Begini Perkiraan Cara Bertransaksi di Bank Masa Depan: Mobile Banking Makin Lengkap, Kartu Debit Berubah jadi Digital

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 28 November 2022 18:48
Begini Perkiraan Cara Bertransaksi di Bank Masa Depan: Mobile Banking Makin Lengkap, Kartu Debit Berubah jadi Digital
CIMB Niaga terus memperbarui layanan Octo Mobile yang lebih ramah pengguna sekaligus menjamin keamanan transaksi nasabah.

Dream - Teknologi mendorong menjamurnya sejumlah aplikasi finansial yang bisa diakses secara bebas oleh masyarakat. Perkembangan ini mendorong industri keuangan semakin banyak yang mengalihkan satu persatu layanannya ke platform digital agar bisa diakses lebih mudah dan cepat oleh nasabah.

Tidak hanya kontak customer service, bank juga semakin banyak menyediakan layanan transfer dan top up dompet digital. Hanya dengan sentuhan jari di layar Ponsel, Sahabat Dream kini bisa membuka rekening atau bertransaksi tanpa harus memiliki kartu fisik.

Selain kemudahan, Head of Digital Banking, Branchless & Partnership PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lusiana Saleh menjelaskan alasan makin populernya penggunaan teknologi digital di industri keuangan adalah kelangkaan chip di dunia.

Sharing Session 'Digital Super App Kekinian dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat' Bersama Octo Mobile© Cynthia Amanda Male

Foto: Cynthia Amanda Male

" Sekarang chip di Indonesia dan dunia langka," ungkap Lusiana dalam Sharing Session 'Digital Super App Kekinian dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat' Bersama Octo Mobile di Element by Westin, Bali, Senin, 28 November 2022. 

Menurut Lusiana, kelangkaan kartu chip menyebabkan harga pembuatan kartu fisik nasabah menjadi semakin mahal.

" Sebagai bank, hampir semua bank menghindari perilisan kartu baru," ungkapnya.

1 dari 6 halaman

Kartu Fisik jadi E-debit

Memakai QRIS© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Lebih jauh, Lusiana memperkirakan kartu fisik yang selama ini dikeluarkan industri perbankan kemungkinan akan diganti dengan e-debit di masa depan.

" Mungkin nanti akan jadi e-debit ke depannya. Semua transaksi bisa di Octo Mobile, pakai QRIS dan nggak perlu kartu debit. Tinggal scan."

Terobosan ini juga sejalan dengan program Bank Indonesia yang mendorong digitalisasi layanan dan aktivitas perbankan.

2 dari 6 halaman

Utamakan Kenyamanan Pengguna

Pengembangan digitalisasi industri perbankan tersebut harus didukung keamanan yang ketat serta UI/UX aplikasi yang nyaman untuk pengguna. Kedua faktor yang selama ini menjadi prioritas utama pengembangan platform Octo Mobile by CIMB Niaga.

" Tahun depan kami akan fokus digitalisasi. Octo Mobile akan ada proses perbaikan untuk aplikasi super financial, mengubah UI/UX, menambahkan fitur baru untuk nasabah retail, serta fokus utamanya upgrade security supaya tidak banyak penipuan ke nasabah," ujar Lusi.

Hingga saat ini, CIMB Niaga terus mendengarkan masukan konsumen seputar pengalamannya menggunakan Octo Mobile. Perusahaan juga mengandalkan berbagai cara guna memastikan transaksi melalui Ponsel tidak membuka celah aksi penipuan maupun tindak kejahatan lainnya.

Salah satu upaya yang sudah diterapkan CIMB Niaga, lanjut Lusiana, adalah ketentuan konfirmasi jumlah pengambilan dana tarik tunai tanpa kartu dengan mengetik ulang nominal di ATM. Cara ini diyakini bisa menutup celah aksi kejahatan akibat pemakaian fitur perbankan berbasis digital.

Jadi, Sahabat Dream tertarik menggunakan layanan perbankan tanpa kartu fisik?

