CIMB Niaga Syariah-Daarut Tauhid Terapkan QR Code untuk Sedekah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 31 Maret 2020 17:36
CIMB Niaga Syariah-Daarut Tauhid Terapkan QR Code untuk Sedekah
CIMB Niaga Syariah ingin mendorong penghimpunan dana zakat dan wakaf melalui nontunai.

Dream – CIMB Niaga Syariah menggandeng Lembaga Amil Zakat Nasional Daarut Tauhid Peduli (DT Peduli) untuk menyediakan layanan pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf. Nantinya, layanan pembayaran dana sosial bisa menggunakan layanan digital QR Code.

Program tersebut akan diimplementasikan di 2.500 masjid mitra pengelola zakat dan Kantor Perwakilan DT Peduli yang tersebar di berbagai kota di Tanah Air.

Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan, melalui kerja sama ini CIMB Niaga Syariah membantu para pengurus masjid dalam mengoptimalkan penghimpunan dana Zakat, Sedekah, dan Wakaf dari jamaah secara non-tunai (cashless).

Hal ini sejalan dengan semakin meningkatnya minat masyarakat untuk bertransaksi finansial melalui aplikasi pembayaran digital.

“ CIMB Niaga Syariah siap memfasilitasi para pengurus Masjid melakukan digitalisasi pengelolaan Zakat, Sedekah, dan Wakaf agar lebih transparan dan mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inisiatif tersebut yaitu memanfaatkan QR CIMB Niaga Syariah sebagai media pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf,” kata Pandji di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 31 Maret 2020.

Implementasi dari kerja sama tersebut kini telah dilakukan dengan menyediakan 132 QR CIMB Niaga Syariah yang tersebar di Masjid, mitra, dan Kantor Perwakilan DT Peduli. Dalam program ini, masing-masing Masjid diberikan 3 QR Code sesuai jenis donasinya yaitu Zakat, Sedekah, dan Wakaf.

QR tidak hanya disediakan di dalam masjid, para pengurus pun dapat menyebarkannya kepada jamaah melalui smartphone, sehingga donasi tetap dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

1 dari 5 halaman

Tunjukkan Tren Positif

Pada tahap pilot project, hasil transaksi donasi Zakat, Sedekah, dan Wakaf melalui QR Code menunjukkan tren positif. Ia berharap, performa yang baik tersebut dapat terus dijaga dan ditingkatkan seiring terus bertambahnya masjid mitra DT Peduli yang akan mengimplementasikan QR Code untuk pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf para jamaah.

Seperti diketahui, membayar Zakat, Sedekah, dan Wakaf menggunakan QR Code mudah dilakukan dan praktis. Nasabah cukup membuka aplikasi Go Mobile CIMB Niaga dan pilih fitur QR Payment. Kemudian pindai/scan QR yang tersedia, masukkan jumlah yang ingin didonasikan dan kirim.

Bagi masyarakat yang belum menjadi nasabah CIMB Niaga Syariah, pembayaran Zakat, Sedekah, dan Wakaf dapat dilakukan dengan scan QR menggunakan dompet digital (e-wallet) atau aplikasi lain yang telah menerapkan Quick Response Indonesian Standard (QRIS).

Pandji menjelaskan, dana yang dikumpulkan dari program ini akan disalurkan untuk meningkatkan kemakmuran Masjid. Selain itu, donasi tersebut juga akan digunakan DT Peduli untuk membantu masyarakat dalam menghadapi merebaknya pandemi Corona (COVID-19).

Dalam kondisi saat ini, Pandji juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kesehatan diri dan keluarga, membatasi pertemuan dengan banyak orang, menerapkan jarak aman (physical distancing), sering mencuci tangan, dan memakai masker jika terserang flu dan batuk.

2 dari 5 halaman

CIMB Niaga Permudah Transaksi Saat `Jaga Jarak`

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk mempermudah nasabahnya untuk bertransaksi selama kebijakan social distancing akibat virus corona berjalan. Perbankan ini memenuhi kebutuhan nasabahnya melalui transaksi finansial secara digital.

Selaim Go Mobile, yang merupakan aplikasi mobile banking, nasabah juga bisa memanfaatkan layanan internet banking CIMB Clicks.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan, mengatakan layanan transaksi keuangan secara digital ini seiring dengan kebijakan “ jaga jarak” yang digaungkan pemerintah. Ya, pembatasan jarak dan kontak fisik ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona.

 

© Dream

 

“ Melalui CIMB Clicks nasabah tetap dapat aktif bertransaksi finansial kapan saja dan di mana saja untuk beragam kebutuhan. Misalnya, transfer ke bank lain baik di dalam maupun luar negeri, transfer massal ke banyak pihak dalam waktu bersamaan, serta transfer secara terjadwal untuk membayar berbagai tagihan agar tepat waktu,” kata Lani di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 27 Maret 2020.

Lani mengatakan pihaknya menawarkan fitur-fitur menarik untuk belanja online, misalnya bayar e-commerce dengan virtual card number (VCN) di merchant yang menerima pembayaran menggunakan akrtu debit CIMB Niaga berlogo Mastercard.

Dengan fitur ini, nasabah bisa membeli beragam kebutuhan dengan promo-promo menarik. Ada juga fitur buka deposito dan reksa dana untuk investasi.

Fitur-fitur populer layanan perbankan digital juga dapat diakses nasabah dari CIMB Clicks.

Di antaranya, cek saldo dan informasi rekening tabungan 6 bulan terakhir, special rate valuta asing, serta fitur pembayaran tagihan kartu kredit, listrik, air, telepon dan lain-lain. Untuk kantor cabang, CIMB Niaga memberikan layanan operasional pada pukul 09.00-14.00.

