Selangkah Lebih Nyata ke Eropa, Begini Tips Mewujudkannya!

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 22 November 2018 16:47
Selangkah Lebih Nyata ke Eropa, Begini Tips Mewujudkannya!
Kamu punya mimpi pergi ke Eropa?

Dream - Paris yang romantis, Italia yang manis, dan Praha yang eksotik. Semua kota-kota di Eropa ini mungkin sudah mengisi bucket list untuk kamu kunjungi.

Benua Biru ini memang menyimpan potensi wisata tak terbatas. Mulai dari panorama alamnya, bangunan bersejarah, hingga budaya yang menarik untuk ditelusuri.

Jangan biarkan mimpimu terus menggantung, manfaatkan kesempatan dan tentunya bujet yang ada setidaknya sekali seumur hidup menjejakkan kaki di Eropa. Prosesnya nggak serepot yang Sahabat Dream bayangkan kok, asal mengikuti beberapa langkah berikut ini:

Membuat e-paspor

 shutterstock

Sumber foto: Pexels

Agar bisa bepergian ke luar negeri, syaratnya mutlak yaitu harus memiliki paspor. Kini, ada dua pilihan jenis paspor yang bisa digunakan yaitu paspor biasa dan paspor elektronik alias e-paspor. Fisiknya sama, yang membedakan adalah chip di dalam e-paspor berisi data biometrik pemiliknya, mulai dari sidik jari dan bentuk wajah.

Sayangnya, e-paspor baru bisa dilakukan di Jakarta, Batam, dan Surabaya dengan harga yang lebih mahal ketimbang paspor biasa. Namun, keuntungan yang didapat sebanding kok.

Kamu tidak perlu mengantre panjang di pintu pemeriksaan imigrasi dan lebih mudah mendapat persetujuan visa kunjungan karena akan diverifikasi oleh negara tujuan.

Mempersiapkannya cukup mudah. Pertama, download aplikasi Paspor Online melalui Google Play atau App Store, kemudian isi data diri. Kamu bisa memilih jadwal yang diinginkan untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi.

Cetak dokumen yang diterima untuk melengkapi berkas lainnya, seperti KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan atau buku nikah, dan paspor lama jika ingin memperpanjang. Datang langsung ke Kantor Imigrasi yang ditunjuk untuk melakukan verifikasi data dan wawancara. Lanjutkan dengan pembayaran biaya pembuatan e-paspor via transfer bank.

Siapkan rekening koran

 pexels

Sumber foto: Pexels

Selain paspor, rekening koran merupakan dokumen yang wajib disertakan saat ingin mengajukan visa ke destinasi manapun. Tujuannya, memastikan siapa pun yang datang ke negara tujuan punya dana yang cukup untuk bepergian dan kembali pulang ke Indonesia sesuai waktu yang ditentukan.

Biasanya, kedutaan akan meminta rekening koran atau bukti tabungan selama 3 bulan terakhir. Pastikan untuk tidak menerima setoran mendadak dalam jumlah besar karena akan dianggap sebagai uang pinjaman dan kemungkinan besar visa akan ditolak.

Nah, yang sering menjadi pertanyaan adalah berapa jumlah dana minimal di tabungan untuk mengajukan visa Schengen. Dari sekian banyak negara Eropa, hanya Belanda yang menentukan dana minimal 30 Euro dikali jumlah hari tinggal di Eropa.

Jika ingin berlibur selama 15 hari di Eropa, setidaknya Sahabat Dream mengantongi 450 Euro atau sekitar Rp7,5 juta di tabungan.

Itinerary yang jelas

 pexels

Membuat itinerary itu susah-susah gampang karena tergantung pada Sahabat Dream. Misalnya, kamu yang suka dengan aktivitas outdoor bisa mengunjungi Swiss atau Austria. Sementara itu, yang ingin menjajal piza dan mengunjungi bangunan bersejarah akan lebih tepat menghabiskan waktu di Italia.

Pertimbangkan berapa hari liburanmu ke Eropa, jangan sampai memaksakan diri mengunjungi terlalu banyak negara dalam waktu yang singkat.

Tentukan negara yang akan dikunjungi dan rencanakan dengan matang. Mulai dari daftar tempat wisata, waktu, transportasi, hingga biaya yang diperlukan. Utamakan memilih negara yang lokasinya berdekatan agar nggak membuang terlalu banyak waktu dan tenaga di perjalanan.

Selain itu, gunakan beberapa aplikasi yang memudahkanmu membuat itinerary, seperti peta digital hingga aplikasi untuk mencari rute transportasi dan penginapan.

Apply Visa Schengen lebih awal

 pexels

Visa Schengen merupakan visa khusus yang diperlukan untuk menjelajah 26 negara Eropa, termasuk Swiss, Perancis, Jerman, Italia, Belanda, dan Spanyol. Masa berlaku visa ini selama 90 hari (minimal 6 bulan), tapi ada juga yang berlaku setahun untuk multiple entry.

Jangan terlalu mepet mengajukan Visa Schengen karena butuh waktu sekitar 15 hari kerja untuk mengurusnya, bahkan lebih lama saat musim liburan.

Sebaiknya, urus 3 bulan sebelum keberangkatan untuk mengantisipasi jika visa ditolak dapat mengajukannya kembali. Pastikan kelengkapan berkas dan siapkan dana yang cukup untuk membayar pengurusan visa.

Pesan tiket pesawat ke luar negeri

 pexels

Setelah mendapatkan Visa Schengen, kini saatnya berburu tiket pesawat. Jika ingin mengirit, pastikan berangkat ke Eropa saat low season yang biasanya jatuh pada bulan Februari, Maret, September, dan Oktober.

Untuk memudahkanmu memonitor harga dan memesan tiket pesawat, gunakan aplikasi traveling yang terpercaya seperti Traveloka.

Apalagi, ada promo GIRANG Save on 25th yang akan berlangsung dari 25 November hingga 5 Desember 2018. Manfaatkan promo langka dari Traveloka ini untuk mendapatkan tiket lebih murah ke Eropa, mulai dari harga Rp5 juta PP dengan maskapai full service.

Bahkan, Sahabat Dream bakal mendapatkan kemudahan lainnya dengan memanfaatkan cicilan 0% dengan kartu kredit dan fitur PayLater.

Yuk, wujudkan mimpi ke Eropa dengan beragam keuntungan yang ditawarkan GIRANG Save on 25th dari Traveloka!

Beri Komentar
Ini Alasan Pemerintah Kucurkan Dana Desa