Rumitnya Membuat Lapis Serawak, Salah Sedikit Bisa Fatal

Reporter : Mutia Nugraheni
Sabtu, 15 Agustus 2020 08:00
Rumitnya Membuat Lapis Serawak, Salah Sedikit Bisa Fatal
Lapis Sarawak lahir di negara bagian Sarawak, Malaysia, sekitar tahun 1970-an.

Dream - Kue lapis legit begitu populer di Indonesia. Rasanya manis, gurih dan sangat lezat. Harganya juga mahal, karena bahannya yang berkualitas tinggi dan cara membuatnya yang sulit.

Nah, di negara tetangga Malaysia, ada juga kue lapis yang sangat terkenal yaitu Lapis Sarawak. Kue ini memiliki tampilan sangat cantik karena proses membuatnya juga sangat rumit.

Lapis Sarawak lahir di negara bagian Sarawak, Malaysia, sekitar tahun 1970-an. Pada dasarnya adalah versi yang jauh lebih kompleks dari Kek Lapis Betawi, yang oleh orang Sarawak dibuat dengan sentuhan seni.

Lapisan luar kue berwarna krem ??atau cokelat berfungsi dengan baik atau menyembunyikan kue bagian dalam yang rumit. Setelah diiris, akan tampak keindahan kue ini dan proses membuatnya yang membutuhkan perhitungan matah dan keahlian mumpuni.

 

1 dari 7 halaman

Dibuat Minimal 4 Jam

Membuat Lapis Sarawak, bisa memakan waktu antara empat hingga delapan jam, tergantung pada kerumitan desain dan keahlian pembuatnya. Proses yang melelahkan dimulai dengan memanggang lapisan lembut dan menggembung di dalam loyang.

Kue Lapis Dikomplain Mahal, Penjual Malah Ungkap Cara Membuatnya© MEN

Lapisan adonan berwarna ditambahkan secara bertahap, dengan setiap lapisan menghabiskan waktu sekitar 10 menit di dalam oven. Trik sebenarnya adalah memotong lapisan dan menyusunnya kembali dalam pola yang rumit dengan direkatkan dengan selai atau susu kental sebagai lem.

 

2 dari 7 halaman

Tak Boleh Ada Kesalahan

Kesalahan sedikit saja bisa membuat perpaduan warnanya gagal. Jennifer Chen, sampai membuat diagram khusus untuk membuat kue ini.

“ Kamu perlu memikirkan polanya. Misalnya ingin membuat lapis Cadbury. Perlu tahu cara meletakkan Cadbury coklat di tengah, agar kuenya tidak pecah. Ini sangat menantang. Sekali membuat kesalahan, hasilnya tidak akan bagus," kata Chen.

Karena kerumitannya, waktu yang dibutuhkan untuk membuatnya, dan kenyataan bahwa semuanya harus dilakukan dengan tangan, Lapis Sarawak dianggap sebagai salah satu kue yang mahal di Malaysia. Harganya sekitar RM250 atau Rp900 ribu per kue.

Sumber: Oddity Central

3 dari 7 halaman

Kue Lapis Dikomplain Mahal, Penjual Malah Ungkap Cara Membuatnya

Dream - Sajian kue lapis biasanya selalu ada di acara-acara keluarga dan saat hari spesial seperti pernikahan. Kue ini memiliki citarasa yang sangat kaya. Perpaduan rasa manis, gurih, bertekstur lembut dan creamy.

Tampilannya juga sangat apik, tak heran kalau selalu disajikan di hari istimewa. Salah satu kue lapis yang terkenal adalah kue lapis Sarawak asal Malaysia. Kue ini terdiri dari beragam warna.

Kombinasinya warna juga sangat apik dan rasanya nikmat. Harganya bisa mencapai Rp500 ribu hingga Rp1 juta per loyang, tergantung jenisnya. Seorang penjual kue lapis Sarawak, curhat di Twitter soal pelanggannya yang kerap mengeluh kalau harga kue ini sangat mahal.

Akun @ruffleseed menulis " People always ask why kek lapis Sarawak is so expensive. This is my mom planning her next bake" . Artinya " banyak orang selalu menanyakan kenapa kue lapis Sarawak sangat mahal. Ini penjelasan ibuku soal pembuatannya" .

 

4 dari 7 halaman

Seperti rumus Matematika

Ia kemudian mengunggah langkah-langkah pembuatan kue yang memang sangat rumit. Dipanggang tiap lapis, lalu dipotong, kemudian ditutup adonan lagi dan dipanggang kembali. Begitu banyak tahapan yang harus dilakukan agar tampilan kue jadi terlihat apik.

Rumus kue lapis© Twitter

(Foto: Twitter @ruffleseed)

Jika dilihat, tahapan pembuatan kue ini malah seperti rumus matematika. Tak heran kalau harganya cukup mahal. Bagaimana menurut Sahabat Dream?

5 dari 7 halaman

Ada Kue Berbentuk Pulau Eksotis, Mirip Lukisan!

Dream - Banyak orang yang sangat merindukan liburan di situasi pandemi seperti sekarang. Kue cantik buatan Jessica dari El Salvador, mungkin bisa jadi pengobat kerinduan.

Terutama buat mereka yang suka bersantai di pulau. Jessice, merupakan seorang pembuat kue yang super kreatif. Sejak lama ia ingin memadukan bahan jelly dan kue spons dengan cara yang berbeda.

Kue Paladerte© Instagram Paladerte

Kali ini kreasinya membuat banyak mata sampai melongo. Pasalnya, kue buatan Jeesica dibuat dengan sangat detail menyerupai pulau-pulau eksotis cantik.

Jika dilihat sekilas, kuenya seperti lukisan. Tengok saja karyanya di Instagram Paladerte.

 

 

6 dari 7 halaman

Gunakan Jelly

Jessica memang sangat suka membuat kue. Ia pernah masuk sekolah kuliner, setelah itu banyak mencari referensi secara online untuk mewujudkan mimpinya.

Kue Paladerte© Instagram Paladerte

" Gagasan untuk membuat kue pulau surga yang lezat datang tahun lalu ketika aku melihat kue putri duyung dengan jeli. Saya menyukainya dan menyimpannya di folder 'Proyek masa depan' saya tetapi tidak dapat menemukan waktu untuk benar-benar bereksperimen," kata Jessica, seperti dikutip dari Bored Panda.

 

7 dari 7 halaman

Konsistensi Bahan dan Suhu

Rupanya, selama karantina karena Covid-19, Jessica baru memiliki waktu untuk membuatnya. Mencari bahan dan takaran yang tepat hingga akhirnya berhasil membuat kue pulau yang memukau.

Kue Paladerte© Instagram Paladerte

" Saat memanggang kue ini, kuncinya adalah menemukan konsistensi yang tepat untuk jeli tanpa mengorbankan rasanya. Kue tidak hanya harus terlihat enak tapi juga rasanya harus istimewa," katanya

Bukan hanya membuat kue eksotis dan menjualnya, ia juga mengunggah video tutorial untuk membuat kue cantik ini di YouTube. Jadi jika kamu ingin coba membuat kue pulau yang eksotis bisa langsung membuatnya di rumah.

Beri Komentar