Lezatnya Mie Rebus ala Minangkabau

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 22 April 2016 14:14
Lezatnya Mie Rebus ala Minangkabau
Keluar dari ciri khas rumah makan Padang pada umumnya, kini Restoran Bofet Sinok mencoba menjajaki pasar kuliner dengan varian menu baru berbahan dasar mie.

Dream - Citarasa kuliner tanah Minangkabau selalu identik dengan makanan bersantan dan berlemak. Aroma rendang, asam padeh dan aneka rupa balado siap memanjakan lidah para penikmat kuliner.

Tapi kini, para penggiat kuliner khas Sumatera Barat terus berinovasi dengan menciptakan menu baru. Keluar dari ciri khas rumah makan Padang pada umumnya, Restoran Bofet Sinok mencoba menjajaki pasar kuliner dengan varian menu baru berbahan dasar mie.

" Ini adalah mie rebus ala Minang, yang membedakan itu karena pakai kaldu asli tulang sapi, tidak ada yang instan," kata Ibu Suratman saat dijumpai di Hotel Oasis Jakarta Pusat, kemarin.

Perempuan berhijab ini, dengan sukarela membagi resep rahasia turun-temurun nenek moyang. Ia beranggapan bahwa kelezatan masakan Padang harus dibagikan agar orang-orang dapat mencicipi nikmatnya masakan khas Kota Gadang tersebut.

Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan untuk membuat satu porsi mie rebus ala Minangkabau:

Bahan:
70 gram mie telur
1 siung bawang putih diiris
2 sendok makan irisan kol
1/2 sendok makan irisan daun bawang
1/2 sendok makan cabai merah giling
1/2 sendok teh penyedap rasa
1/2 sendok makan kecap asin
1/2 sendok makan kecap manis
1/2 sendok teh cuka
2 butir telur ayam
Minyak makan secukupnya
1 sendok makan rendang yang sudah dihaluskan
300 ml air

Cara Memasak:
Pertama, rebus mie dengan air mendidih selama 2-3 menit. Sembari menunggu, tumis bumbu (bawang putih, irisan kol, irisan daun bawang, cabai merah giling dan penyedap rasa) dengan minyak yang telah dipersiapkan.

Setelah itu masukan air kaldu rebusan daging/tulang sapi. Kemudian kocok satu butir telur dan masukkan ke dalam wajan yang dipakai untuk menumis bumbu.

Masukkan mie yang telah ditiriskan ke dalam wajan dan tunggu hingga mendidih. Sedangkan telur yang satu lagi, sajikan dalam bentuk telur goreng mata sapi. Terakhir sempurnakan kelezatan mie rebus dengan taburan rendang yang telah dihaluskan.

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna