5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah

Reporter :
Kamis, 21 Februari 2019 12:45
5 Sambal Khas Jawa Timur, Pedasnya Menantang Lidah
Salah satu daerah yang sangat terkenal dengan ragam sambalnya adalah Jawa Timur.

Dream - Sambal menjadi sajian yang tak boleh absen dalam menu makanan orang Indonesia. Sensasi rasa pedas nan gurih dalam sekejap bisa membangkitkan nafsu makan.

Selain dari kawasan Pasunda, salah satu daerah yang sangat terkenal dengan ragam sambalnya adalah Jawa Timur.

Makanan dari daerah ini terkenal pedas, ditambah dengan pilihan sambal yang sangat menggiurkan. Banyak orang kepincut dengan sambal-sambal dari Jawa Timur.

Tak percaya? Kalau kamu berani, coba tantang lidah kamu dengan pedasnya sambal-sambal ini

Sambal Petis

Merupakan sambal yang terbuat dari petis udang, cabai rawit, bawang putih goreng, gula merah, garam dan kecap manis. Sambal petis memiliki cita rasa khas manis gurih. Biasanya, sambal ini disajikan bersama tahu goreng, gorengan atau camilan lain sebagai cocolan.

Sambal Bawang

Sambal bawang juga menjadi sambal khas Jawa Timur. Sambal bawang terbuat dari cabai rawit dan bawang putih serta garam. Sambal bawang memiliki cita rasa khas gurih sekaligus pedas mantap. Sambal bawang cocok disajikan bersama tempe, tahu, ayam atau ikan goreng. Sambal bawang juga cocok disajikan bersama sayur bening atau sayur sop.

1 dari 2 halaman

Jangan Lupa Jajal Sambal Ini

Sambal Tumpang

Sambal selanjutnya yang begitu khas dengan Jawa Timur adalah sambal tumpang. Sambal ini berasal dari kota Kediri, Jawa Timur.

 Sambal Tumpang

(Foto: Shutterstock)

 

Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe yang sudah basi atau tempe bosok kemudian dihaluskan bersama aneka bumbu yakni cabai rawit, bawang putih, lengkuas, daun salam, garam dan sedikit gula. Agar rasa sambal semakin gurih, sambal tumpang bisa disiram dengan minyak goreng panas.

2 dari 2 halaman

Sambal Pecel dan Kecap

Sambal Pecel (Kacang)

Blitar dan Madiun merupakan kota di Jawa Timur yang sangat terkenal dengan sambal pecel atau kacang. Sambal pecel memiliki cita rasa khas yang sangat menggugah selera. Sambal pecel adalah bumbu utama dalam sajian sayur pecel.

 Gurihnya Pecel Semanggi Langka Khas Kendal, Penasaran Mencoba?

Sambal Kecap

Sambal kelima yang begitu khas di Jawa Timur adalah sambal kecap. Sambal kecap terbuat dari irisan cabai rawit, bawang merah dan putih yang kemudian dicampur dengan kecap manis. Sambal ini memiliki cita rasa pedas mengugah selera dan segar. Sambal kecap sangat cocok disajikan bersama ikan bakar, ayam bakar atau bebek bakar.

(Sah, Laporan: Mimi Rohmitriasih/ Fimela.com)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen