Bukan Ratu Inggris, Ini 10 Keluarga Raja Paling Tajir Sejagat

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 Juni 2018 15:03
Bukan Ratu Inggris, Ini 10 Keluarga Raja Paling Tajir Sejagat
Bahkan ada yang punya harga lebih dari Rp400 triliun.

Dream – Ratu Elizabeth II dan keluarganya tak jarang mengambil bagian utama dalam pemberitaan. Namun, itu tidak berarti mereka termasuk keluarga kerajaan yang kaya raya.

Harta Ratu Elizabeth II sebesar US$500 juta (Rp6,96 triliun). Jika dibandingkan dengan keluarga kerajaan terkaya di dunia, harta Ratu Elizabeth justru separuhnya.

Ngomong-ngomong, siapa saja keluarga kerajaan terkaya di dunia?

Dilansir dari Best Life Online, Senin 18 Juni 2018, ada sepuluh keluarga kerajaan terkaya di dunia. Nilai harta minimal yang dimiliki sebesar US$ 1 miliar (Rp13,29 triliun).

Misalnya, Pangeran Albert dari Monako yang memiliki harta sebesar US$1 miliar. Ada juga keluarga kerajaan terkaya di dunia yang berasal dari Thailand, yaitu Raja Vajiralongkorn. Kekayaannya mencapai US$30 miliar (Rp417,86 triliun). Wow!

Berikut ini adalah rincian 10 keluarga raja terkaya di dunia versi Best Life Online.

10. Pangeran Albert dari Monako

Kekayaan bersih Pangeran Albert mencapai US$1 miliar (Rp13,29 triliun). Kekayaannya berasal dari beragam portofolio. Dia memiliki seperempat tanah di kerajaannya, koleksi mobil antik, resor di Monte Carlo, dan rumah di Philadelphia.

9. Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani

Kekayaan bersihnya mencapai US$1,2 miliar (Rp16,71 triliun). Lulusan Sandhurst ini mengambil tahta Qatar setelah ayahnya, Hamad bin Khalifa Al Thani, mengundurkan diri pada 2013. Kekayaannya ini berasal dari Qatar Investment Authority yang mengelola cadangan minyak gas dan negara.

8. Keluarga Grand Ducal dari Luksemburg

Keluarga Grand Ducal dari Luksemburg memiliki kekayaan sebesar US$4 miliar (Rp55,7 triliun). Keluarga ini mendapatkan US$324.851 (Rp4,52 triliun) per tahun dari pajak sejak tahun 1984.

7. Mohammed bin Rashid Al Maktoum

Kekayaan Mohammed bin Rashid Al Maktoum mencapai US$4,5 miliar (Rp62,67 triluun). Saat ini, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab itu telah menyumbangkan lebih dari US$1 miliar untuk tujuan kemanusiaan dan pendidikan, baik di Timur Tengah maupun seluruh dunia.

6. Pangeran Hans Adam II Liechtenstein

Pangeran Hans Adam II Liechestein adalah raja tunggal terkaya di Eropa. Berdasarkan kekayaan pribadinya, harta Pangeran Adam sebesar US$5 miliar (Rp69,63 triliun).

Kekayaannya sebagian besar berasal dari bank milik pribadi, LGT Group, serta investasi yang dilakukan melalui Prince of Liechtenstein Foundation. Investasi ini dilakukan di sektor sumber daya alam, real estate, dan kilang anggur.

5. Raja Mohammed VI

Berkat saham keluarganya atas Investment National Company di Maroko, sebuah perusahaan holding swasta yang berinvestasi di negara-negara Afrika, kekayaan Raja Mohammed VI mencapai US$5,7 miliar (Rp79,38 triliun). Uniknya, raja kaya-raya ini mendorong demokrasi di Maroko dengan menggelar pemilu.

4. Emir Khalifa bin Zayed Al Nahyan

Berdasarkan Forbes, kekayaan Emir Khalifa mencapai US$15 miliar (Rp208,89 triliun). Harta ini berasal dari surplus cadangan minyak Uni emirat Arab. Dia merupakan presiden Uni Emirat Arab dan Emir Abu Dhabi. Emir Khalifa dikenal sebagai seorang yang dermawan di bidang fasilitas medis dan yayasan kemanusiaan.

3. Raja Salman bin Abdulaziz

Raja Arab Saudi memiliki harta mencapai US$18 miliar (Rp250,67 triliun). Berdasarkan Time, kekayaannya berasal dari grup media milik keluarga, yaitu Arab Asharq Al Awsat dan Al Eqtisadiah. Raja Salman telah menyumbangkan ratusan juta dolar AS untuk sedekah di seluruh dunia.

2. Sultan Hassanal Bolkiah

Sultan Hassanal ini merupakan raja Brunei Darussalam. Dia memiliki kekayaan mencapai US$20 miliar (Rp278,52 triliun). Kekayaannya berasal dari industri minyak dan gas. Sultan yang memerintah di Brunei setengah abad ini memiliki koleksi 600 Rolls Royce.

1. Raja Maha Vajiralongkorn

Keluarga Raja Maha Vajiralongkorn di Thailand bisa disebut keluarga kerajaan terkaya di dunia. Kekayaan keluarganya mencapai US$30 miliar (Rp417,78 triliun).

Keluarga ini menjadi kaya raya berkat investasi yang dilakukan oleh Biro Properti Mahkota, lembaga yang bertugas untuk mengelola properti kerajaan Thailand. Raja Maha Vajiralongkorn juga memiliki potongan berlian terbesar di dunia, Golden Jubilee Diamond, yang memiliki 545 karat. (ism) 

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik