10 Jenis Rujak Khas Indonesia yang Menggugah Selera

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 12 September 2019 16:36
10 Jenis Rujak Khas Indonesia yang Menggugah Selera
Siapa yang tak kenal kuliner khas Indonesia yang satu ini? Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki rujak. Berikut 10 jenis rujak dari berbagai daerah di Indonesia.

Dream- Rujak merupakan salah satu jenis kuliner yang sangat khas dan mengundang selera. Termasuk dalam jenis salad namun lebih banyak berisi buah-buahan dan sedikit sayuran, rujak semakin menggoda untuk dicicipi dengan saus khas yang dituang di atasnya.

Umumnya rujak terdiri dari berbagai jenis buah, seperti bengkoang, pepaya, mangga dan buah-buahan tropis lainnya. Sedangkan sausnya bisa dibuat sesuai selera. Rujak kuliner ini bisa mempunyai rasa pedas, manis dan asam.

Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki jenis rujak dengan rasa yang khas. Rujak-rujak dari berbagai daerah ini memiliki keunikannya masing-masing, dan wajib dicoba saat berlibur ke daerah tersebut.

Berikut 10 jenis rujak khas Indonesia yang unik dan menggugah selera.

1 dari 5 halaman

Kuliner Khas Indonesia, Rujak Aceh dan Palembang

Rujak U Groeh Aceh

Kalau rujak pada umumnya terbuat dari buah-buahan, rujak asal Acel ini sangat unik dan berbeda dari kuliner sejenis dari daerah lainnya. Nama rujak ini ialah Rujak U Greoh yang terbuat dari batok kelapa muda.

Batok kelapa ya, Sahabat Dream, bukan daging kelapanya.

Rujak U Groeh dibumbui dengan bumbu rujak seperti bahan dasar yang dipakai pada rujak lainnya seperti gula merah, cabai, jeruk nipis, dan diberi tambahan tepung roti.

Cita rasa yang dihasilkan dari olahan batok kelapa ini sangat unik. Kita pasti membayangkan betapa kerasnya batok kelapa. Untuk menggunakan bahan ini kamu harus memakai batok kelapa muda yang memiliki tekstur renyah dan gurih.

 Rujak khas Indonesia


Rujak Mie Palembang

Dari namanya saja sudah jelas kalau rujak khas Palembang ini tidak terbuat dari buah-buahan tapi terbuat dari mie. Rujak mie juga dilengkapi pempek, timun, dan saus cuko khas Palembang yang memiliki cita rasa pedas manis asam yang khas.

Rasanya rujak mie Palembang ini sangat mirip dengan kuah yang biasa digunakan untuk pempek.

2 dari 5 halaman

Kuliner Khas Indonesia, Rujak Jakarta dan Jogja

Rujak Juhi Jakarta

Jakarta dikenal dengan makanan khas Betawi yang menggoyang lidah. Salah satunya Rujak Juhi yang terbuat dari mie kuning yang diberi tambahan sayuran, potongan ikan kering, kentang, dan timun.

Rujak yang satu ini disiram saus kacang khas Betawi yang pastinya membuat kita menelan ludah.

Rujak Es Krim Jogja

 Rujak khas Indonesia

Rujak dikenal sebagai makanan yang pedas. Tapi apa jadinya kalau bumbu pedas ini diberi es krim atau disajikan dalam kondisi dingin? Yang pasti rasanya sangat segar dan bikin ketagihan. Seperti Rujak Es Krim khas Jogja, yang terbuat dari serutan buah-buahan dan disiram dengan kuah pedas.

Kuah pedas ini terbuat dari cabai dan gula merah yang ditumbuk halus, lalu dicampur dengan serutan buah. Dan disajikan dengan es krim atau es batu. Sangat cocok untuk udara yang panas.

3 dari 5 halaman

Kuliner Khas Indonesia, Rujak Malang dan Surabaya

Rujak Gobet Malang

Hampir sama dengan rujak khas Jogja, Rujak Gobet khas Malang ini juga terbuat dari buah-buahan yang diserut atau potongan buah yang memanjang dan tipis. Lalu disiram dengan saus pedas. Bedanya dengan rujak khas Jogja terletak pada penyajiannya.

Rujak Gobet terlebih dahulu direndam dalam kuah saus sebelum disajikan.

Rujak Cingur Surabaya

 Rujak khas Indonesia

Siapa yang tak tahu rujak cingur? Jenis rujak yang satu ini sudah sangat terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Rujak ini dibuat dari potongan cingur (hidung) sapi yang direbus dan disajikan bersama buah-buahan, lalu disiram saus kacang yang pedas.

Tidak hanya buah-buahan, rujak ini juga sering disajikan dengan mencampur sayuran, seperti timun, kecambah, atau bayam.

4 dari 5 halaman

Kuliner Khas Indonesia, Rujak Jawa Timur

Rujak Soto Banyuwangi

Kuliner khas Indonesia jenis rujak selanjutnya berasal dari Banyuwangi, namanya Rujak Soto Banyuwangi. Jenis rujak ini merupakan perpaduan antara masakan soto dan rujak, terlihat dari kuahnya yang sangat banyak dan isiannya berupa sayur-sayuran. Jenis rujak ini sangat sedap disantap saat sangat dan ketika saat hujan.

Rujak Petis Jawa Timur

 Rujak khas Indonesia

Jenis rujak yang satu ini memiliki kemiripan dengan kuliner khas Jawa Pecel. Bedanya, Rujak Petis ini diisi dengan sayuran dan buah-buahan. Setelah itu disiram dengan saus kacang pedas yang khas.

Untuk rasa hampir sama dengan Rujak Cingur, namun tidak memakai cingur. Sebagai gantinya, ruja petis memakai tahu dan tempe untuk pelengkapnya.

5 dari 5 halaman

Kuliner Khas Indonesia, Rujak Bali dan Lombok

Rujak Kuah Pindang Bali

Bali juga memiliki kuliner khas rujak mereka yang bernama Rujak Kuah Pindang yang terbuat dari sayuran yang dicampur dengan buah mangga, pepaya, dan disiram dengan kuah pindang. Rujak ini juga diberi campuran ikan yang membuat cita rasanya menjadi unik.

 Rujak khas Indonesia


Rujak Terasi Lombok

Di Lombok juga terdapat rujak khas mereka sendiri, namanya Rujak Terasi. Secara tampilan luarnya, rujak ini tidak terlalu berbeda dengan rujak es krim, yang membedakan ialah kuah saus rujaknya. Seperti namanya, Rujak Terasi ini menggunakan tambahan terasi untuk membuat kuah sausnya. Lalu, kuah saus ini akan disiramkan ke potongan buah mangga dan buah-buah lainnya.

Bagaimana Sahabat Dream, sudah coba semua jenis rujak kuliner khas Indonesia di atas?

(Sah, Sumber: Wonderful Indonesia)

Beri Komentar
Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya