5 Negara Terbanyak Beri Utang ke Indonesia yang Mencapai Rp5.584 Triliun

Reporter : Syahid Latif
Selasa, 18 Juni 2019 09:36
5 Negara Terbanyak Beri Utang ke Indonesia yang Mencapai Rp5.584 Triliun
Bukan China atau Amerika Serikat yang paling banyak memberi utang ke Indonesia.

Dream - Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi utang luar negeri Indonesia hingga April 2019 telah mencapai US$389,3 miliar atau lebih dari Rp5.584,5 triliun dengan kurs Rp14.335 per dollar AS.

Dilihat dari asal peminjam, utang ribuan triliun rupiah tersebut banyak berasal dari swasta -termasuk BUMN- yang mencapai US$199,6 miliar. Sementara utang pemerintah mencapai US$189,7 miliar.

Utang luar negeri hingga 4 bulan pertama 2019 itu tumbuh 8,7 persen dibandingkan setahun yang lalu. Sementara dibandingkan bulan sebelumnya, utang Indonesia naik 7,9 persen.

BI dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, penambahan utang luar negeri tersebut terjadi karena transaksi penarikan neto utang luar negeri dan pengaruh penguatan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS sehingga utang dalam Rupiah tercatat lebih tinggi dalam denominasi dolar AS.

" Peningkatan pertumbuhan ULN terutama bersumber dari ULN sektor swasta, di tengah perlambatan pertumbuhan ULN pemerintah," tulis BI dalam keterangan tersebut.

Meski meningkat, BI menjamin kondisi utang luar negeri Indonesia masih tetap sehat. Kondisi itu terindikasi dari rasio utang luar negeri Indonesi aterhadap Produk Domestik Bruto pada akhir April 2019 yang mencapai 36,5 persen. " Relatif stabil dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya,"

Alasan lainnya, utang Indonesia didominasi itang jangka panjang dengan porsi mencapai 86,5 persen.

" Dengan perkembangan tersebut, meskipun ULN Indonesia mengalami peningkatan, namun masih terkendali dengan struktur yang tetap sehat," kata BI.

 

 

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival