenuhi samsak dan sarung tinju. Benda-benda itu dilambangkan sebagai penghambat hidup dalam meraih cita-cita yang harus dilawan.

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Samsak Penghambat Mimpi (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id) 

Berbagai penghambat tertulis di lampu neon samsak. Mulai dari malas, ngantuk, malas gerak 'mager', menunda-nunda hingga penghambat lainnya.

Pemandu mengarahkan untuk memilih salah satu samsak yang paling menghambat dalam keseharian. Samsak bertuliskan 'mager' terpilih.

Dipasangkan sarung tangan pada kedua tangan yang siap memukul rasa malas itu sekuat tenaga. Pukulan demi pukulan dilontarkan pada samsak tersebut.

Berhasil, lampu neon bertuliskan 'mager' tidak bersinar lagi. Terasa lega, rasa 'mager' pun lenyap.

Bilik penuh samsak ini dirancang untuk mengajarkan generasi muda berani memerangi berbagai hambatan dalam menggapai kesuksesan. Tempat ini menjadi favorit salah satu pengunjung Generasi #BisaBanget Playspace.

" Aku paling suka spot ini, beda dan kreatif banget konsepnya. Aku pilih samsak tulisan 'entar' soalnya suka nunda-nunda," kata Aviva Tasya, pengunjung #BisaBanget Playspace.

3 dari 7 halaman

Merefleksikan Kesibukan Dunia Kerja

Beralih ke ruang selanjutnya, labirin penuh cermin dengan puluhan amplop biru tergantung di langit-langit menyambut. Di sisi lain, sejumlah gagang telepon dan jam beker terantung di atap labirin.

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Refleksi di Cermin Labirin #BisaBanget Playspace (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id)

Puluhan telepon terefleksi pada cermin berhadapan. Terlihat ratusan, bahkan ribuan. Mengingatkan kesibukan dunia kerja yang tidak ada habisnya.

Menelusuri labirin, mata terpaku pada tulisan 'Stay Dedicated'. Pengingat agar terus bersemangat menyumbangkan waktu, tenaga, ide dan pikiran untuk mengembangkan seluruh aspek pada jalan yang sedang ditempuh.

4 dari 7 halaman

Diajak Bangkit Ketika Jatuh

Beranjak ke ruang kelima, kasur putih terhampar memenuhi ruangan. Sejenak melepas sepatu, lalu duduk dan berbaring di atasnya. Bantal menyerupai kaleng susu raksasa siap menemani.

Dua anak kecil meluncur di perosotan berhias lampu terang. Tubuhnya terhempas di atas matras putih besar. Tawa riang membuncah dari wajahnya.

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Aviva dan Airi, Pengunjung Generasi #BisaBanget Playspace (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id)

Jelas terlihat, ruang ini menjadi favorit sebagian anak-anak. Tak ingin kalah, para remaja dan orang dewasa juga ikut berfoto ria bersama bantal Bear Brand raksasa.

Desain ruangan ini mengandung makna untuk bangkit lagi ketika terjatuh. Karena terjatuh, manusia bisa merasakan kehidupan yang sesungguhnya.

5 dari 7 halaman

Belajar dari Perjalanan

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Ruang Bertema Travel di #BisaBanget Playspace (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id)

Bergeser ke ruang keenam, penuh dengan nuansa merah. Aroma rumput lembang tercium menyegarkan, terasa sedang bersantai di danau. 

Di ruang ini, memori tentang alam seketika menyeruak. Dua kapal kecil berlabuh dengan dayung merah di atasnya.

Pemandu menjelaskan perjalanan bukan hanya pergi ke sebuah destinasi. Mimpi pun butuh perjalanannya sendiri.

Menilik ke sebelah rumput lembang. Terpampang susunan kata mengenai arti perjalanan, menyadarkan sebuah perjalanan bisa menjadi tempat belajar yang baik.

Ruang ini mengajak para generasi muda untuk terus belajar. Sebanyak apapun ilmu yang dimiliki, tetap masih banyak yang harus dipelajari.

6 dari 7 halaman

Kuat dan Tangguh Mengejar Mimpi

 

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Ruang Bertema Cuaca di #BisaBanget Playspace (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id)

Payung-payung putih melayang langit-langit. Lampu ruangan berubah-ubah warna, menggambarkan cuaca di Indonesia. Terik, hujan lalu terik kembali. Efek suara petir  dan hujan menambah keistimewaan ruang ini.

Tersemat kutipan sarat makna 'Anda tidak dapat mengubah lautan atau cuaca jadi yang terbaik adalah belajar bagaimana berlayar dalam segala kondisi' terpampang di dinding. Di ruang ini, pelajaran yang dapat dipetk yaitu agar menjadi sosok yang kuat dan tangguh dalam menggapai mimpi.

7 dari 7 halaman

Beri Hadiah Pada untuk Sendiri

  Playspace© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Gemerlap lampu di Langit-langit Playspace #BisaBanget (Ferdike Yunuri Nadya/ Dream.co.id)

Gemerlap lampu di ruang kedelapan begitu memukau. Bola-bola lampu disko menggantung di atas langit-langit.

Mikrofon silver membawa kembali pada semaraknya musik era 90-an . Di ruang ini, semua orang diajak untuk melupakan penatnya kehidupan. Memberikan hadiah untuk diri sendiri dengan bersenang-senang.

Melangkah menuju ruang kesembilan, panggung kecil beserta bangku tersusun rapi. Ruang ini menjadi tempat para pembicara menceritakan kehidupan mereka meraih mimpi.

Sesi workshop dan talkshow hadir bergiliran sejak tanggal 15 hingga 24 November. Para pembicara siap berbagi pengalaman dan tips seputar menggapai mimpi.

Menilik kembali, enam pilihan pada vending machine di ruang pertama berhasil dipresentasikan dalam bentuk nyataOlahraga, bekerja, liburan, cuaca, pesta dan kesehatan. Nestle juga mengajak para generasi muda untuk bisa meraih mimpi dengan selalu menjaga kesehatan, minum Bear Brand salah satunya. Buat apa saja #BisaBanget.

Masyarakat dapat mengunjungi Playspace ini sejak 15 November hingga 24 November tanpa dipungut biaya. Selain berfoto di ruang-ruang yang cantik, ilmu pun dapat diperoleh dengan mengikuti talkshow dari deretan narasumber yang menginspirasi.

Sudah siap menggapai cita-citamu?

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup