Gaungkan Syiar Zakat, FOZ Gelar Indonesia Giving Fest

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 8 Desember 2022 10:48
Gaungkan Syiar Zakat, FOZ Gelar Indonesia Giving Fest
FOZ akan menggelar Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 untuk pertama kalinya pada 23-25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Dream - Indonesia memiliki Forum Zakat (FOZ) yang merupakan asosiasi lembaga pengelola zakat. FOZ berperan sebagai wadah berhimpunnya Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) di seluruh Indonesia. 

Eksistensi lembaga zakat tak hanya sebagai penghimpun dana semata, namun melalui manfaatnya, FOZ mengklaim bahwa gerakan zakat Indonesia memiliki dampak dan kontribusi dalam berbagai upaya penanganan hingga pemulihan di masyarakat.

Oleh karena itu, FOZ akan menggelar Indonesia Giving Fest - Zakat Expo 2022 untuk pertama kalinya pada 23-25 Desember 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

Festival ini melibatkan 199 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) anggota FOZ, dengan 6.692.000 donatur. Acara ini menargetkan sekitar 15.000 pengunjung dalam tiga hari perhelatan.

“ Kami akan menghadirkan seluruh lembaga yang aktif dalam gerakan zakat dengan berbagai program unggulannya, relawan terbaiknya untuk saling berkolaborasi serta menegakkan syiar zakat. Tentunya ini akan meningkatkan ekspos Gerakan Zakat kepada masyarakat yang sudah menunaikan zakat maupun belum menunaikan zakatnya,” kata Direktur Eksekutif Forum Zakat, Agus Budiyanto.

1 dari 3 halaman

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra mengatakan adanya Indonesia Giving Fest akan menjadi suatu bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat terkait pengelolaan zakat.

 “ Selain itu, program-program pemberdayaan tersebut akan membuktikan bahwasannya hal itu bisa dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ucapnya.

Pimpinan BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta Bidang Kesekretariatan SDM dan Umum, Mohd. Nasir Tajang juga mengatakan pihaknya terus berkomitmen mengoptimalkan gerakan zakat di Provinsi DKI Jakarta. 

“ Salah satu program yang sudah kami lakukan seperti relokasi masyarakat korban kebakaran di Pasar Semprong. Masyarakat yang sebelumnya kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut kami buatkan hunian layak menggunakan pengelolaan dana zakat,” kata Mohd. Nasir Tajang.

2 dari 3 halaman

Mohd. Nasir Tajang menambahkan, adapula pemberdayaan untuk masyarakat difabel yang mereka latih untuk mengelola produk kopi yang bisa dinikmati di Jakarta.

Dompet Dhuafa sebagai salah satu anggota FOZ juga tidak ketinggalan untuk memaparkan program pemberdayaan yang sudah dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

GM Komunikasi & Corporate Secretary Dompet Dhuafa, Dian Mulyadi menyebut saat pandemi di tahun 2020, Dompet Dhuafa mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan sebesar 46.000 ekor kurban yang disalurkan ke penerima manfaat dengan tepat sasaran.

“ Inilah yang kita lihat betapa masyarakat Indonesia benar-benar layak menjadi negara paling dermawan di dunia, pada masa sulit pun aktivitas saling berbagi justru mengalami peningkatan,” kata Dian Mulyadi.

 

3 dari 3 halaman

Indonesia Negara Dermawan

Sebagai informasi, Indonesia kembali dinobatkan sebagai negara paling dermawan di dunia pada 2022. 

Berdasarkan daftar World Giving Index (WGI) 2022 yang dikeluarkan oleh badan amal Charities Aid Foundation (CAF), Indonesia menempati peringkat tertinggi dengan total skor 68 persen. Ini merupakan yang kelima kalinya secara beruntun dalam 5 tahun terakhir.

Beri Komentar