Tips Makanan di Kulkas Aman Dikonsumsi Saat Listrik Padam

Reporter :
Rabu, 6 Maret 2019 11:15
Tips Makanan di Kulkas Aman Dikonsumsi Saat Listrik Padam
Periksa dulu makanan sebelum dikonsumsi.

Dream - Siapa yang tak sebal jika listrik di rumah mengalami pemadaman bergilir? Jika hanya beberapa menit saja mungkin tak mengganggu. Tapi kamu pasti kesal jika pemadaman berlangsung hingga hitungan jam.

Bukan hanya rumah menjadi gelap dan panas, makanan yang disimpan di dalam kulkas juga menjadi rusak karena mesin pendingin tak bisa bekerja.

Saat listrik padam, selain menyalakan lampu darurat, adalah menyelamatkan makanan dan minuman di dalam kulkas. Tujuannya tentu agar makanan itu tak lekas menjadi basi.

Dikutip dari House Beautiful, berikut beberapa tips cara menjaga makanan tak cepat basi dan rusak di kulkas saat listrik padam

Jangan buka tutup

Tutup saja kulkas kamu selama listrik padam. Buka pintu kulkas jika kamu benar-benar memerlukannya. Dengan pintu yang tertutup, makanan di lemari es kamu bisa tetap dingin selama empat jam.

Kamu memiliki lebih banyak waktu luang dengan waktu untuk makanan di dalam freezer, yang bisa tetap dingin hingga 48 jam jika penuh, dan 24 jam jika sekitar setengah penuh.

Gunakan dry ice

Jika kehilangan daya listrik untuk jangka waktu yang lama, gunakan dry ice. Bisa gunakan 50 pon dry ice untuk lemari es tetap dingin selama dua hari.

1 dari 1 halaman

Cek Temperatur

Periksa temperatur

Sebagian besar makanan memang aman dikonsumsi jika pintu kulkas tertutup. Waspadalah, apapun yang disimpan pada suhu 40 derajat celsius atau lebih, selama lebih dari dua jam, tidak aman untuk dikonsumsi.

Jika kehilangan daya saat panas, makanan harus dibuang setelah satu jam jika terkena suhu 90 derajat celsius atau lebih tinggi.

 Bahaya Simpan Telur di Kulkas

Hati-hati dalam mengkonsumsi makanan

Sekali pun makanan di lemari es masih dingin, harus tetap sangat berhati-hati. Terutama daging, susu, telur, atau ikan. Pastikan semuanya dimasak dalam suhu yang aman untuk memastikan bahwa semua bakteri bawaan makanan dihancurkan.

(Sah, Laporan Ratih Permata Sari)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi