Bukan Lagi Manusia, Nasabah Bank Ini Dilayani Robot

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 4 September 2017 08:47
Bukan Lagi Manusia, Nasabah Bank Ini Dilayani Robot
Tak semuanya. Robot ini hanya bertugas sebagai petugas costumer service.

Dream – Perkembangan teknologi yang semakin canggih mulai dilirik industri perbankan. Beberapa bank kini mulai mengurangi pelayanan menggunakan tenaga manusia dan menggantinya dengan robot. 

Dilansir Arabian Business, Minggu, 3 Agustus 2017, sebuah bank di Timur Tengah, Emirates NBD, akan 'mempekerjakan' sebuah robot manusia. Robot ini akan membantu konsumen yang memerlukan layanan perbankan dan bertindak layaknya petugas customer service.

Robot bernama Pepper ini sengaja dibeli Emirates NBD tahun lalu. Robot yang populer di kalangan nasabah, kini, dilatih untuk berbahasa Arab sehingga nantinya Pepper bisa berbicara dalam bahasa Inggris dan Arab.

Memiliki badan berwarna putih, robot ini juga akan berinteraksi dengan konsumen di kantor bank yang terletak di Jumeirah Emirates Towers dan cabang bank di Dubai Mall. Tak disebutkan berapa dana yang digelontorkan untuk membeli robot lucu ini.

Salah satu tugas Pepper adalah memberikan informasi produk dan jasa perbankan yang ditawarkan oleh Emirates NBD.

“ Pepper sangat populer dengan nasabah dan diterima dengan baik di cabang-cabang bank dan event kami,” kata Senior Executive Vice President and Group Head Retail Banking and Wealth Management Emirates NBD, Suvo Sarkar.

Suvo mengatakan pihaknya sengaja 'mengajarkan' Pepper bahasa Arab supaya nasabah bisa berkomunikasi dengan bahasa yang telah dipilih. “ Pepper membawa aspek modern dan kontemporer di dunia perbankan,” kata dia.

Suvo mengatakan Emirates NBD menggelontorkan dana sebesar 1 miliar dirham (Rp3,63 triliun) selama tiga tahun ke depan untuk membuat transformasi digital perbankan.(Sah)

Beri Komentar