CONNECT WITH US!

RI Urutan Teratas Pemilik Potensi Investasi Terkaya

Reporter : Syahid Latif | Selasa, 10 Maret 2015 12:45
Ilustrasi
Berada di peringkat kedua, Indonesia lagai-lagi harus mengakui Malaysia yang berada di posisi teratas. Apa kelebihan Malaysia?

Dream - Indonesia menduduk peringkat kedua di jajaran negara muslim paling potensial untuk investasi. Namun Indonesia kembali harus mengakui keunggulan Malaysia yang bertengger di posisi puncak.

Mengutip laporan 2015 Islamic Growth Markets Investment Index, Indonesia sebetulnya menunjukan pertumbuhan fundamental ekonomi terkuat diantara tiga pemuncak daftar tersebut. Indonesia dinilai unggul dalam hal jumlah populasi dan pertumbuhan PDB.

Namun, Malaysia justru menunjukan pertumbuhan signifikan dalam hal momentum pertumbuhan dan investasi.

Pemeringkatan yang dibuat Thompson Reuters dan Dinard Standard ini menilai aspek ekonomi berdasarkan sembilan pengukuran yang terbagi dalam kategori pertumbuhan fundamental, momentum pertumbuhan, momentum investasi, dan risiko.

Menguntit di belakang Indonesia adalah tiga negara Timur Tengah yang berada di jajaran lima teratas. Ketiga negara Arab itu adalah Uni Emirate Arab, Qatar, dan Arab Saudi.

Sementara Kazakhstan, Mesi, Turki, Maroko, dan Mozambiq berada di posisi 10 besar.

Laporan itu mengungkapkan, potensi investasi di 57 negara anggota Organisasi Kerjasama Negara Islam (OKI) berada di atas rata-rata dunia.

Total PDB dari 57 negara ini ditaksir mencapai US% 6,7 triliun pada 2013 dan akan meningkatn rata-rata 5,4 persen selama 2015-2019. Angka ini lebih baik dari rata-rata pertumbuhan dunia sebesar 3,6 persen dan anggota BRIC 3,9 persen.

" Laporan ini menemukan adanya gap antara peluang investasi yang tersebar di pasar ini dan rantai nilai global negara OKI," ungkap Dinardstandard. (Ism) 

Resep Fettucine Carbonara Untuk Bekal Anak