3 dari 6 halaman

Hore! Belanja di Thailand Bisa Pakai QRIS, Cek Daftar 8 Bank Penyedia Layanannya

Dream - Sahabat Dream yang hendak berkunjung ke Thailand kini dapat menjalani transaksi dengan lebih mudah. Tak perlu lagi bingung mencari tempat penukaran uang (money changer), kamu bisa bertransaksi menggunakan layanan Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS yang sudah bisa digunakan di Negeri Gajah Putih itu.

Kemudahan layanan ini bisa dinikmati setelah Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BoT) resmi menjalin kerja sama pembayaran berbasis QR Code lintas negara (cross-border QR payment linkage) terhitung sejak Senin, 29 Agustus 2022.

Layanan QRIS lintas negara ini sebelumnya menjalani fase uji coba pada 17 Agustus 2021 yang telah berjalan dengan baik. Selanjutnya dilakukan fase implementasi yang melibatkan 76 penyedia jasa sistem pembayaran dari kedua negara.

Dengan inisiatif ini, masyarakat di wilayah Indonesia dan Thailand dapat menggunakan aplikasi pembayaran yang terdapat pada gawai dengan memindai Thai QR Codes dan QRIS dalam melakukan transaksi pembayaran di merchant.

Lebih lanjut, BI dan BoT juga menyepakati inisiasi kerja sama transfer antarnegara (cross border transfer) melalui fast payment. Kedua bank sentral akan melakukan pembahasan lebih lanjut terkait inisiatif tersebut.

4 dari 6 halaman

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo menyampaikan, inisiatif ini bertujuan untuk mendorong digitalisasi pembayaran dan pembayaran lintas negara.

" Bagi Indonesia, inisiatif ini juga merupakan milestone Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025 yang akan diintegrasikan dengan kerangka kerja sama dalam mendorong penggunaan mata uang lokal," tutur Perry dalam keterangan tertulisnya, Senin, 29 Agustus 2022.

Perry meyakini inisiatif ini dapat memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna transaksi pembayaran lintas negara serta memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi transaksi, mempromosikan ekonomi digital dan inklusi keuangan, serta memperkuat stabilitas makroekonomi melalui penggunaan mata uang lokal yang lebih luas.

Sementara itu Gubernur Bank Sentral Thailand, Sethaput Suthiwartnarueput memastikan QR cross border akan memungkinkan konsumen dan pedagang di kedua negara bertransaksi secara lebih instan, aman, dan efisien.

" Ke depan, kerja sama pembayaran lintas negara akan diintegrasikan dengan fast payment systems yang terdapat pada kedua negara, Indonesia's BI-FAST dan Thailand's PromptPay, yang telah memiliki lebih dari 70 juta pengguna," ujar Sethaput.

5 dari 6 halaman

Konektivitas pembayaran antara Indonesia dan Thailand ini akan menyediakan real-time cross border fund transfer untuk pekerja migran, ekspatriat, dan usaha mikro, kecil, dan menegah (UMKM) dalam melakukan transfer lintas negara secara efisien.

" Melalui inisiatif tersebut, konektivitas pembayaran di ASEAN akan semakin inklusif kedepannya," tambahnya.

Inisiatif linkage ini juga sejalan dengan komitmen G20 dalam roadmap pembayaran lintas negara untuk menciptakan sistem pembayaran antar negara yang lebih cepat, murah, transparan, dan inklusif.

Langkah pembayaran menggunakan QRIS di Thailand:
1. Buka aplikasi pembayaran
2. Scan QR Thailand
3. Masukkan nominal dalam Thai baht
4. Konfirmasi tujuan dan nominal dalam rupiah
5. Masukkan PIN
6. Transaksi berhasil

6 dari 6 halaman

Daftar penyedia pembayaran QRIS di Thailand:

1. PT Bank Central Asia Tbk
2. PT Bank Syariah Indonesia Tbk
3. PT Espay Debit Indonesia Koe (Dana)
4. PT Bank CIMB Niaga Tbk
5. PT Bank Sinarmas Tbk
6. PT Bank Mega Tbk
7. PT Bank Permata Tbk
8. PT Bank Pembangunan Daerah Bali.

 

      View this post on Instagram      

A post shared by Bank Indonesia (@bank_indonesia)

 

Beri Komentar