Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rahasia di Balik Kelezatan Susu Pasteurisasi

Rahasia di Balik Kelezatan Susu Pasteurisasi Foto: Greenfields

Dream - Setiap Selasa kedua di bulan Juli, warga Amerika Serikat merayakan “Cows’ Appreciation Day” di mana masyarakat diajak untuk 'menghargai' sapi dengan tidak menyantap dagingnya di hari tersebut.

“Cows’ Appreciation Day” diterapkan di Amerika Serikat sejak tahun 2005, tua-muda berbondong-bondong memakai atribut dan kostum sapi ke salah satu gerai fast food ternama di sana untuk bisa mendapatkan hidangan gratis.

Namun, tidak ada salahnya jika “Cows’ Appreciation Day” kemudian membuat kita teringat dengan sapi yang sudah sejak ribuan tahun menjadi sumber pangan seperti daging dan susu yang selain rasanya yang lezat juga mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh.

Tahun ini, “Cows’ Appreciation Day” diperingati pada Selasa, 13 Juli 2021.

Apakah kamu juga bisa memberikan penghargaan kepada para peternak yang sudah membantu merawat dan memerah sapi sehingga kita bisa menikmati hasilnya?

Greenfields secara harfiah selalu memberikan penghargaan tinggi kepada sapi dengan memberikan perawatan terbaik di peternakan modern canggih di dua peternakan yang berlokasi di Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar.

Sebab, dengan cara ini, Greenfields percaya bahwa sapi yang happy akan menghasilkan susu berkualitas tinggi yang lezat dan bernutrisi.

Happy Cows

Greenfields memiliki lebih dari 15.000 ekor sapi Holstein dan Jersey yang induknya diimpor langsung dari Australia. Para sapi dirawat dan dijaga layaknya selebriti di kedua peternakan Greenfields.

- Greenfields menyiapkan sand-bedding yang nyaman, bersih dan didesain khusus untuk menjaga kenyaman sapi-sapi tersebut.

- Setiap sapi mendapat perawatan kesehatan dan nutrisi yang istimewa dari tim dokter hewan dan ahli gizi untuk memastikan mereka dipelihara sesuai dengan standar peternakan internasional.

- Sapi-sapi selalu dimanjakan dengan pakan sehat terdiri jagung dengan kualitas terbaik, biji-bijian, Rumput Alfalfa yang didatangkan khusus dari luar negeri dan jenis rumput lokal khusus yang disebut Rumput Odot karena memiliki kandungan protein dan serat tinggi.

- Para sapi juga “berolahraga” ringan dengan teratur, mereka berjalan kaki setiap hari dari kandang tempat mereka tinggal ke lokasi pemerahan tiga kali sehari.

- Tidak ketinggalan pula, sapi diberikan perawatan kuku (pedicure) dua kali setahun untuk memastikan mereka bisa berjalan dengan lebih nyaman.

Dari peternakan sampai ke tangan kita, sapi-sapi tersebut tidak terkontaminasi tangan manusia. Berikut prosesnya yang wajib Sahabat Dream tahu!

- Setelah para sapi yang happy diperah di peternakan Greenfields, susu langsung dialirkan ke cooling chamber untuk menurunkan suhunya dan mengeliminasi bakteri yang mungkin terbawa saat pemerahan.

- Susunya pun langsung dikirim menggunakan tangki pendingin ke pabrik Greenfields di Palaan, Malang untuk diolah menjadi berbagai macam produk susu dan turunannya.

- Masing-masing produk diolah dengan metode yang sesuai dan tentunya tidak terkontaminasi tangan manusia.

Greenfields

- Untuk Greenfields Fresh Milk, susu yang sudah dipasteurisasi kemudian dilakukan pengemasan dengan mesin ultra clean filling system.

- Untuk Greenfields UHT, susu yang sudah disterilisasi dengan proses Ultra High Temperature (UHT) dan dilakukan pengemasan menggunakan mesin aseptic filling.

- Untuk produk dairy Greenfields lainnya, susu yang sudah dipasteurisasi kemudian melewati proses fermentasi, pengolahan menjadi yogurt atau keju, kemudian masuk proses pengemasan secara aseptik.

- Proses yang sepenuhnya otomatis dan terintegrasi dari pasteurisasi maupun sterilisasi hingga pengemasan dikendalikan oleh Programmable Logic Controller (PLC) yang menjamin proses tersebut berjalan lancar dan tidak ada kesalahan.

Kelebihan Proses pasteurisasi

- Susu segar dari peternakan Greenfields melewati proses pasteurisasi untuk menghancurkan patogen, spora, mikroorganisme yang tidak baik, sehingga kesegaran dan nutrisi dari Susu Segar Pasteurisasi Greenfields tetap terjaga.

- Susu yang telah dipasteurisasi membantu menjaga kualitas susu segar dengan menghancurkan mikroorganisme yang mengakibatkan kerusakan, tetapi tidak merusak seluruh enzim-enzim yang terkandung. Enzi mini bermanfaat untuk membantu pencernaan susu di dalam tubuh.

Greenfields

- Pasteurisasi juga dapat mempertahankan nutrisi yang baik dari susu segar tanpa menjadi basi asalkan disimpan pada suhu yang dianjutkan yaitu antara 1–4oC, suhu di mana mikroba tidak bisa beraktivitas dan menyebabkan kerusakan susu.

- Jangan lupa, susu yang diproses dengan Teknik Pasteurisasi rasanya lebih lezat, tidak membuat eneg dan sangat menyegarkan apalagi jika dikonsumi dalam keadaan dingin.