3 dari 5 halaman

Virus Corona `Mengganas`, UUS CIMB Niaga Tak Revisi Target Nasabah Haji

Dream - Virus corona menjadi momok bagi dunia usaha. Meski demikian, Unit Usaha Syariah PT CIMB Niaga Syariah tidak merevisi target nasabah tabungan haji gara-gara virus ini.

“ Revisi? Belum sampai ke situ,” kata Direktur Syariah UUS CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, di Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.  

Menurut Pandji, tahun lalu jumlah nasabah naik 44 ribu menjadi 144 ribu nasabah. Ditargetkan tahun ini akan tambah 55 ribu. 

“ Tahun ini akan bertambah 55 ribu menjadi 200 ribu,” kata dia. 

 

© Dream



Dikatakan bahwa efek penutupan sementara kunjungan umroh karena virus corona tak berdampak langsung kepada nasabah haji. Dikatakan bahwa keberangkatan nasabah tidak tahun itu juga. 

“ Nasabah yang mendaftar tahun ini kan berangkatnya paling 20 tahun lagi. Paling-paling yang berdampak hanya keberangkatannya saja untuk tahun ini,” kata dia.

Sekadar informasi, saat ini total share nasabah tabungan haji saat ini menempati porsi 6 persen dari total nasabah CIMB Niaga Syariah. Saat ini, nasabah UUS itu secara keseluruhan berjumlah 3 juta.

4 dari 5 halaman

Laba CIMB Niaga Syariah Meroket 63,7 Persen

Dream - CIMB Niaga Syariah membukukan laba sebesar Rp1,1 triliun pada 2019. Angkanya naik tinggi sebanyak 63,7 persen dibandingkan Desember 2018 mencapai Rp701,61 miliar.

Direktur Syariah CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, mengatakan, aset Unit Usaha Syariah CIMB Niaga ini melesat 23,6 persen YoY dari Rp34,38 triliun pada Desember 2018 menjadi Rp42,5 triliun di Desember 2019. Kenaikan aset ditopang oleh pertumbuhan pembiayaan dan dana pihak ketiga (DPK).

" Upaya kami untuk memperkuat bisnis syariah membuahkan hasil positif," kata Pandji dalam " Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah" di Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.

Sektor pembiayaan juga mengalami kenaikan 24,9 persen dari Rp26,5 triliun pada Desember 2018 menjadi Rp33,1 triliun pada Desember 2019. Kenaikan ini ditopang sektor business banking dengan porsi terbesar mencapai Rp19,4 triliun.

Segmen terdiri atas corporate banking, financial institution, commercial banking, dan UKM. Pembiayaan dari sektor konsumer mencapai Rp13,7 triliun.

 

© Dream

" Penyaluran KPR iB kami mencapai Rp12,4 triliun, tumbuh 42,8 persen YoY," kata dia.

Angka NPF gross dijaga di level 0,98 persen. " Yang nett turun dari 0,4 persen menjadi 0,3 persen," kata dia.

CIMB Niaga Syariah juga membukukan DPK senilai Rp32,6 triliun. Angkanya naik 37,5 persen dari Desember 2018 yang sebesar Rp23,7 triliun.

" Kami memaksimalkan layanan digital untuk meningkatkan customer experience dan menambah jumlah nasabah," kata Pandji.

5 dari 5 halaman

Muhammadiyah Gandeng CIMB Niaga Syariah

Dream - Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menjadi salah satu bank syariah yang digandeng oleh PP Muhammadiyah dalam pemanfaatan produk dan jasa perbankan syariah.

“ Kami siap mendukung Muhammadiyah untuk terus memberikan manfaat kepada umat melalui amal usahanya, baik dalam bidang finansial, edukasi, kesehatan, maupun sosial,” kata Direktur Syariah Banking, Pandji P. Djajanegara, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu 18 Desember 2019.

Pandji mengatakan, kerja sama ini sejalan dengan strategi CIMB Niaga Syariah untuk memaksimalkan potensi bisnis industri halal melalui segmen komunitas, termasuk dari organisasi Muslim. Dia menilai Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi Muslim terbesar di Indonesia yang memiliki amal usaha dalam berbagai bidang merupakan mitra yang tepat untuk mengembangkan industri halal di Indonesia.

“ Untuk Muhammadiyah, sinergi ini akan mempermudah pengelolaan layanan finansial untuk pengurus, amal usaha Muhammadiyah, serta anggotanya melalui jaringan kantor cabang dan perbankan digital CIMB Niaga Syariah,” kata dia.

Unit syariah ini menawarkan produk dan layanan yang lengkap meliputi cash management untuk pengurus Muhammadiyah di semua tingkat, program CIMB @School/Campus untuk Amal Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, dan program CIMB@Hospital untuk Rumah Sakit Muhammadiyah.  

“ Kami juga dapat berkontribusi secara sosial dengan menyalurkan Dana Kebajikan dari nasabah CIMB Niaga Syariah melalui Amal Usaha Muhammadiyah di bidang filantropi untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Sementara bagi anggota Muhammadiyah, CIMB Niaga Syariah menyediakan berbagai jenis produk tabungan dan pembiayaan. Produk tersebut diantaranya tabungan haji dan umrah (iB Pahala), Kartu Pembiayaan Syariah Gold dan Platinum, Pembiayaan Kepemilikan Rumah (KPR iB), Pembiayaan Kepemilikan Mobil (KPM iB), dan personal financing Syariah (Xtra Dana iB) untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

“ Semoga kerja sama ini dapat meningkatkan peran CIMB Niaga Syariah dan PP Muhammadiyah dalam melayani masyarakat dan membawa keberkahan untuk mewujudkan peradaban yang berkemajuan,” kata dia.

Beri Komentar