8 Profesi Aneh CEO Sukses Dunia

Reporter : Syahid Latif
Minggu, 29 November 2015 13:01
8 Profesi Aneh CEO Sukses Dunia
Tahukan Anda jika salah satu CEO sukses ini pernah jadi instruktur tari?

Dream - Tak semua miliarder sukses memulai karirnya dengan menyenangkan. Kesuksesan yang diraih saat ini berkat perjuangan keras. Bila perlu melakukan pekerjaan aneh.

Beberapa orang kaya saat ini memang lahir dari keluarga sukses. Namun banyak juga yang harus meniti karir sebelum mencapai posisinya saat ini.

Ambil contoh Bill Gates. Ketika menjadi pelajar kelas 8, dia memilih bidang ketertarikan pada studi programing. Dia bahkan menghabiskan waktunya untuk mempelajari komputer.

Kini Bill Gates meraup sukses besar dan menjadi CEO dengan kekayaan terbesar di dunia.

Mengutip laman therichest, Minggu, 29 November 2015, berikut 10 profesi aneh para CEO sukses:

1. Reed Hasting

Profesi Sekarang: CEO Netflix
Pekerjaan teraneh: Salesman dari rumah ke rumah

Bisakah Anda percaya seorang Hasting dulunya adalah seorang salesman? Barang yang dijualnya pun hanya sebuah vacuum cleaner. Dari pintu ke pintu dia menawarkan produknya.

Tak banyak yang menyangka jika tukang jual vacuum cleaner ini bakal menjadi pendiri perusahaan Pure Software. Enam tahun mendirikan bisnisnya ini, Hasting lalu membangun perusahaan sukses Netflix.

2. Richard Branson

Profesi Sekarang: Pendiri dan Chairman Virgin Group
Pekerjaan teraneh: Produsen Perusahaan Rekaman

Branson mengatakan bisnis pertama yang dibuatnya adalah sebuah studio rekaman kala berusia 22 tahun. Dia pernah menangani penyanyi semacam Mike Oldfield dan bersama merekam single pertama Tubular Bells yang menjadi lagu terpopuler Inggris selama lima tahun.

3. Max Cuban

Profesi Sekarang: Chairman dan CEO AXS TV, pemilik klub Dallas Maverick
Pekerjaan teraneh: Instrukstur Tari Disko

Anda mungkin mengenalnya saat ini sebagai pembawa acara terkenal Shark Tank. Cuba sebetulnya mulai menampung pundi uang saat berusia 12 tahun. Dia menjual barang-barang besar untuk membeli sebuah sepatu basket mahal.

Saat masuk SMA, dia bekerja dalam banyak profesi mulai dari promotor pesta sampai insruktur tari dansa, dan bartender.

4. Steve Jobs

Profesi terakhir: CEO Apple
Pekerjaan teraneh: Penjual peralatan telepon ilegal

Siapa yang tak kenal mendiang Steve Jobs? tapi tahukan Anda jika dulu dia hanya seorang penjual peralatan telepon ilegal.

Bersama temannya, Steve Wozniak, mereka mendirikan perusahaan Blue Boxes. Dengan alat ini, pembeli bisa melakukan telepon dengan gratis.

5. Michael Dell

Profesi Sekarang: Pendiri dan CEO Dell Inc
Pekerjaan teraneh: Pencucu piring

Saat berusia 12 tahun, Michael Dell mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai pencuci piring di sebuat restoran. Dia mendapatkan promosi saat pindah ke restoran Meksiko.

6. Marrisa Mayer

Profesi Sekarang: Presiden dan CEO Yahoo
Pekerjaan teraneh: Pelayan Toko

Ketika masih di SMA, Marissa Mayer bekerja sebagai pelayan di sebuah toko. Disinilah dia mengetahui bahwa untuk mendapatkan pekerjaan bagus dia harus belajar dengan cepat.

Saat lulus Universitas Stanford pada 1999, Mayer mendapat 14 tawaran kerja. Sebelum memutuskan bergabung dengan Google dan menjadi insinyur pertama perusahaan itu.

7. Warren Buffett

Profesi Sekarang: Chairman dan CEO Berkhshire Hathaway
Pekerjaan teraneh: Loper koran

Siap tak kenal suhunya investasi di dunia? Ternyata aaat berusia 13 tahun, Warren Buffett mulai mencari uang dengan menjadi penjaja koran menggunakan sepeda. Dia menjajakan koran Omaha World-Herald. Otak bisnis Buffett mulai terlihat saat dia mencurangi tagihan pajak.

8. Jeff Bezos

Profesi Sekarang: Pendiri dan CEO Amazon
Pekerjaan teraneh: Pemimpin outbound

Bersama mantan kekasihnya, Bezos pernah mendirikan sebuah tempat outbound untuk anak kecil bernama Dream Institute.

Namun setelah lulus dari Universitas Princeton, dia mulai mencari sejumlah pekerjaan dan mendrikan perusahaan sendiri Amazon pada 1994. Kini bisnisnya tumbuh menjari raksasa.

Beri Komentar