Tergoda Paha Domba Gendut di Nasi Machbous ala Emirat

Reporter :
Senin, 15 April 2019 17:15
Tergoda Paha Domba Gendut di Nasi Machbous ala Emirat
Mirip nasi kebuli dengan rasa lebih ringan.

Dream - Makanan Timur Tengah identik dengan sajian kambing atau domba berbumbu kaya rempah. Masyarakat Indonesia sendiri cukup akrab dengan sajian ini. Berupa kambing berbumbu yang digoreng kemudian disajikan dengan nasi berlimpah rempah seperti nasi kebuli atau nasi mandhi.

Bagi Sahabat Dream yang sedang berkesempatan berkunjung ke Uni Emirat Arab, ada menu yang wajib dicicipi, yaitu Machbous. Berupa nasi khas Emirat yang panjang dengan tekstur lembut diberi bumbu kaya rempah. Biasanya dipasangkan dengan ayam, ikan, udang atau domba.

Beberapa waktu lalu, Dream yang sempat berkunjung ke restoran Al Mashowa bersama Dubai Tourism, Dubai, sangat tergoda dengan menu ini. Menu Lamb Machbous rupanya sangat direkomendasikan. Sebelum sajian utama datang, jangan lupa untuk menikmati makanan pembuka.

 Roti Emirat

Berupa roti khas Emirat, yang tipis dan bertekstur lembut. Biasanya dimakan polos atau dicelup ke dalam sup lentil. Bisa juga diisi dengan yogurt atau saus tomat yang tersaji di meja.

Ada juga Udang Bakar khas Emirat. Berupa udang berukuran besar yang dibakar bersamaan dengan bawang dan tomat.

 Udang

 

Disajikan dengan saus yogurt yang cukup asam dan telah dicampur dengan banyak bumbu. Layak kamu coba!

1 dari 1 halaman

Machbous Kuning Menyala

Machbous pun datang, mata langsung tergoda dengan warna kuning yang menyala dari nasi. Saat disendok, menyeruak aroma rempah yang begitu kaya. Irisan daun hijau membuat tampilan nasi Machbous begitu cantik.

Saat dicicipi, meskipun tampak sangat kaya rempah, tapi rasanya begitu ringan. Bumbunya tidak terlalu berlebihan dan terasa pas. Jangan lupa, suap ke dalam mulut bersamaan dengan irisan domba yang tekturnya super lembut.

 Machbous

Nasi machbous dan domba memang 'pasangan' serasi! Domba yang sudah dibumbui dan digoreng, memiliki tekstur yang sangat lembut.

Tak perlu khawatir kesulitan saat mengigitnya. Cukup gunakan garpu, daging domba pun terlepas dari tulangnya. Bumbunya begitu ringan dan tak menghilangan rasa asli domba.

 Condiment

Sebagai tambahan rasa, ada pilihan condiment yang terdiri dari sambal tomat, yogurt, irisan bawang serta jahe. Meskipun berupa sambal, bagi lidah Indonesia, sambal tersebut tidak terlalu pedas. Jadi jika pelayan memberi peringatan akan pedasnya sambal, tak perlu khawatir.

Porsi Lamb Machbous cukup besar. Biasanya, warga Emirat mengonsumsinya untuk satu orang

Bagi orang Indonesia, mungkin bisa untuk 2 hingga 3 orang. Tergoda untuk mencicipinya, Sahabat Dream?

Beri Komentar
Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting