Berapa Lama Saus Pasta Tahan di Lemari Es? Yuk, Cari Tahu

Reporter : Mutia Nugraheni
Kamis, 16 September 2021 10:36
Berapa Lama Saus Pasta Tahan di Lemari Es? Yuk, Cari Tahu
Seringkali kita memasak saus pasta dalam jumlah banyak dan menyimpannya dalam kulkas.

Dream – Makanan khas Italia seperti pasta sudah sangat akrab di lidah banyak orang, termasuk warga Asia. Saking lezatnya, seseorang dapat memasak terlampau banyak sehingga saus pasta yang creamy dan gurih jadi tidak habis.

Jika tidak habis, jangan dibuang ya Sahabat Dream! Dilansir dari Martha Stewartt, saus tomat merupakan bahan yang selalu digunakan. Baik memasak pasta untuk makan malam, maupun jadi campuran hidangan lain agar lebih kaya rasa.

Penting untuk mengetahui berapa lama saus pasta bertahan di kulkas. Sama halnya dengan sisa makanan lain, saus pasta yang dimasak harus disimpan di kulkas. Menurut Barilla, saus pasta dalam toples yang belum dibuka harus disimpan pada suhu ruang.

Lasagna© Shutterstock

Begitu dibuka harus langsung digunakan untuk menghindari bakteri pembusuk datang. “ Berapa lama setoples saus pasta bertahan di kulkas itu tergantung dengan bahan yang digunakan dalam saus, tapi kamu harus mendinginkan saus apapun yang tidak langsung dimasak untuk menjaga kualitasnya setelah dibuka,” kata Nicole Birmingham, peneliti makanan di Rao’s Homemade.

 

1 dari 2 halaman

Kebanyakan saus pasta dalam memiliki umur simpan sekitar satu tahun. Meski demikian, setelah dibuka saus pasta harus cepat digunakan untuk menghindari tumbuhnya jamur yang membuat makanan terpaksa dibuang.

“ Setelah membuka makanan dalam kaleng seperti saus tomat, dapat bertahan di kulkas selama lima hingga tujuh hari sebelum digunakan,” kata Shelley Feist, ahli keamanan pangan.

Selain jamur, tidak ada tanda lain yang mempermudah kita mendeteksi bahwa saus tomat sudah tidak layak dikonsumsi. “ Kita tidak dapat melihat, mencium, atau merasakan bakteri yang menyebabkan penyakit,” kata Feist.

 

2 dari 2 halaman

Ia merekomendasikan untuk selalu memanaskan saus hingga 100 derajat celcius sebelum menggunakannya. Hal ini berfungsi untuk membuntuh bakteri apapun yang disebabkan oleh pembusukan.

Spageti© Shutterstock

Lantas, bagaimana dengan saus tomat buatan sendiri di rumah? Saus tomat buatan sendiri memiliki umur yang lebih pendek karena tidak mengandung pengawet. Umumnya, saos tomat buatan sendiri akan bertahan untuk tiga hingga lima hari saja.

Laporan Angela Irena Mihardja

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai 'etalase'.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

Beri Komentar