Hemat Waktu, Teknik Merebus Kentang Agar Cepat Matang

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 7 Oktober 2019 17:36
Hemat Waktu, Teknik Merebus Kentang Agar Cepat Matang
Tak perlu berlama-lama di dapur saat menunggu kentang matang.

Dream - Kentang termasuk bahan makanan yang wajib ada di dapur. Saat malas atau bosan makan nasi, kentang biasanya jadi pilihan utama. Rasanya yang manis dan gurih, membuat kentang bisa diolah dengan beragam cara.

Mulai dari direbus, panggang, hingga digoreng. Bagi yang lebih suka makanan sehat, menu kentang rebus biasanya jadi pilihan utama. Tak menggunakan minyak, sehingga kalorinya lebih sedikit.

Saat merebus kentang, karena kondisinya cukup tebal biasanya akan membutuhkan waktu yang lama. Nah, ada cara mudah untuk menghemat waktu saat merebus kentang. Ikuti saja langkah berikut.

1 dari 5 halaman

Gunakan microwave

Kentang© Pixabay

Cuci kentang dan simpan dalam wadah yang aman untuk microwave. Tuangkan air di wadah tersebu sampai setengah penuh. Tutup dengan tutup wadah atau bungkus plastik dan masak di microwave selama 2-3 menit, tergantung jumlahnya. Dalam waktu tersebu kentang pun akan matang hingga ke dalam dengan lebih cepat dibanding memasaknya di kompor.

2 dari 5 halaman

Tusuk terlebih dulu

Cara apa pun yang dipilih untuk merebus kentang, pastikan untuk menusuknya sebelum direbus.

Kentang© Pixabay

Cuci kentang, kupas, kemudian tusuk dengan garpu di beberapa bagian. Hal ini agar panasnya air bisa lebih cepat mematangkan kentang bagian dalam.

 

3 dari 5 halaman

Potong dulu sebelum direbus

Kentang© Pixabay

Jika ingin membuat mashed potato, kentang balado atau olahan kentang dadu, potonglah lebih dulu. Kentang yang telah dipotong kecil atau sedang akan lebih cepat matang saat direbus.

 

4 dari 5 halaman

Rendam terlebih dulu

Kentang© Pixabay

Untuk mempercepat bisa juga rendam kentang di dalam panci yang telah diisi air dan dimasak. Rebus air di panci lain. Setelah air mendidih, tuangkan ke panci berisi kentang yang telah direndam.

Sumber: Food NDTV

5 dari 5 halaman

Kentang Tak Menghitam Saat Dikupas, Ini Caranya

Dream - Mendiamkan kentang yang telah dikupas pada suhu ruangan akan mengubah warna menjadi abu-abu atau kehitaman. Tapi jangan khawatir, karena ini adalah reaksi alami yang tidak berbahaya.

Kentang masih bisa diolah menjadi masakan meskipun sudah berubah jadi gelap. Tak hanya kentang, buah seperti apel, pir, pisang, dan buah persik, mengandung enzim yang ketika terpapar dengan oksigen, bereaksi menghasilkan perubahan warna pada permukaannya.

Untuk mencegah reaksi ini, enzim harus dinonaktifkan dengan suhu dingin, panas, asam, atau bisa juga dengan memberikan penghalang untuk mencegah oksigen keluar.

Dikutip dari TheSpruceEat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kentang berubah menjadi gelap kehitaman.

Kentang Tak Menghitam Saat Dikupas, Ini Caranya© MEN

Rendam dengan air

Agar warna kentang tetap cerah saat dikupas, rendam kentang dengan air dingin hingga siap digunakan. Tiriskan hingga kering. Bisa juga rendam kentang selama semalaman untuk menjaga kentang tetap dingin dan mencegah perubahan warna.

Rendam kentang dengan larutan asam askorbat Campur sedikit asam askorbat dari vitamin C pada kentang yang sudah diparut. Dengan cara menghancurkan sedikit tablet vitamin C hingga menjadi bubuk, dan beri sedikit air. Cara ini akan bekerja sangat baik untuk memutihkan warna kentang yang keabuan.

Selain vitamin C, bisa juga menggunakan cuka atau jus lemon, untuk membantu mengubah warna kentang.

Gabungkan keduanya

Gabungkan kedua metode ini dengan merendam kentang dalam mangkuk berisi air dingin yang dicampur dengan cuka atau jus lemon. Atau mengeluarkan udara pada bungkus kentang yang sudah dikupas atau diparut menggunakan vakum.

Selamat mencoba!

Laporan Ava Haprin

Beri Komentar