Coba konsumsi secara langsung untuk bisa menikmati kelezatan susu yang dipasteurisasi, Sahabat Dream.

Haruskah Rutin Minum Susu Demi Tingkatkan Imun?

Dream - Terjadi panic buying susu kaleng merek tertentu saat lonjakan kasus Covid-19. Harganya di ecommerce bahkan meroket tinggi. Banyak masyarakat percaya kalau susu tersebut efektif meningkatkan imunitas sehingga tak mudah tertular virus Covid-19.

Sahabat Dream tak perlu memborong apalagi sampai menimbun susu tersebut. Dokter Arti Indira MGz, spesialis Gizi Klinik, menjelaskan kalau nilai gizi dalam susu kaleng tersebut tak jauh berbeda dengan susu pada umumnya.

" Dalam setiap kalengnya (1 kaleng 189 ml) mengandung energi 120 kalori, karbohidrat 9 gram, protein 6 gram, lemak 7 gram. Bila dibandingkan dengan susu kemasan lainnya, kandungan gizi dari susu kaleng ini tidak jauh berbeda," ungkap dr. Arti kepada Dream.co.id.

Dokter Arti

dr. Arti Indira/ Dok pribadi

Menurutnya, untuk menjaga imunitas tubuh, bukan hanya dibutuhkan asupan susu. Ada empat hal yang harus diperhatikan agar sistem imunitas bekerja optimal.

" Kita perlu memperhatikan 4 pilar imunitas yaitu nutrisi, olah raga, tidur, kesehatan mental. Nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga imunitas adalah dengan menjalankan diet gizi seimbang, yang harus memperhatikan asupan karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. Mengonsumsi susu merupakan salah satu opsi untuk mendapatkan protein, dan beberapa zat gizi lain berupa vitamin D, kalsium dan lain-lain," kata dr. Arti.

Penting diingat, konsumsi susu kalengan juga tak otomatis meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Perlu ada asupan zat gizi lain dari yang kita makan dan minum sehari-hari.

" Untuk menjaga sistem imunitas kita, konsumsi susu harus juga dibarengi dengan konsumsi makanan sehat lainnya dan juga hal lain sesuai pilar imunitas. Hanya mengonsumsi susu tanpa disertai asupan makanan bergizi lain tidak akan terlalu berdampak pada imunitas," pesan dr. Arti.

Minum Susu Tak Perlu Rutin

Banyak yang beranggapan di situasi pandemi seperti sekarang harus ekstra minum susu dari biasanya. Ternyata hal ini kurang tepat. Masih banyak asupan lain yang mengandung protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, selain susu.

" Jika bahan makanan sumber protein, kalsium dan vitamin D bisa digantikan yang lain, maka tidak harus mengonsumsi susu. Protein bisa didapatkan dari sumber hewani (ayam, ikan, daging, telur dll) dan nabati (kedelai, kacang hijau, kacang merah dll)," kata dr. Arti.

Dokter yang praktik di Beyoutiful Aesthetic Clinic ini mengingatkan untuk lebih memilih informasi dalam situasi sekarang. Jangan mudah percaya, apalagi sampai melakukan panic buying produk, apalagi obat tertentu yang diklaim bisa mencegah atau mengobati Covid-19.

" Kita seharusnya sudah lebih kritis memilah informasi yang berhubungan dengan Covid-19. Hingga saat ini belum ada obat untuk mengobati virus corona, apalagi dari bahan makanan. Sampai sekarang, belum ada bahan makanan tertentu yang terbukti mencegah apalagi mengobati Covid-19. Oleh karena itu, untuk menjaga imunitas, tetaplah mengonsumsi pola makan gizi seimbang, olahraga intensitas sedang, tidur yang cukup, dan kesehatan mental yang baik," pesan dr. Arti.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Belanja Lotion? Kenali 3 Bahan Utamanya, Pilih yang Paling Tepat Buat Kulit

Belanja Lotion? Kenali 3 Bahan Utamanya, Pilih yang Paling Tepat Buat Kulit

Perhatikan cara pilih dan pakai lotion agar lebih efektif melembapkan kulit tanpa rasa lengket.

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Eksfoliasi harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak mengiritasi kulit serta menyebabkan masalah lainnya. Pakai produk yang tepat dan cocok untuk kulit.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ini Langkah Mengaplikasikan Skincare dengan Urutan yang Tepat

Ini Langkah Mengaplikasikan Skincare dengan Urutan yang Tepat

Urutan yang benar mampu membantu kulit menyerap bahan-bahan aktif lebih maksimal. Yuk, simak rangkaiannya!

Baca Selengkapnya
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Formula Berbahaya yang Wajib Dihindari Saat Beli Kosmetik

Formula Berbahaya yang Wajib Dihindari Saat Beli Kosmetik

Jangan asal beli produk kosmetik. Perhatikan kandungan yang perlu dicari dan dihindari karena bisa berbahaya bagi kulit maupun kesehatan tubuh.

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Rambut Sulit Menyerap Produk Hair Care? Mungkin Porositasnya Rendah

Rambut Sulit Menyerap Produk Hair Care? Mungkin Porositasnya Rendah

Rambut dengan porositas rendah cenderung memiliki lapisan kutikula yang rapat sehingga sulit untuk menutrisi rambut

Baca Selengkapnya
5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

5 Kebiasaan Pakai Skincare yang Ternyata Malah Bikin Jerawatan, Ada yang Sering Kamu Lakukan?

Jangan disepelekan, ternyata kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat.

Baca Selengkapnya