Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ternyata Ada Varian Madu Ungu, Hanya Bisa Ditemukan di North Carolina

Ternyata Ada Varian Madu Ungu, Hanya Bisa Ditemukan di North Carolina Madu Ungu/ Twitter @jimrosecircus1.

Dream- Madu sejak dulu dikonsumsi oleh banyak orang karena terbukti efektif mengobati sakit tengorokan, asma, diare, penyembuhan luka, serta berbagai penyakit lainnya. Rasanya yang manis juga membuat madu dijadikan campuran makanan dan minuman.

Sahabat Dream mungkin selama ini sudah familiar dengan madu yang warnanya kuning keemasan. Tahukah ada juga varian madu yang berwarna ungu?

Fenomena madu ungu ini viral di Twitter setelah diunggah oleh akun @jimrosecircus1. "Di Perbukitan North Carolina telah ditemukam lebah menghasilkan madu ungu. Ini merupakan satu-satunya tempat penghasil madu ungu di bumi," tulisnya sambil mengunggah wadah berisi madu berwarna ungu.

Madu ungu

 

Sontak unggahan dari salah satu warga di Perbukitan North Carolina ini dibanjiri like dan puluhan ribuan komentar dari warganet. Banyak yang yang penasaran dengan tekstur dan rasa dari madu ungu tersebut.

Tak berapa lama semenjak tweet itu viral, Departemen Sumber Daya Alam dan Budaya AS ikut berkomentar.  Beberapa warganet berkomentar, jika warna ungunya berasal dari lebah yang memakan tanaman nektar atau kayu asam yang kaya aluminium. Sedangkan sebagian lain percaya bahwa itu berasal dari bunga kudzu atau bunga leatherwood selatan.

Laporan Hany Puspita Sari/ Sumber Times of India.

Cara Simpan Madu Biar Tahan Lama dan Tak Rusak

Dream - Madu mengandung zat gizi yang sangat tinggi. Rasanya yang manis, membuat madu sering jadi campuran minuman, masakan atau cake. 

Madu juga selalu jadi andalan untuk menjaga daya tahan tubuh. Tak heran kalau banyak orang selalu menyetok madu di rumah. Demi menjaga madu agar kualitasnya terjaga dan tahan lama, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menyimpannya. 

Cara Simpan Madu Biar Tahan Lama dan Tak Rusak

"Madu satu-satunya makanan yang tidak pernah basi dan selalu aman untuk dimakan," kata Frank Mortimer, ahli lebah dari Cornell University dan penulis Bee People And The Bugs They Love.

Ramuan Madu Nikmat, Diminum Rutin Bisa Bikin Langsing

Madu adalah salah satu makanan alami yang paling stabil karena konsentrasi gula yang tinggi. Makanan Jika disimpan dengan benar, madu dapat bertahan puluhan tahun atau lebih lama. Hanya saja kondisinya akan mengkristal dan tidak akan sebaik ketika pertama kali dibeli.

"Meskipun tidak memiliki tanggal kedaluwarsa, banyak produsen madu mencantumkan tanggal terbaik, sekitar dua tahun setelah kemasan dibuka. Untuk mendorong konsumen menggunakan produk tersebut dalam kondisi terbaiknya," ujar Mortimer.



 

Cara Menyimpan Madu

Selalu simpan madu dalam wadah kaca kedap udara, dan tertutup. Jika tidak, gula higroskopis dalam madu akan menyerap kelembapan dari udara. Kondisi tersebut menyebabkan pertumbuhan ragi yang tidak diinginkan.

Manfaat Minum Madu sebelum Tidur Secara Rutin, Bantu Mengatasi Insomnia sampai Cegah Penuaan Dini

Menyimpan madu di dalam wadah plastik membuat madu mungkin akan kehilangan kelembapan, atau justru menambah level kelembapan. Pada wadah kaca, cenderung memiliki segel yang rapat dan menjaga madu dalam rasio cairan dan gula yang tepat.

Simpan Madu Sesuai Jenisnya

Cara menyimpan madu tergantung pada jenis madu itu sendiri. Berikut cara menyimpan madu sesuai jenisnya agar mendapat manfaat yang maksimal.

Madu Mentah
Madu mentah paling baik disimpan di area gelap yang berkisar antara 65 - 75 derajat celcius. Jika ingin menghindari kristalisasi madu mentah, buat area penyimpanan segelap mungkin. Kamu juga bisa menyimpan di tempat yang sejuk, namun kristalisasi akan terjadi lebih cepat.

Madu

Madu Krim
Madu krim adalah madu yang terbuat dari 100% madu dan dibuat dengan mengendalikan proses kristalisasi. Madu ini memiliki konsistensi seperti krim dan tekstur halus.

Madu jenis ini bisa disimpan di dalam kulkas karena sudah mengkristal, sehingga teksturnya tidak akan berubah.


Madu Pasteurisasi
Madu pasteurisasi atau madu olahan diproduksi dengan melewati suhu tinggi untuk menghancurkan ragi yang tahan gula dan memperpanjang umur simpannya. Madu ini harus disimpan di tempat yang hangat dan gelap atau di tempat yang tidak rentan terhadap kristalisasi.

 

 

Haruskah Mendinginkan Madu?

Hal ini tergantung pada konsistensi madu yang diinginkan. Jika ingin tekstur yang cair dan dapat dituang, maka simpan madu di lemari, di tempat yang gelap dan hangat.

Jika menginginkan tekstur yang berkristal, kamu bisa menyimpannya di kulkas. Hal ini tidak berpengaruh pada kesehatan, namun mungkin dapat terlihat tidak menarik. Jika madu mengkristal, kamu dapat mencairkannya kembali dengan menempatkan toples ke dalam semangkuk air hangat.


Bisakah Membekukan Madu?

Jika ingin memastikan rasa madu pada intensitas puncaknya, kamu bisa menyimpannya dalam freezer.Hal ini akan menghindari madu agar tidak berubah warna dan rasanya.


Menjaga Madu Aman dari Kontaminasi

Madu yang disimpan dengan hati-hati tetap bisa terkontaminasi dan rusak. Pastikan untuk menggunakan peralatan yang bersih dan kering saat mencelupkannya ke dalam wadah madu.

Jika madu memiliki bau fermentasi (seperti alkohol), memiliki busa, atau lendir di atasnya, maka sebaiknya buang madu.

 

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: MarthaStewart

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sering Dianggap Sama, Ternyata Ada Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ada Perbedaan Serangan Panik dan Serangan Cemas

Pasti kebanyakan orang menganggap jika kedua hal tersebut adalah hal yang sama.

Baca Selengkapnya
Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Segudang Manfaat Mandi Sebelum Subuh, Apa Saja?

Mandi sebelum subuh, memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebersihan kita loh, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
7 Bahan Alami yang Membantu Menyegarkan Napas

7 Bahan Alami yang Membantu Menyegarkan Napas

Namun, tahukah Sahabat Dream bahwa bahan-bahan alami di dapur juga dapat membuat napas terasa segar dan bersih?

Baca Selengkapnya
Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Bikin Mi dengan Racikan Berbeda, Manis Gurih dengan Campuran Tomat

Kalau kita olah mie dengan bumbu-bumbu dapur yang lain, rasanya bakal jauh lebih top dan enak, loh. Salah satunya, nih, mie tomat, Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya